Langsung ke konten utama

Sensasi Kerupuk Sebagai Pelengkap Makanan

Assallamuallaikum world... Assallamuallaikum guys... Jumpa lagi guys...  Apa kabar kalian semua?    Semoga keadaan kalian semua baik-baik saja dan sehat tidak kurang suatu apapun. Various of  Indonesian Traditional crackers  Guys..., seperti kita ketahui  kerupuk merupakan jenis makanan ringan pelengkap  yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.   Umumnya penikmat kuliner mengkonsumsi kerupuk bersama makanan utama atau hanya sekedar dijadikan camilan.atau snack.  Meskipun bentuknya yang sederhana ringan tetapi makanan ini memilliki rasa sensasi yang gurih dan juga sedap.  White Kerupuk Indonesian traditional crackers Indonesian traditional crackers Kerupuk Uyel Popular  as kerupuk warung. Indonesian traditional crackers. Kerupuk Palembang is made from starch and  fish mackarel.  Red crackers, or kerupuk merah made from tapioca flour. Usually served accompanied  for lontong sayur Padang  (Minangnese Vegetable Curry) Siapa sich yang tidak doyan dengan kerupuk?  Bahkan b

Si Gurih Gnetum Gnemon

Hai guys..,  good people  semuanya.
Saya berharap semoga kita semua dalam keadaan sehat-sehat saja ya? 

Saya mau nanya dulu, siapa kira-kira di antara kalian yang suka ngemil kudapan olahan Gnetum gnemon? What ? Apa itu?  Kalau teman-teman suka  makan sayur asem, salah satu jenis sayuran nya namanya gnetum gnemon.  Tapi yang mana ya itu?
Yang digunakan biasanya  daun nya berikutnya buahnya juga. Buah nya yang masih muda kulitnya berwana hijau,  hijau kekuningan, sedangkan buah yang sudah tua berwarna kuning kemerahan. 

www.enjoycherry.blogspotcom
Gnetum Gnemon
Melinjo


Kalau begitu itu jenis sayur apa? 
Baiklah kalau teman-teman memang doyan sayur asem teman-teman pasti kenal dengan sayuran yang bernama latin Gnetum Gnemon  yang tak lain dan tak bukan adalah  Melinjo.

Melinjo Yang Sudah Tua


Nah pasti sudah pada tahu kan guys yang namanya daun melinjo dan buah melinjo😀

Yang saya bahas kali ini adalah olahan melinjo yang sering kita temui dalam kuliner - kuliner lain contohnya sebagai pelengkap makanan seperti  soto, nasi uduk, bubur ayam, gado-gado dan sebagainya.
Sudah pasti kita bakal menemukan yang namanya yaitu emping melinjo sebagai pelengkapnya. Iya kan guys? Suka nggak sama emping melinjo?  hehehe...

Selain sebagai pelengkap makanan dan memberi sumbangan gizi, emping melinjo juga menimbulkan nilai lebih dari suatu makanan  dengan cita rasa gurihnya.
Maka perpaduan rasa gurih dan kriyuk-kriyuk yang ditimbulkan oleh emping melinjo tersebut bisa "menggoda iman" indera penngecap dan indera pendengaran kita.  Ooh ya..? Masa sich..? Kenapa ya kok bisa begitu guys..? 
Karena apapun yang kita makan bila dibarengi dengan emping melinjo maka akan terasa lebih nikmat dan mood makan  kita menjadi lebih enak.

www.enjoycherry.blogspot.com
Emping Olahan Melinjo

www.enjoycherry.blogspot.com
Emping Melinjo Mentah


Kalau begitu, setuju nggak teman-teman kalau secara  psikologis  keberadaan emping dalam suatu sajian kuliner mutlak diperlukan.   Lho.., kenapa bisa demikian? Alasannya sederhana yaitu kemunculan serta kehadiran  si emping  melinjo ternyata bisa menaikkan dan mendongkrak  selera  nafsu makan kita. Benar nggak guys?
Bisa dibilang  kita makan apapun maka sensasi rasanya  akan terasa lebih bila ditambah dengan emping melinjo.
Aih.. bisa aja ya..?  bisa dong? Hehehe.. 😀

Melinjo yang bernama latin Gnetum Gnemon  ini  sudah sangat familiar dan dikenal. luas oleh masyarakat Indonesia. Dan istilah melinjo di setiap daerah pun berbeda-beda seperti : belinjo,  maninjo,  tangkil,
Kelebihan dan keistimewaan tanaman melinjo ini adalah dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun.  Sehingga mudah  kita dapat kapan saja.

Tanaman melinjo mempunyai  multi fungsi yang serba guna. Mengapa demikian? Karena hampi seluruh dari bagian tanaman melinjo ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Di antara nya :

  • Kulit batang melinjo mengandung serat yang dapat digunakan untuk bahan pembuat tali dan jala.
  • Daun melinjo ( di Jawa sering disebut dau so atau eso) sering digunakan sebagai bahan untuk sayur yaitu sayur  asem,  sayu lodeh,  sayur bening dan sebagainya. Daun melinjo biasanya dicampur dengan sayuran lain, seperti kacang panjang, nangka, labu siam.
  • Bunga melinjo  dapat dipakai sebagai sayuran.  
  • Demikian pula dengan buah melinjo muda yang biasa disebut kroto- Kulit biji melinjo  yang berwarna hijau, kekuningan dab kemerahan digunakan sebagai bahan sayuran.


