Langsung ke konten utama

Sensasi Kerupuk Sebagai Pelengkap Makanan

Assallamuallaikum world... Assallamuallaikum guys... Jumpa lagi guys...  Apa kabar kalian semua?    Semoga keadaan kalian semua baik-baik saja dan sehat tidak kurang suatu apapun. Various of  Indonesian Traditional crackers  Guys..., seperti kita ketahui  kerupuk merupakan jenis makanan ringan pelengkap  yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.   Umumnya penikmat kuliner mengkonsumsi kerupuk bersama makanan utama atau hanya sekedar dijadikan camilan.atau snack.  Meskipun bentuknya yang sederhana ringan tetapi makanan ini memilliki rasa sensasi yang gurih dan juga sedap.  White Kerupuk Indonesian traditional crackers Indonesian traditional crackers Kerupuk Uyel Popular  as kerupuk warung. Indonesian traditional crackers. Kerupuk Palembang is made from starch and  fish mackarel.  Red crackers, or kerupuk merah made from tapioca flour. Usually served accompanied  for lontong sayur Padang  (Minangnese Vegetable Curry) Siapa sich yang tidak doyan dengan kerupuk?  Bahkan b

Makna dan Filosofi Unik di balik Makanan Tradisional Indonesia

Assallamuallaikum world..
Assallamuallaikum guys...

Manusia pasti memerlukan makanan untuk  dikonsumsi agar bisa bertahan hidup.
Tapi  tahukah kalian? Ternyata terdapat sejumlah  makna  lain  dan filosofi yang unik yang dimiliki oleh  makanan itu sendiri.
Makna sebuah makanan bisa berdasarkan daerah, tempat tinggal, adat istiadat dan budaya masing-masing  daerah maupun moment-moment seperti saat upacara tradisional dalam suatu  negara.
Masing-masing  negara di belahan  dunia  mana pun pasti  memiliki ciri khas makanan yang juga menyimpan arti dan makna tersendiri yang berbeda satu dengan yang lain.
Beragam jenis makanan tradisional yang ada tidak terlepas dari adat istiadat masyarakat di setiap daerah.
Mulai dari bahan yang digunakan hingga cara penyajian makanan ditata sedemikian rupa dengan memasukkan unsur-unsur  perlambang yang sarat dengan makna.

Indonesia Traditional Foods

Berbicara mengenai kuliner khas Indonesia, makanan-makanan tradisional tidak hanya merupakan hidangan dan santapan yang lezat. Ternyata di balik itu ada beberapa makanan tradisional khas Indonesia yang memiliki filosofi menarik dan unik.  

Dalam.masyarakat Jawa khususnya yang ada di lingkungan istana keraton makanan tersebut terbagi atas:
- Makanan untuk upacara adat
- Makanan untuk sesaji.
Di mana makanan yang disajikan relatif bukan makanan yang mewah tetapi kental dengan tradisi dan nuansa daerah. 
Bahan makanan yang diolah itu umumnya tidak hanya sekedar disajikan, namun sarat dengan nasihat, dan petuah muatan  falsafah hidup.
Dari kebiasaan-kebiasaan yang ada dalam lingkungan istana keraton  itu,  kemudian merambat keluar dinding tembok kerato, di awali oleh golongan kalangan ningrat, pejabat dan sampai ke kalangan rakyat biasa.  Contoh nya pada saat upacara pernikahan, tujuh bulan an, akekah, potong rambut bayi,  dan upacara adat lainnya.
Mungkin  pada awalnya dahulu  para pemimpin seperti para raja  sangat fokus memikirkan kesejahteraan rakyatnya. Jadi apa yang disantap  oleh rakyatnya. itu juga yang disajikan di dalam  istana.
Sebagai contoh di dalam istana keraton terdapat beberapa makanan yang tampak sederhana tapi unik. Seperti dadar tawon, botok tawon. Pengolahan yang digunakam sangat sederhana dan praktis. Tapi di balik itu semua, terkandung nil!i-nilai yang sarat dengan makma.
Makanan yang terbuat dari larva tawon dipercaya  dapat membuat  tubuh kuat dan segar, kuat  dan awet muda. Selain itu tawon juga melambangkan masyarakat yang teratur, guyub dam kompak bersatu..
Diharapkan  orang yang  sering mengkonsumsi makanan dari larva tawon dapat memetik falsafah hidup  tawon yang teratur guyub dan rukun, Mampu saling   mengayomi  agar terbina hidup ayem tentrem gemah ripah loh jinawi.

Tumpeng is an Indonesian yellow rice cone shape,  with side dishes of vegetables and meat originating from Javanese cuisine of Indonesia

Kuliner  tradisional khas Indonesia yang memiliki warna dan bentuk yang menarik  di mana akan selalu mengingatkan kita pada nilai-nilai kehidupan  saat kita menikmatinya.

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner tradisional nasi kuning. 

Yellow Rice Cone is popular,
made from coconut milk and turmeric

Nasi kuning merupakan makanan tradisional  yang populer  di kalangan masyarakat Indonesia. 
Warna kuning pada nasi berasal dari pewarna alami sehingga dijamin aman dikonsumsi.  Pewarna alami yang digunakan supaya nasi berwarna kuning adalah  rimpang kunyit.
Nasi kuning adalah beras yang diolah dan dimasak dengan menggunakan santan dan bumbu kunyit ini  memang  memiliki citarasa  yang khas gurih, enak yang sangat mengguggah selera dan bisa membuat orang ketagihan bila memakannya.
Nasi kuning  ini bisa kita temui dan selalu hadir  dalam berbagai perayaan moment - moment penting dan khusus juga upacara adat daerah -daerah tertentu.  karena nasi kuning ini merupakan hidangan yang mengungkapkan rasa syukur.

Sejarah Nasi Kuning
Nasi kuning merupakan makanan tradisional  yang sudah berumur ratusan tahun. Nasi kuning sudah ada sejak jaman kerajaan Hindu muncul di tanah Jawa. 
Meskipun nasi kuning nerasal dari masyarakat neragama Hindu, dan saat kerajaan Islam muncul di tanah Jawa, masyarakat Jawa tetap membuat tumpeng  nasi kuning untuk mengungkapkan rasa syukur dan memohon keselamatan kepada Tuhan. 

Nasi Tumpeng, the tall rice cone at the centre of the  dish, usually made of yellow rice.
Traditional cuisine from Javanese Indonesia

Nasi kuning tetap hadir dalam masyarakat Jawa meskipun bukan kerajaan Hindu lagi yang berkuasa.  Karena  memang sudah menjadi tradisi dan  sangat sulit untuk menghilangkan tradisi yang sudah melekat lama dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Nasi kuning bisa ditemukan di pulau Jawa, Bali, Manado, Banjar dan daerah-daerah  nusantara lainnya.

Arti dan Makna Nasi Kuning.
Meskipun nasi kuning sudah umum, tapi ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui tentang sejarah makanan tradisional ini.
Ternyata nasi kuning memiliki simbol dan makna tersendiri.

Yellow rice tumpeng with cone shape, made from rice and turmeric, accompanied with various side dish such as chicken, egg, tempeh, tofu and vegetables.

Warna kuning mentereng pada nasi tumpeng ini menurut masyarakat Jawa  dalam tradisi Indonesia  melambangkan "emas" yang bermakna "kekayaan".
Nasi kuning  biasanya dibentuk segitiga kerucut  tinggi menyerupai gunung  dan disebut tumpeng, yang melambangkan gunung emas, kemakmuran hidup dan moral yang luhur.
Dengan menghadirkan dan menyajikan nasi kuning  dalam suatu moment perayaan penting,  maka filosofinya diharapkan dapat membawa banyak berkah , kekayaan, kemakmuran hidup serta harta yang melimpah.

Nasi Tumpeng, yellow rice  is cone shape
with various  side dishes

Nama nasi tumpeng memiliki kepanjangan dari :
Yen metu kudu mempeng 
artinya:
Kalau keluar harus bersemangat.

Lauk pauk yang ada pada tumpeng berjumlah tujuh. Dalam bahasa Jawa tujuh  berarti pitu, makna dari kata pitu adalah pitulungan atau pertolongan.

Oleh karena itu nasi kuning dalam bentuk kerucut yang dinamakan tumpeng  ini seringkali menjadi sajian  inti atau utama yang istimewa dan sakral yang disajikan sebagai hidangan pada acara tasyakuran atau momen penting dan bahagia lainnya seperti momen kelahiran, ulang tahun, tunangan, pernikahan dan pada  hari-hari istimewa lainnya.