Dari semua bagian tanaman melinjo ini,  pada bagian biji lah yang sangat berarti dan  berperan besar mempunyai nilai gizi dan nilai ekonomis tinggi.
Biji melinjo mengandung sumber protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan C yang cukup baik.

Biji melinjo memiliki rasa gurih dapat dimakan sebagai sayuran dengan cara direbus.
Sebagai kudapan biji melinjo diolah menjadi emping dan kerupuk.
Yang paling umum kita ketahui adalah pengolahan biji melinjo tua menjadi emping.

Adapun daerah produsen penghasil emping yang potensial yaitu :  Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta.
Di luar pulau Jawa industri pengolahan melinjo menjadi emping adalah : Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Jambi, Sulawesi Selatan.

Tidak hanya populer di Indonesia.  Ternyata emping melinjo juga tersohor dan digemari oleh masyarakat luar.
Emping melinjo  made in Indonesia di ekspor ke Singapura, Hongkong, Belanda dan lain-lain.

Adapun gambaran umum emping melinjo yang berkualitas baik  :
-  Bentuk emping pipih  tipis
-  Warna emping putih kekuningan
- Bila digoreng teksturnya renyah dan rasanya gurih.

Selain emping bisa dimakan sebagai pelengkap nasi uduk,  soto,  gado-gado, atau sebagai kudapan biasa. Konon kabarnya emping sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang mengidap sakit kencing manis.

Jenis-jenis emping melinjo
Emping melinjo dapat dikategorikan dan dibedakan berdasarkan :
- Rasa (asin, manis, pedas)
- Ukuran diameter (lebar)
- Bentuk (bulat, persegi)

Berdasarkan ukuran diameternya emping melinjo dibedakan menjadi tiga yaitu:
-Emping kecil dibuat dari satu biji melinjo.
-Emping sedang dibuat dari 3-5 biji melinjo.
-Emping besar dibuat dari 25-30 biji melinjo yang  dihancurkan digabungkan menjadi satu saat proses pemipihan daging buah melinjo.



Semakin besar ukuran diameter emping maka semakin mahal puls harganya.  Yang paling sering kita jumpai di pasaran yaitu emping  dengan ukuran kecil.
Emping ukuran kecil ini harganya relatif  lebih murah harganya dan mudah  untuk pengemasan nya. Umumnya emping goreng disimpan di dalam stoples.

Di Indonesia ada 3 jenis mutuemping melinjo yaitu :

- Mutu 1  (mutu super) :
  • Ciri lempeng tipis merata, putih/ bening/transparan
  • Berasal dari satu biji melinjo dengan ukuran dan kualitas yang sama. 
  • Diameternya sama.

- Mutu 2 
  • Ciri lempeng lebih tebal agak putih kekuningan , kurang bening.
  • Berasal dari satu  biji melinjo dengan ukuran dan ukuran yang sama.
  • Diameternya sama.

- Mutu 3
  • Ciri lempeng agak tebal, kekuningan dan tidak bening.
  • Berasal  dari biji melinjo  dengan ukuran dan kualitas yang berbeda-beda.
  • Diameternya berbeda ukuran.

Selain cara  penggolongan di atas, emping melinjo dapat dikasifikasikan  menjadi :
  • Emping melinjo klutuk. Ciri-ciri : tebal terbuat dari satu biji melinjo, proses pemukulan tidak keras hingga tidak pipih, teksturnya tetap keras meskipun sudah digoreng, umumnya kurang diminati.
  • Emping melinjo tanggung. Ciri-ciri : tebal, tiap lempeng berasal lebih dari satu biji. Jarang terdapat di pasaran.
  • Emping melinjo besar. Ciri-ciri :  pipih dibuat dari 25-30 biji melinjo. Mudah diperoleh di pasaran.ngup

Pembuatan Emping Melinjo
Di masyarakat kita, proses pembuatan emping melinjo pada umumnya masih dilakukan secara trafisional dan sebagai usaha sampingan. Pembuatan emping  meliputi empat langkah utama yaitu :
  1. Pemanasan biji.
  2. Pengupasan cangkang
  3. Penipisan daging buah 
  4. Penjemuran

Pemanasan biji dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :
-  Di sangrai dengan pasir
-  Direbus. 
Bila dengan cara perebusan maka aroma dan zat gizi akan larut dalam air rebusan, sehingga rasa emping tidak begitu gurih.
Jika proses pemanasan biji dengan cara penyangraian maka aroma dan zat gizi tidak akan hilang sehingga emping yang dihasilkan menjadi lebih gurih.