Nasi kuning sendiri sebenarnya berasal dari Jawa, meskipun sudah banyak  kita temui sajian kuning di berbagai daerah nusantara, namun pengaruhnya dari Jawa.
Hingga kini  mayoritas orang Indonesia dari kalangan atas sampai bawah  sudah umum sekali  dengan  hidangan nasi kuning untuk disajikan dalam berbagai perayaan. 

Bila tadi makna dalam tradisi Jawa, sedangkan  dalam tradisi Bali  makna nya berbeda lagi, yaitu
Di dalam tradisi Bali terdapat 4 warna keramat yaitu putih, hitam, merah dan kuning.  
Oleh karena itu nasi kuning kerap  menjadi sajian utama ketika diadakan Upacara Kuningan  (upacara keagamaan Hindu  di Bali). 

Ada beberapa versi mengenai makna dan filosofi nasi kuning.
Berikut adalah makna dan filosofi nasi kuning dari berbagai simber :
1. Warna kuning melambangkan kemakmuran.
Kuning diibaratkan sebagai warna emas. Warna emas sendiri melambangkan kekayaan dan kemakmuran, kesejahteraan dan kekayaan yang bisa didapatkan.

2. Kerucut tumpeng melambangkan gunung.
Tumpeng nasi kuning yang berbentuk kerucut tinggi  ini melambangkan gunung di mana pulau Jawa terdapat banyak sekali gunung berapi.
Mengingat masyarakat Jawa  dulu juga memuliakan gunung maka  dengan membuat tumpeng diharapkan  bisa membawa lebih banyak kemuliaan.

3.  Bentuk asli dari nasi tumpeng adalah kerucut  tinggi yang menyerupai gunung. 
Masyarakat Jawa  dahulu melambangkan gunung sebagai tempat yang dekat dengan langit dan surga. Maksudnya adalah menempatkan Tuhan pada posisi tertinggi  yang menguasai alam dan manusia. 
Semua yang berasal dari Tuhan akan kembali pula ke Tuhan.

Tumpeng, yellow rice cone shape with various side dishes  such as fried chicken, shredded rice, eggs and various vegetables. The yellow rice  cone is placed in centre, usually made to celebrate something.

4.. Bentuk tumpeng juga melambangkan komunikasi.
Tumpeng nasi kuning juga kerap disajikan di acara tasyakuran pernikahan. Pada momenr ini bentuk kerucut tumpeng  melambangjan komunikasi . Tidak hanya komunikasi antar pasangan tetapi juga komunikasi kepada Tuhan. ke depan nya  diharapkan komunikasi bisa selalu berjalan dengan baik dan lancar serta semua keinginan dapat terkabul.

5.. Lauk pauk pelengkap nasi kuning juga mengandung  simbol penting.
Nasi kuning juga  biasanya disajikan  dengan berbagai lauk pauk.
Lauk pauk pelengkap sepert ayam,  kering tempe, telur rebus utuh yang harus dikupas dulu  untuk memakannya, hal ini melambangkan pentingnya etos kerja dan perlunya perencanaan yang matang atas setiap tindakan yang kita lakukan.

Chicken, one of various side dishes of
yellow rice cone

Lauk  sayur urap  yang terdiri kacang panjang melambangkan pemikiran  yang jauh ke depan, tauge yang melambangkan proses untuk terus tumbuh .

Sayur Urap, one of various side dishes of 
yellow rice cone
Bahkan cabai merah yang dibuat menjadi kelopak bunga  bukan sekedar hiasan semata tapi juga melambangkan penerangan yang bisa memberi banyak manfaat untuk orang lain. Ikan teri juga bisa menjadi simbol kerukunan dan kebersamaan.
 
Kesimpulannya :
Orang-orang Jawa  pada jaman dahulu ternyata memang sangat berhati-hati dan penuh pertimbangan saat membuat mengolah dan  menyajikan nasi kuning sebagai suatu sajian hidangan yang istimewa. 
Nasi kuning  bukan hanya mempunyai makna baik tapi juga  memiliki  makna doa bagi  orang-orang yang menikmatinya dan ikut merayakan momen bahagia.
Nasi kuning  mengandung banyak simbol dan makna yang  sangat istimewa. Tidak heran bila nasi kuning sering dibuat dan disajikan untuk hari-hari penting atau moment istimewa.
Saat ini nasi kuning tidak hanya digunakan untuk upacara adat saja., kita bisa membuat nasi kuning untuk perayaan ulang tahun, kelahiran, ulang tahun pernikahan atau tasyakuran atas keberhasilan dalam dunia pendidikan. 
Selain nasi tumpeng masih banyak makanan yang menyimpan filosofi.
Berikut ini adalah benerapa  makanan tradisional khas Indonesia yang memiliki filosofi dan makna tersendiri:
1. Nasi Tumpeng
Bentuk menggunung Nasi Tumpeng juga menjadi lambang  mengandung harapan agar hidup kita semakin naik dan memperoleh kesejahteraan  yang tinggi.
Umumnya nasi tumpeng dikelilingi tujuh lauk. Tujuh berarti pertolongan.