Pembuatan emping secara tradisional  peralatan penting yang diperlukan adalah : 
Tungku, wajan (dari tanah atau almunium), batu landasan, palu besi atau pemukul lainnya, sendok alat penjemur dan pasir.

Di beberapa daerah pembuatan emping dilakukan secara modern. yaitu menggunakan mesin pada saat  penyangraian, pengupasan cangkang dan pembentukan lempengan emping. 
Untuk sekitar  1 kg biji melinjo tua dapat dihasilkan sekitar  0,5  sampai 0,6  kg emping mentah kering.

Biji yang digunakan untuk pembuatan emping harus yang sudah masak (tua). Tanda nya kulit biji melinjo berwarna merah. Apabila ditekan rasanya lembek. Sebaiknya biji melinjo yang digunakan mempunyai tingkat kemasakan yang sama.

Setelah biji melinjo dikupas kulitnya kemudian disangrai. Dalam proses penyangraian, menggunakan wajan yang berisi pasir halus. Pasir ini diaduk-aduk sampai panas. Setelah panas biji melinjo sekitar 25-30 biji dimasukan ke dalamnya sambil terus diaduk agar panas yang diterima biji merata. Apabila biji telah cukup matang ditandai dengan meletusnya biji, maka penyangraian bisa dihentikan.

Proses penyangraian yang berlebihan menyebabkan emping yang dihasilkan berwarna kekuningan dan rasanya kurang enak.
Sebaliknya penyangraian yang terlalu  singkat cepat menyebabkan emping yang berwarna putih, keruh dan pahit.

Setelah diangkat dari wajan dalam keadaan yang masih panas, biji melinjo segera dikupas.
Usahakan agar melinjo tidak remuk. Pengupasan dilakukan dengan cara memukul biji dengan palu besi atau kayu.
Daging biji tanpa cangkang (masih dalam keadaan panas)  dipukul dengan palu sampai pipih tipis.

Penipisan Melinjo
Sumber : freepik.com


Arah pukulan nya harus diatur sedemikian rupa  sehingga daging biji melinjo mendapat tekanan yang sama besar dan merata. Pukulan yang salah menyebabkab emping yang dihasilkan tidak sama tipisnya.

Makin tipis emping makin baik mutunya.
Setelah dijemur hingga benar-benar kering emping dapat digoreng.
Emping goreng juga dapat diberi tambahan bumbu misalnya bawang putih  dan garam sehingga enak dan gurih.

Emping yang baik mutunya jika digoreng dapat mekar sebesar dua kali emping mentahnya. Penggorengan sebaiknya tidak sampai gosong agar tidak pahit. Emping yang telah digoreng selanjutnya dapat dikemas dengan plastik,  kaleng atau toples.

Kandungan Gizi.

Seperti kita ketahui  emping melinjo sangat populer di seluruh masyarakat Indonesia.  Disebabkan antara lain karena rasanya enak dan sangat gurih,  mulai dari harga yang  terjangkau hingga harga yang agak mahal.

Emping melinjo merupakan sumber protein dan mineral (kalsium dan fosfor) yang baik.  Akan tetapi sayangnya sangat miskin akan viramin yang rusak akibat proses penyangraian, penjemuran dan penggorengan.

Protein emping melinjo terdiri dari  sejumlah asam amino esensial dan non esensial yang sangat diperlukan untuk kesehatan.

Ada 3 jenis emping melinjo yang umum dan sering kita jumpai di pasaran  yaitu :
- Emping tipis goreng asin
- Emping tebal goreng asin
- Emping tebal goreng manis

Dari ketiga jenis emping tersebut, emping tipis goreng  memiliki  kandungan energi paling besar karena kadar lemaknya paling tinggi yaitu 24,5  gram per 100 gram emping.

Semakin tipis emping semakin banyak minyak yang diserap  pada saat proses penggorengan.
Oleh karena itu bagi orang yang sedang berdiet rendah kalori  sebaiknya  mengendalikan diri dan membatasi konsumsi emping goreng.

www.enjoycherry.blogspot.com
Emping Melinjo Manis Pedas

Rasa emping melinjo yang gurih,  sering membuat kita sulit berhenti memakannya. Rasa gurih yang dimiliki emping


www. enjoycherry.blogspot.com
Emping asin,

Mengkonsumsi emping  melinjo manis perlu diperhatikan bagi penderita diabetes melitius.
Sebaliknya  dalam mengkonsumsi emping asin perlu diperhatikan juga oleh penderita hipertensi karena kadar garam yang tinggi .

www.enjoycherry.blogspot.com
Emping melinjo goreng 

Meskipun begitu tidak ada salahnya sesekali kita bisa juga mencoba ketiga jenis emping tersebut. Bisa dibuat sebagai pelengkap lauk bisa juga sebagai camilan enak kapanpun dimana pun.
Yes.. nggak bisa dipungkiri,  siapa yang bisa menolak kehadiran emping melinjo? Si gurih  yang mampu  membuat lidah kita bergoyang terus karena sensasi rasanya.