2. Rendang Padang.
Proses pengolahan memasak rendang yang lama, menjadi lambang ketulusan, kesabaran dan kebijaksanaan.
Beef Rendang, Indonesian traditional food 

Rendang, one of Indonesian traditional cuisine from West Sumatra Munangkabau, spicy meat (commonly beef) that slow cooked  in coconut milk and mixed spices

3. Lontong.
Lontong juga memiliki filosofi menarik. Menurut ajaran Jawa lontong memiliki filosofi  "olo e dadi kotong" artinya dalam bahasa Indonesia, kejelekannya sudah tidak ada atau hilang. 

Lontong,  Indonesian traditional food
that wrapped in banana leaf

Jadi jika kita memakan lontong, diharapkan akan menjadi pengingat untuk kita  bertaubat selau agar terampuni semua dosa-dosa.  

4. Ketupat 
Ketupat merupakan simbol rasa syukur dan permintaan maaf. Oleh karena itu paling afdol disajikan dan dimakan ketika satu sama lain saling meminta maaf dan mengakui kesalahan pada moment lebaran atau Idul Fitri.

Ketupat is a special dish served at 
Eid Mubarak celebration in Indonesia. Ketupat is a type of dumpling made from rice packed inside a diamond shape  container of 
wofen palm leaf pouch.

"Ngaku lepat" adalah filosofi dibalik ketupat  yang dapat diartikan mengakui kesalahan
Selain itu ada 4 hal yang bisa diresapi yaitu :
- Lebaran  artinya usai yang mengibaratkan pintu ampunan terbuka lebar.
- Luberan  artinya melimpah yang mensimbolkan ajaran untuk bersedekah.
-Leburan artinya melebur yang makna nya mengajarkan untuk saling memaafkan.
-Laburan artinya kapur yang melambangkan kesucian lahir dan batin.

5. Kolak
Makanan yang paling sering kita temui saat Ramadhan adalah kolak. 

Indonesian food, Kolak Pisang Ubi.
Plantain banana, sweet potato, cooked in coconut milk, palm sugar and pandanus leaves


Kolak memiliki 2 filosofi sekaligus.
Kolak biasanya mengandung komponen umbi-umbian pendam yang bahasa Jawa nya "polo pendem".
Filosofi ini mengingatkan kita bila pada akhirnya setiap manusia akan dipendam atau dikubur.
Filosofi keduanya  ada pada santan.  Di mana santan mengandung arti "sing salah nyuwun  ngapunten"  artinya adalah  siapapun yang bersalah haruslah meminta maaf.  

6. Dawet
Es  dawet  adalah minuman bersantan yang dicampur dengan gula Jawa dengan isian cendol/ dawet .Selain rasanya enak dan lezat minuman ini juga  memiliki filosofi yang unik.
Nama cendol sendiri berasal dari jendol yang   memiliki arti gumpalan. Mempresentasikan sensasi saat menyantap isian dawet yang bergumpal-gumpal. Sedangkan di minuman dawet ayu terdapat lambang Semar dan Gareng yang  memiliki makna harapan agar dagangan nya laris manis.

Es Dawet  is an ice sweet dessert, contains 
droplets of green pandan rice flour jelly, mixed wiith slice jackfruit, young coconut meat, in coconut milk and palm sugae syrup. Accompanied with savory meal, make looks interesting to taste.

Pada pernikahan adat Jawa, dawet disajikan sebagai ŕangkaian upacara pernikahan yang dikenal dengan dodol dawet artinya berjualan dawet. Mengapa? Karena bentuk cendol yang bulat melambangkan kebulatan kehendak orangtua untuk menjodohkan anak.
Para tamu undangan diperkenankan untuk membeli dawet tapi tidak menggunakan uang, melainkan menggunakan kreweng / koin yang terbuat dari tanah liat. Hal ini melambangkan bahwa sebenarnya hidup manusia berasal dari bumi (tanah).
Ibu calon mempelai wanita bertindak melayani pembeli, sementara sang ayah menerima pembayaran. Filosofi yang mengajarkan kepada pasangan  yang menikah tentang bagaimana mencari nafkah sebagai suami istri harus saling membantu satu sama lain. 