Source : Sedap,  edisi Juli 2004

Salam  sehat.., salam satu jiwa..
Cheers...😀

#StaySafe
#StayHealth
#StayAtHome
#SocialDistancing
#PhysicalDistancing
#KeepPraying
































Komentar

  1. Jujur, aku baru ngeh loh kalo nama latin dari si sedap emping itu adalah .. Gnetum Gnemon.
    Namanya sangat unik 🤩 !.

    Tadinya kukirain itu nama jagoan superhero hi hi hi 😁

    Ingat emping, aku langsung kebayang gimana sedapnya taburan remahan emping di atas soto betawi.
    Enaknyaaaa 😋 ...
    Paduan gurih dan sedikit rasa 'pahit' emping bikin tambah nampol endeuus kuah soto betawi ...

    Dulu aku bocah juga suka ngemil kerupuk emping di warung makan masakan Jawa milik simbah buyutku.
    Unik loh, tampilan emping goreng besarnya dilipat dua ..., tapi lipatannya tak sama besar. Kayak separuh gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...iya nama latin nya unik dan bagus Gnetum Gnemon👍🤩
      Dari dulu aku suka tertarik dengan nana latin nya tumbuh-tumbuhan. Tapi untuk ngapalin nama-nama latin tsb kan nggak mudah. Jadi sebagian saja yang masih aku ingat.😂

      Samaa.., !! Aku juga doyan sama soto Betawi.. kalau ke Jakarta dulu tante ku suka ngajak makan soto Betawi.. taburan empingnya banyak.. mantap banget.
      Kuah soto nya ada santan nya ada paru nya.. ditambah gurihnya emping... jadi uenak bangeettt.👌 bikin nambah👍
      Rasa emping yang gurih plus sedikir pahit .. itu yang bikin sensasi rasanya jadi bikin ketagihan makan emping melinjo..😀

      Ouw..asyik ya dulu mbah buyut brad Him punya warung makan masaka Jawa. Masakan orang jaman dulu itu memang beda rata-rata enak-enak semua👍kayak masakan eyangku.😋
      Sekarang jarang bisa nemuin masakan yang cita rasanya seperti masakan tempo dulu khas eyang-eyang kita.

      Ouw dulu brad Him waktu bocah suka ngemil emping melinjo yang dilipat dua. Empingnya ukuran gede ya?. Itu empingnya dikasih eyang buyutnya atau nyomot sendiri ya di warung? Wkwkwkwk😂
      #becanda

      Hapus
    2. Wwwkkk 😂
      Tau aja siiih .. diam-diam aku suka nyomot sendiri tanpa ketahuan 🤣🤣
      Tapiii .. karena aku disayang sama simbah buyut putri, yaa .. ngga dimarahin setelah sering kepergok ngunyah emping diam-diam di kebon samping rumahnya !.

      Oh, ngga nyangka yaa .. kita sama-sama penyuka soto betawi bertabur remahan emping 😁.
      Cuma, mungkin bedanya ...aku ngga suka jerohan daging sapi.
      Jadinya, pilihnya soto betawi suwiran daging ayam 🙂

      Iya, sekarang sulit nemuin warung masakan khas Jawa tempoe doloe yang masih otentik rasanya.
      Simbah buyut sista juga dulunya buka warung makan Jawa, ya ?.

      Iya, unik banget nama latin si melinjo ini.
      Kirain itu nama salah satu superheroes made in Hollywood 😀

      Hapus
    3. Wkwkwkwk...😀 Ooh.. Ketahuan ya jadi waktu bocah dulu emang suka nyomot emping sendiri diam-diam terus lari ngumpet ke kebun samping sambil ngemil emping..😂🤣
      Untung aja jadi cucu kesayangan mbah buyut jadi nggak kena omelan.😂🤣🤣

      Hehehe... iya toss dulu 👐 kita sama doyan soto Betawi dengan dengantopping emping yang banyak.👌
      Ooh jadi brad Him kalau makan soto Betawi jerohan nya disingkirin ya ?
      Aku juga nggak doyan jerohan, yang aku makan paru nya doang sama kuah soto. Ooh jadi bisa minta ke penjualn diganti dengan suwiran ayam di atasnya ya? Ntar jadi soto ayam Betawi dong ya? Hehehe😀
      Tapi emang lekker ya soto Betawi itu.👌👍
      Jadi kebayang 2 pingin makan lagi😋😋

      Kalau eyang putri ku dulu pintar masak tapi nggak buka warung .Tapi sering nerima pesanan banyak. Jadi berdasarkan pesanan saja.
      Yang aku rasain itu masakan tempo dulu yang diracik eyang-eyang kok lebih mantap cita rasanya daripada masakan yang sering kita temuin sekarang.
      Jadi kangen masakan tempo dulu khas masakan eyang.😋
      Entahlah bahkan masakan yang dibuat ibu ku masih kalah dibanding masakan eyang putri yang selain mahir akan masakan Jawa juga bisa buat masakan Belanda.