7. Gudeg.
Merupakan masakan tradisional khas Yogyakarta. 
Gudeg merupakan hidangan yang terbuat dari bahan nangka  muda yang dimasak dengan santan dengan bumbu rempah yang lengkap  dan diberi gula  Jawa  ( gula merah) sehingga rasanya manis dan gurih. 
Proses pengolahan gudeg yang  lama harus diselesaikan dengan tepat, menunjukan  filosofi  ketenangan, kesabaran, dan ketelitian.


Nasi Gudeg , kuliner khas Yogyakarta.

Gudeg, a signature  rice dish from Yogyakarta. Jackfruit stew accompanied with spicy stew of cattle skin crackers and white chicken curry.

8. Lumpia.
Lumpia khas Semarang yang bentuknya memanjang dengan warna keemasan dianggap sebagai simbol kekayaan.

9.  Semur .
Memiliki aneka ragam isi menunjukkan perbedaan. Makna yang terkandung yaitu rasa manis  dan sedap mengalahkan semua perbedaan.

10. Lodeh.
Masakan  ini umumnya disajikan sebagai hidangan rumah. Namun sayur ini akan memiliki arti unik jika dosajikan dalam sebuah acara.  
Pada acara tasyakuran, sayur lodeh dihidangkan   
karena dilambangkan sebagai tolak bala.  Mengandung beberapa 12 komponen penyusunnya.  
Angka 12 dapat dijumlahkan 1+2 menghasilkan angka 3. 
Angka 3 dalam filosofi Jawa berarti upaya meraih kehidupan masyarakat y dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.
Sedangkan komponen pokok sayur lodeh adalah labu kuning atau waluh.  
Waluh dalam masyarakat Jawa memiliki arti  wal (lepas)  dan luh ( air mata).
Makna waluh sendiri yakni lepas dari air mata atau lepas dari penderitaan.

11.  Rujak cingur 


Rujak Cingur is a traditional food from Surabay East Java, which contains raw and ripes vegetables, plus various fruit, tofu, tempeh, and cingur covered with  petis seasoning sauce

Makanan khas Surabaya ini terbuat dari dua petis, manis dan kurang manis menunjukkan  simbol bahwa hidup harus selalu seimbang.

12.  Sate Lilit 
Sate ini berasal dari Bali.  
Umumnya sate lilit terbuat dari ikan tuna yang dihaluskan diberi bumbu dan dicampur dengan kelapa muda parut. 
Disebut sate lilit karena daging ikan tuna tersebut dililitkan pada potongan bilah bambu atau batang sereh.
Hidangan sate lilit sering disajikan pada upacara adat Bali. 

Satay  Lilit , traditional Balinese minced seafood, wrapped satay with aromatic lemongrass skewer.. Served with sambal matah

Istilah lilit ini berasal dari kata kilit  atau ikat yang melambangkan pemersatu.  
Filosofi ini maknanya adalah agar masyarakat Bali  tidak dapat dipecah belah oleh apapun dan siapapun  dan akan terus bersatu selamanya.

Nah guys  ternyata kuliner  tradisional khasi Indonesia  tidak hanya lezat dan  populer  namun  juga  sarat akan   makna dan filosofi  tentang nilai-nilai kehidupan dalam bermasyarakat.

Semoga bermanfaat.  

Oh ya  guys... apabila misalnya masih ada  kekurangan, yang belum saya  tulis dan paparkan di sini silahkan untuk menambahkannya dan kemukakan juga pendapat kalian ya?
Terima kasih. 
Stay  health., stay safe there..
Cheers....





Sources :
- liputan6.com
-endeustorial.com
-idntimes.com
-majalah Selera edisi Oktober 1998
-orami.co.id

















 




 

Komentar

  1. This good looks very delicious!:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much gor your appreciation🙏🙂
      Hopefully someday you can taste Indonesian tradisional cuisine.
      Have a wonderful weekend..🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  2. Tu entrada es deliciosa y muy informativa pero es muy larga y cuando llegamos al final se nos olvida el principio ...Pero me quedo con el significado de algunos alimentos y que os gusta el arroz muy amarillo. Gracias por toda la información . Un saludo .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gracias por la apreciación.🙏🙂
      Sí, la comida tradicional de Indonesia es realmente deliciosa porque se procesa con muchas hierbas y especias.
      Lo siento si mi publicación es demasiado larga. Eso es porque cada uno de nuestros alimentos tiene su propia filosofía.
      Agradecido si puedes aceptar el punto.
      Donde nuestra filosofía de comida tradicional encierra los valores del buen vivir.
      Se espera que todos los que lo consuman puedan obtener bendiciones y suerte de este alimento.
      Ojalá algún día puedas degustar este delicioso arroz tumpeng amarillo.
      Feliz fin de semana
      Saludos

      Hapus
  3. These look great foods. I don't eat meat though. Is tofu popular over there? I love tofu so much :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for your appreciation🙏
      It's nice to know that you really like tofu.🙂
      Yes, tofu and tempeh are popular here. They include healthy foods.
      Indonesian people really like tofu and tempeh for their daily food.
      Hopefully one day you will be able to taste the typical Indonesian processed tofu.
      Have a wonderful weekend🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  4. Dziękuję za uznanie🙏
    Miejmy nadzieję, że któregoś dnia spróbujesz tradycyjnych indonezyjskich potraw, które są pikantne i pyszne.🙂
    Wspaniałego weekendu
    pozdrowienia🌺🌺🌺

    BalasHapus
  5. wahh tumpeng ini mengingatkan saya waktu masih kecil, sering banget ada acara desa atau kampung warganya membuat tumpeng, jadi tukeran tumpeng, enak banget rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ouw jadi warga tempat tinggal mas Intan tuker'tukeran tumpeng?wah Seru dong ya? Hehehe..
      Tapi apa pernah dapat tukeran tumpeng yang rasanya kurang enak?
      Mas Intan dulu tuker-tukeran tumpeng dengan di daerah mana?

      Hapus
    2. satu kampung itu bu, jadi tukeran antar tetangga gitu bukan ke kampung lain

      Hapus
    3. Oh tukeran tumpeng antar tetangga..
      Mas Intan ini saat tukeran tumpeng itu
      tinggal di daerah mana cilegon atau dulunya di Jawa tengah, Jawa Timur? Kok di tempat saya nggak ada ya tukeran tumpeng?
      Yang ada tukeran nasi kotak doang.

      Hapus
    4. saya asli Subang, Jawa Barat bu

      di kampung halaman saya biasanya setahun sekali suka ada acara adat seperti itu

      Hapus
    5. Ooh asli Subang Jawa Barat ya ?
      Aku pikir mas Intan asli Jawa Tengah atau Jawa Timur soalnya nama belakangnya Sudibjo. Soalnya ada kenalan ortu nama belakangnya Sudibno tapi asli Surabaya..
      Kalau makanan khas Subang apa ya?
      Nanas Subang aku tahu, kalau camilan atau makanan khas Subang aku belum tahu.

      Hapus
    6. nah kebetulan bapak saya asli Semarang bu, makanya namanya sudibjo

      betul nanas subang, oleh olehnya. kalo cemilannya ga jauh beda kaya di bandung sih

      Hapus
    7. Oh begitu jadi ayahnya orang Semarang.. Bener dugaanku kalau mas Intan ada darah Jawa nya.. I see.. I see..
      Oleh -oleh khas Subang hampir sama ya dengan Bandung ya?
      Kalau oleh-oleh khas Cilegon apa ya?

      Hapus
    8. cilegon paling emping sama kerak nasi itu apa ya namanya lupa saya haha

      Hapus
    9. Oh iya oleh-oleh khas Cilegon itu emping ya sama intip alias kerak nasi..
      Kota Serang juga sama oleh-olehkhasnya emping.. sama sate bandeng kalau nggak salah hehehe..🙂

      Hapus
  6. nasi tumpeng looks awesome. So colourful and so much to eat. I like all the other accompliments surrounding the cone rice but must share with friends.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation🙏🙂
      Yes, the yellow rice cone with various kinds of side dishes looks very colorful. The yellow rice cone is full of philosophy. It is hoped that those who eat it will always get the blessing of wealth and prosperity.
      Large tumpeng rice is usually eaten with local residents and other invited guests.
      Hopefully one day you will be able to taste the traditional Indonesian food cone yellow rice with various side dishes.
      Have a nice week end
      Regards.