      Oouw... awalnya brad Him ngira nama latin Gnetum Gnemon itu adalah nama superhero made in Hollywood? Wkwkwkwk😀 ntar yang ada para bocah-bocah penggemar jadi susah ngapalin nama superheronya..😂😂
      Tapi ada lho anak kecil yang diberi nama latin oleh ortu nya. 😀









      Hapus
    4. Tapi memang pada dasarnya simbah putriku itu type penyayang anak, sista.
      Beliau suka banget ngasi ini itu ke cucunya, juga ke anak2 bukan keluarga kita.
      Duh, kok tetiba jadi keingetan ...., pasti kalo aku dan adikku nomor 2 datang berlibur ke rumahnya yang berada di desa, kami belum turun dari mobil saja simbah putri sudah teriak2 seneng banget menyambut kami.

      Mungkin, tangan orang dulu dikaruniai 'tangan dingin' ahli ngolah masakan jadi super enak, ya ...
      Buktinya, masakan2 Jawa sekarang ini meski sama2 penggunaan vahan bumbunya, tetap saja citarasanya berbeda dengan masakan orang dulu.

      Betul juga yaak ...kalo pakai nama latin, anak kecil pasti belibet lidahnya nyebut nama superhero 😁

      Hapus
    5. Ooh jadi mbah putri nya brad Him memang pada dasarnya orangnya suka sama anak keci. Suka ngasik apa aja ke anak kecil. Apalagi sama cucu-cucunyanya. Mbah putri sudah pasti super duper sayang girang banget kalau brad Him dan adik lagi pada datang. Asyiik punya nenek yang sifatnya penyayang sama anak-anak.👍
      Kalau eyang putri ku sifatnya juga suka ngasih ini itu ke anak-anak kecil.., cuma sifatnya agak keras dan tegas. Jadi aku dulu agak takut sama eyang putri ku. Lebih penyabar ibu ku. Tapi aku tetap sayang sama eyang putriku karena beliau pintar masakan nya enak.

      Iya mungkin begitu ya orang-orang jaman dulu dikaruniai tangan dingin oleh Tuhan. Jadi orang dulu seperti nenek-nenek kita jago dalan ngolah masajan Jawa hasilnya jadi super enak.👌👍
      Benar masakan Jawa sekarang bahan -bahannya sama bumbu nya sama tapi hasil nya rasa masakannya beda ngga sama dengan yang dulu.
      Jadi kangen masakan Jawa citarasa tempo dulu😋

      Kalau ngomongin masakan tempo dulu jadi keinget sama nenek-nenek kita saat dulu ya?
      Semoga nenek-nenek kita tenang di sisi Tuhan. Amin.

      Btw bagus juga sich kalau selain super hero misalnya tokoh film kartun buat anak-anak tokoh nya dinamain dengan nama latin agar anak-anak jaman sekarang terbiasa dan sambil belajar juga biar nggak kesulitan melafalkan nama latin. Hehehe😀





      Hapus
    6. Amiin, kita mendoakan agar para keluarga yang telah berpulang mendahului kita-kita, diberi kebahagiaan besar di Atas sana.

      Iya nih kangen rasanya icip-icip masakan traditional Jawa otentik seperti masakan jaman dulu yang peggunaan bakar bakarnya masih pakai tungku dan kayu bakar.
      Rasanya jos gandoz kotos-kotos 😋😄
      Tapi, dimanakah itu lokasinya ya ?.
      Saat ini udah sulit banget nemuin warung makan seperti itu.

      Oh, simbah putri karakternya tegas begitu mungkin memang sudah pembawaannya.
      Yang pasti beliau sayang sama keluarganya, kebukti kan seringkali bikin masakan2 enak buat bahagiain keluarganya sista 🙂

      Hapus
    7. Amin Ya Rabbal'alamin.😇

      Iya bener ... sekarang sudah nggak nemuin lagi penjual.masakan jawa dengan cara tradisional tungku kayu bakar dan arang
      Yang rasanya... endos ..gandos... 👌👍😋😋
      Kotos kotos? Tumpah dong ?Wkwkwkwk...🤣🤣
      Bisaaa aja...😂

      Iya benar eyang putriku memang pembawaannya tegas keras namun tetap menyayangi anak cucunya. Beliau royal kalau soal makanan.
      Karakternya tegas karena dulu kehidupan masa kecilnya yang dilalui cukup keras.

      Hapus
    8. Hahaaha ..
      jOoZ gandOz kotoz kotoz ngga bikin mbledos tapi bikin endol surendol ta kendol kendol 😆
      #ngomong gini sambil lidahnya bergetar ...

      Nah, betul kan .. kalo simbah putrinya sista itu tegas karakternya memang udah pembawaannya ngadepin masa lalunya.

      Eh, iya .. sekarang kok belum ada olahan emping varian rasa ya ?.
      Mungkin dibikin emping blending sama coklat atau apalah gitu 🤔

      Hapus
    9. Wkwkwkwk..ngomong endol surendol sambil lidahnya bergetar? Ouw Ouw. sexy dong👅lidahnya? Wkwkwkwk😂 Itu kan kalimatnya si Inces Nabati .?? Suka nonton acara doyan makan ya? 😅

      Iya betul karakter eyang putri keras tegas karena latarbelakangnya juga keras.

      Hehehe iya belum nemu olahan emping yang di mix dengan coklat dsb.
      Tapi kalau emping mix coklat ntar empingnya bisa melempem nggak krispi renyah lagi.
      Kalau emping mix keju nah baru sip ..endeus endol surendol..👌👍😂

      Hapus
    10. Ho'oh sesekali aku nonton tayangan itu.
      Tapi kadang ngga juga sih.
      Kata2nya kadang lucu juga lebay bikin heboh 😄

      Sepertinya bisa loh emping di mix dengan cokelat.
      Mungkin paduannya adalah kedua bahannya dilumat jadi satu, kemudian di cetak trus dimasak dengan alat masak high temperature.
      Mungkin looh ... 😁

      Hapus
    11. Hehehe... kadang-kadang ya nonton tayangan doyan makan..memang si Inces Nabati itu kata-katanya agak lebay tapi lucu juga.. kayak mengiming-imingi orang makan.😂

      Iya mungkin bisa juga kalau bahannya melinjo dihaluskan bareng coklat bubuk jadi satu terus dibentuk dan dijemur. Jadilah emping coklat..
      Tapi asa melinjo harus tetap lebih dominan ya daripada coklatnya..
      Wah.Inovasi baru.. good idea👌👍

      Hapus
    12. Semoga saja setelah bahasan komentar kita ini ada inovasi dari produsen makanan untuk breksperimen memproduksi emping varian rasa.

      Atau juga, hmm ...
      Barangkali sista Fidy yang akan jadi pelopornya 🙂?

      Hapus
    13. Hehehe... iya who knows ya malah aku pelopornya yang bikin melinjo campur bubuk coklat jadi varian rasa baru emping coklat. 😅

      Makasih ide briluannya brad Him 👌🙏🙂

      Hapus
    14. Sami-sami.
      Semoga betulan terlaksana, Amin

      Hapus
    15. Amin..😇
      Semoga terlaksana..

      Selain emping melinjo, rengginang j yang renyah itu uga bisa dimofikasi dengan berbagai macam varian rasa ya? 👌
      Rengginang lebih terjangkau harganya dibandingkan emping melinjo hehehe

      Hapus
    16. Oiya, kalo rengginang memang udah cukup lama dimodif rasa oleh beberapa produsen makanan.
      Tapi kalo aku pribadi soal rasa, aku lebih suka rasa ori rengginangya.
      Rasa gurih asin sedikit manis.

      Hapus
    17. Oh kalau rengginang udah lama ya dimodifikasi varian rasanya. Ada yang topping coklat, green tea.
      Oh brad Him doyan nya rengginang yang original ya?
      Emang gurih .👌

      Ada juga yang rengginang rasa lorjuk. Enak nggak kalah dengan yang original.
      Tapi yang lorjuk ini cenderung asin.
      Lorjuk itu sejenis ikan ya atau hewan laut?
      Aku pribadi belum pernah lihat wujud nya lorjuk.😀

      Hapus
  2. emping melinjo adalah kita.

    eh, adalagi tuh, keripik yang emang bentuknya masi bener-bener dalam bentuk melinjo. Itu juga ena.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk.. 😂emping melinjo adalah kita? Maksudnya bagaimana ya?

      Keripik bentuknya masih dalam bentuk melinjo? Maksudnya biji melinjo yang diolah jadi emping kan? Iya emping melinjo emang enak.

      Makasih mas febridwicahyo atas apresiasi dan kunjungannya ke blog saya. 🙏🙂

      Hapus
  3. Nama latinnya bagus banget Gnetum Gnemon, kalau di sini disebutnya ninjo. Dulu waktu ke Yogyakarta pas makan di Parangtritis sempat bingung juga lihat emping segede nampan bingung itu ninjonya segede apa, apa segede bola kasti bisa bikin emping segede itu..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas Hermansyah atas apresiasinya.🙏🙂

      Iya sependapat nama latin melinjo bagus Gnetum Gnemon.

      Ooh di daerah tempat tinggal mas Hermansyah nyebutnya Ninjo ? di daerah mana ya itu mas?

      Wkwkwkwkwj... 😀ada ya buah/ biji melinjo segede bola kasti? 🤣 Kalau ada melinjo raksasa seperti itu enak juga pasti ntar hasil empingnya bisa jadi segede kelapa.. eh kepala orang.. 😂

      Emping melinjo yang dilihat di parangtritis Yogya itu empingnya gede-gede mungkin terbuat dari 50-60 biji melinjo atau lebih yang dipukul dipipihkan sampai tipis dijadikan satu sehingga hasilnya menjadi emping ukurannya fantastik segede-gede nampan.👌😀

      Hapus
    2. Di daerah Kemanggisan, Jakarta.