      Hapus

  7. Es muy cierto amiga, cada alimento tiene su significado según su cultura , la región y creencias, es un gran artículo el que nos compartes , siempre compartes información útil e interesante, un gusto aprender.
    Pasa unos lindos días amiga Justcherry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola amigo Jorge ..
      Muchas gracias por tu agradecimiento y tu opinión.🙏🙂
      Nuestros alimentos tradicionales tienen una filosofía sobre los valores positivos de la vida. Se espera que quienes lo consuman siempre obtengan bendiciones de riqueza y prosperidad.
      Me siento honrado si le gusta mi artículo. 😊Ojalá sea útil para otros.
      Espero que algún día tenga la oportunidad de probar la comida tradicional de Indonesia.
      Que tengas un buen fin de semana Jorge amablemente amigo🙂
      Saludos

      Hapus
  8. Great post showing Indonesian food. I love yellow rice with vegetables!

    There is an Indonesian restaurant in Rome, but I think they didn't serve the same dishes as I see in your post. Maybe, Javanese cuisine is different from the Indonesian one.

    http://www.balibar.it

    Have a nice weekend!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation🙏
      It's great to know that you like yellow rice with vegetables.🙂
      What a surprise if there is an Indonesian restaurant in Rome.
      Have you also tried tasting Indonesian food at the restaurant there? Surprise to hear that ..
      If you've tasted food at an Indonesian restaurant, how do you think it tastes?
      Can it suit European tastes?
      Ooh yes, maybe the dishes served at the restaurant are not dishes from Java. indeed this yellow rice originated from the Java region but was later adapted, developed and improvised by various regions in Indonesia.
      Thanks a lot for your info,
      I will save the link.
      Have a nice weekend ..
      Regards.

      Hapus
    2. We can buy yellow rice here, although it is not easy to find if. Yellow rice is more expensive than red or black one. I had yellow rice with vegetables at
      the Indonesian restaurant in Rome. I think Indonesian food can suit European tastes, although it is too spicy.

      Have a nice week!

      Regards

      Hapus
    3. It would be great if you could buy yellow rice at Indonesian reataurant in Rome.
      I just found out when yellow rice is actually more expensive than brown and black rice. In fact, to make the rice yellow, it only requires spices or turmeric powder and coconut milk. Maybe the raw materials should be imported from here.
      After you taste Indonesian food, hope that you can enjoy it. Yes, I admit that Indonesian dishes are a bit spicy when compared to dishes from Europe. Indonesian people really like spicy tastes. Now I can't stand spicy food.
      Hopefully one day you will also be able to enjoy other menus such as the dawet ice and compote ice desserts which is sweet and tasty
      Have a nice week
      Regards

      Hapus
    4. Thanks for wishing me a nice Christmas holiday, Miss Cherry ... (I have just seen your comment on my blog). I don't do the same, as I think you don't celebrate Christmas in Indonesia. People are mainly Muslim in your country. Isn't it?
      I look forward to tasting those other Indonesian dishes which you mentioned, dawet ice and compote ice dessert. As soon as the epidemic goes to an end, I will taste Indonesian food once again at the Rome's Indoneasian restaurant. I've learnt that it is the only place in Italy where somenone can get Indonesian food. My town is located 50 km North from Rome, and it's so easy to go there.
      Have a nice weekend.
      Regards

      Hapus
    5. You're welcome, Mr. Giorgio.🙏
      It's true I don't celebrate Christmas because I'm a Muslim. But I often say Merry Christmas to my friends who celebrate it.
      Yes, it is true that in Indonesia the majority are Muslims. There are 6 religions that live in Indonesia. Even though there are some differences in beliefs, we, people, can live and tolerate each other.
      Glad to hear that when epidemic goes to an end, you will visit an Indonesian restaurant again in Rome and will try the dawet ice and kolak ice desserts, Hopefully it will happen soon.
      So your town is located north of Rome.
      It must be a very beautiful town.
      Have a wonderful year-end holiday
      Regards

      Hapus
    6. Wow ..., keren!.
      Giorgio pernah mencicipi nasi kuning di Italia!.

      I am happy to hear that.