      Tadinya saya juga berpikir masa iya ada buah ninjo segede bola kasti setelah dikasih tau ternyata bisa segede itu dibuatnya dari beberapa puluh buah ninjo dan akhirnya bingungnya pun hilang.. hihihi

      Emping dimakan tanpa campuran pun enak apalagi kalau dimakan sama nasi uduk plus sambal kentang ati mantap banget, Monas kalau gak kealingan pasti keliatan..hihihi ditambah sama soto Betawi jadi lupa kalau punya utang..hihihi

      Hapus
    3. Ooh jadi sebutan Ninjo itu di daerah Kemanggisan Jakarta ya? Mirip ya sama nama tokoh yang pintar bertarung lengkap dengan tutup wajah dan ikat kepalanya😂

      Hehehe.. iya emping segede gede gaban itu memang terbuat dari puluhan buah melinjo.😀

      Yup setuju emping dimakan tanpa lauk pun enak.
      Apalagi dimakan bareng nasi uduk sambal goreng hati ..wouw mantul banget👍
      Monas jadi hilang, ( digondol siapa ya?) hutangpun lupa.😂

      Hapus
  4. Saya kira buah apa itu gnetum gnemon kayak nama tokoh kartun apa gitu.. Wk wk gak taunya melinjo, kalo didaerah sy disebut tangkil... Memang enak tu emping mlinjo, tapi kalo kebanyakan juga bisa kena asam urat kalo dia punya asam urat, yg penting makannya ga berlebihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..nama gnetum gnemon kayak nama tokoh kartun apa mbak? Unik ya namanya👌🤩
      Coba ya si biji Melinjo jadi tokoh kartun 😀

      Ooh di daerah mbak namanya tangkil? Itu daerah mana ya mbak.. jadi penasaran hehehe.

      Iya benar.. enak banget ngemil emping melinjo memang bisa bikin ketagihan..😂 tapi tetap harus dibatasi bagi yang punya asam urat.

      Hapus
  5. Pertama kali liat foto di paling atas, bener lho saya ga bsa nebak sama sekali, permen atau mainan karet... ya ampun, ternyata melinjo. Kalau buah yang satu ini dan empingnya ya kenal banget daaann suka makannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...sekilas mirip permen karet ya kak ?😂
      Ternyata eh ternyata buah melinjo 😀

      Ouw kita sama kak Lantana suka doyan sama yang namanya emping.
      Kalau sudah makan emping melinjo rasanya nggak mau berhenti..😂


      Hapus
  6. Asli mbaaaak bisa pas banget aku baca ini sambil nyemilin emping. Hahaha. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? yang bener? 😃Wah kok bisa pas ya sambil baca postingan ku sambil ngemil emping juga. Hehehe..😂 mantul 👌

      Makasih ya mas Kresnoadi atas apresiasinya 🙏🙂

      Hapus
  7. Kirain aku Gnetum Gnemon itu nama kartun dari Spongebob, ternyata nama dari melinjo ya.

    Disini emping adalah makanan favorit para sopir, kalo makan nasi ngga ada emping sama sayur asem rasanya kurang gitu.

    Eh, tapi bagi yang punya darah tinggi hati hati ya, kebanyakan makan emping ataupun sayur asem bisa bikin darah tinggi naik. Jadi kalo pengin, sekedarnya saja ya.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk . Oh agak mirip ya sama nama tokoh kartun di Sponge bob? Tahu nya nama latin dari melinjo😃
      Mungkin suatu hari film kartun ada tokoh Gnetum Gnemon yaitu tokoh melinjo.😃

      Oh begitu ya banyak pengunjung warteg nya mas Agus yang request harus selalu ada sayur asem plus emping melinjo. Wah emang mantul cocok banget perpaduannya.👌👍

      Iya bener sekali bagi yang punya sakit hipertensi atau darah tinggi, harus membatasi kobsumsi empibg melinjo asin. Secukupnya saja.🙂

      Hapus
    2. Iya betul mbak, selain darah tinggi, yang kena asam urat juga ngga boleh konsumsi melinjo, bisa tambah parah asam uratnya.😂

      Hapus
    3. Iya benar mas Agus ..
      untuk yang punya tensi tinggi dan asam urat nggak boleh.. bisa kambuh.
      Harus puasa emping melinjo😀

      Hapus
  8. Kalau emping mlinjo pedas dan asin saya suka banget tapi kalau kulitnya saya tak suka hehee..
    Tapi bener loh awalnya baca judulnya bingung, apa itu genol-genol eh gnetum gnemon (angel men mocone) kirain buah apa ternyata.. mlinjo alias tukang sayur depan rumah eh.. heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh kalau mas Roni suksa emping pedas dan asin. Kalau saya suka rmping manis dan asin.

      Wkwkwkwk.... apa itu genol-genol? 😂
      Masa susah bacanya?
      Soalnya genetum gnemon bahasa latin.. hehehe.😀

      Biar dikata cuma melinjo pak sayur.., tapi jangan diremehin karena hasil olahan berupa emping melinjo ini sudah banyak diekspor ke mancanegara hehehe

      Hapus
  9. emping pedes ini selalu jadi favorit deh! enak mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih apresiasinya 🙏
      Ooh mas arenapublik favoritnya emping pedas ya?
      Iya enak tapi saya nggak betah pedas..😀

      Hapus
  10. Maaf mbak Fidy baru sempat kunbal ke blog ini.

    Sebelumnya saya ucapkan: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Mohon Maaf Lahir dan Batin.

    Kirain makanan apa mbak, nama latinnya baru pernah denger, eh ternyata melinjo.

    Sayur asem saya suka sekali mbak, apalagi kalau dikasih melinjo dan daunnya. Mantap sekali, cocok disantap ketika cuaca panas, segeeer.

    Kalau emping melinjo rasanya emang enak gurih. Kalau yg pedes lupa sih udh pernah makan atau blum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak mas Aris atas ucapan selamat berpuasa nya.🙏🙂

      Iya sama aku juga suka dengan sayur asam yang isinya buah melinjo dan daunnya. Disantap saat musim panas .. segeerr.. nikmat sekali.👌

      Emping melinjo memang enak karena gurihnya.
      Kalau emping pedas juga aku juga belum pernah.
      Selain itu aku nggak bisa makan pedas.
      Enak emping asin ya bikin nagih makannya.


      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Phoenix Dactylifera (Kurma) Yang Kaya Manfaat

Assallamuallaikum guys..., good people..., Semoga sehat - sehat ya semuanya. Tak terasa puasa sudah sampai pada penghujung bulan Ramadhan.  Semoga puasa kita semua selama bulan Ramadhan diterima Allah SWT.  Semoga  kita masih diijinkan bertemu bulan Ramadhan kembali tahun depan.  Amin. Fresh Young  Dates Palm Kurma Muda Kali ini saya akan membahas tentang  Phoenix  Dactylifera.  Apa  itu Phoenix Dactylifera ?   Itu adalah nama latin dari Dates Palm atau yang dikenal dengan kurma. Young Dates Palm Kurma Muda Buah kurma memiliki tidak kurang dari 200 macam jenis kurma. Dari berbagai macam jenis kurma, ada salah satu jenis kurma yang paling populer yaitu kurma  Ajwa atau yang dikenal dengan nama kurma Nabi. Karena kurma Ajwa adalah kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma Ajwa source :shutterstock.com Bentuk dan kualitas kurma Ajwa lebih unggul dari  kurma-kurma lainnya. Tentu saja harga kurma Ajwa pun lebih mahal ditinjau dari kualitas dan khasia

Unik Ada 3 Rasa Dalam Pometia Pinnata

Assallamuallaikum  world... Assallamuallaikum  guys good people.. Sehat-sehat saja semuanya? Setelah lebaran begini adalah saat yang paling tepat untuk  mendetoks tubuh kita dari sisa-sisa makanan dengan mengkonsumsi  buah-buahan dan sayuran. Saya paling doyan yang namanya buah-buahan. Banyak sekali buah-buahan yang terdapat di bumi  Indonesia. Selain buah-buahan yang umum dan sering kita konsumsi, masih banyak sekali buah langka yang terdapat di daerah-daerah di aeluruh kepulauan nusantara yang mungkin belum pernah kita temui dan mengkonsumsinya. Pometia Pinnata Suatu hari  tante saya datang ke rumah saya sambil membawa sesuatu sebagai buah tangan Longan Papua Fruit Sambil menjinjing ke atas beliau bertanya, "Hayoo..., apa ini yang tante bawa?",  tanya tante kepada saya. Klengkeng Papua Saya mengernyitkan kedua kening sambil mengamati dengan teliti sesuatu tersebut. Oleh-oleh itu adalah  segerombolan beberapa rangkaian  buah  berwarna hijau bercak hi

Dahsyatnya Air Kelapa, Manfaatnya Semanis Rasanya

Assallamuallaikum  world.. Assallamuallaikum guys... Hallo guys.., apa kabar?   Semoga kalian semua  sehat terus ya?  Di masa pandemi ini selalu sempatkan berolah raga gunanya untuk menjaga metabolisme tubuh, agar  tetap terjaga sehingga tidak mudah sakit. Fresh Green Coconut Saat tubuh  kalian merasa lelah setelah beraktivitas seharian, minum saja air kelapa muda, dijamin tubuh akan segar kembali, khasiatnya pun semanis rasanya. Siapa yang tak suka minum air kelapa muda?  Selain  sebagai pelepas dahaga karena sensasinya yang segar, air kelapa muda juga memiliki cita rasa manis dan gurih. Maka tak heran  bila air kelapa muda memiliki banyak penggemar.  Fresh Coconut Water Seperti kata orang Hawaii :  Air  kelapa adalah "embun dari surga" Air kelapa muda banyak dipilih masyarakat, karena konon dapat meningkatkan stamina tubuh.   Green Coconut Tree Coconut On Tree Cocos Nucifera  adalah  nama ilmiah nya  atau yang lebih kita kenal dengan nama kelapa ini merupakan tanaman