      Hapus
    7. Iya ternyata ada restaurant Indonesia di kota Roma Italia..👌
      Suatu terobosan yang bagus untuk.memperkenalkan citarasa makanan tradisional Indonesia di Italia.
      I am also glad to hear that.. 😊

      Hapus
  9. waktu tinggal di daerah, makan nasi kuning cuma jika ada pesta...
    di Jawa bisa "pesta" tiap hari, karena nasi kuning ada di mana mana....hehehe

    # Happy weekend

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar kalau di Jawa bisa makan nasi.kuning sepuasnya kapan saja. Nasi kuning dijual di mana-mana.
      Makasih banyak Mr. Tanza atas kunjungannya.🙏🙂
      Happy weekend ..

      Hapus

  10. Halo!
    Hidangan kuliner yang spektakuler.
    Anda benar, dalam setiap keahlian memasak, di setiap resep, di setiap rasa, banyak ciri khas bangsa dan negara yang tertulis. Juga, di satu sisi, sebagian besar sejarahnya. Filosofinya sangat menarik, telur dadar lebah telah menarik perhatian saya, wow saya ingin mencobanya.
    Sungguh menyenangkan, Kerucut Beras Kuning itu. Dengan apa yang saya suka nasi kuning.
    Tradisi Jawa dan Bali yang mengesankan.
    Ya ampun, semua masakannya terlihat enak, saya suka Kolak Pisang Ubi itu! Mungkin dari waktu ke waktu Anda akan memberikan resep kepada kami, saya akan menyukai Kolak itu.
    Salam dan selamat berakhir pekan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento y tu opinión.🙏
      Makasih banyak Yessykan anda sangat ramah. 😊
      Iya masakan dari setiap negara pasti memiliki ciri khas masing-masing dan juga memiliki filosofi tersendiri.
      Apakah anda penasaran kerucut nasi kuning alias tumpeng? Kami masyarakat Indonesia selalu menghadirkan tumpeng dalam acara-acara selamatan tasyakuran atau pun pesta momen bahagia seperti ulang tahun, perayaan kelulusan sekolah dan momen penting lainnya.
      Tapi meski bukan dalam bentuk kerucut tumpeng, kita bisa menemukan nasi kuning dengan mudah karena banyak dijual setiap hari.
      Semoga suatu hari anda dapat menikmati hidangan makanan tradisional Indonesia yang lezat ini.
      Ooh saya surprise sekali anda begitu tertarik dengan kolak pisang😀
      Oh tentu saja saya dengan senang hati akan memberi resep kolak pisang buat anda. Akan saya kirim via email .
      Semoga anda menyukainya.🙂
      Semoga hari anda menyenangkan🌺🌺🌺
      Saludos

      Hapus
  11. Aw I LOOOOVE Indonesian traditional food! Balinese and Manadoese foods are my favorite! I can't get enough of sambal matah and sayur garo from Manado, Ayam woku is also super yummy I'm so glad I could get to try Indonesian food in my life~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation Kim Young 🙏
      Oow So you really looove traditional Indonesian foods.?🤩
      I am so glad to hear that.👌🙂
      Balinese and Manado specialties are full of spices and seasonings. No wonder these two foods are your favorites. The curly satay and mattah chili sauce of Balinese is delicious, also the Manado woku chicken is very tasty and arouses appetite
      Have you ever tasted the yellow rice cone and vaarious side dishes?
      Hopefully you will be able to taste all of the Indonesian food.
      I really salute your appreciation of our traditional Indonesian cuisine.😊
      May blessings always accompany your life. Greetings always success.

      Hapus
  12. WOW, these dishes look so delicious! I love that yellow rice. I sometimes add saffron to my rice when I cook curries!
    Gosh, I'd love Indonesian foods!!😊😊

    Have a super day, my dear friend.🙏🙏🙏

    Hugs xxx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation dear friend Ygraine🙏🙂
      Glad to hear that you like traditional Indonesian food.🤩
      I'm surprised that you also use turmeric in your curry dishes.
      It must be delicious and tasty.
      Hopefully that someday you will be able to taste traditional Indonesian food such as yellow cone rice and other appetizing side dishes.
      Have a super day my dear friend
      Regards 🌺🌺🌺
      Hugs

      Hapus
  13. makanan di Indonesia memang masih kental akan adat dan maknanya ya teh, bahkan sampai sekarang adat dan makna tersebut masih tetap terpelihara dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar kak Kuanyu... makanan tradisional masih kental dengan adat istiadat juga sarat dengan filosofi. Di mana filosofi nya berisi tentang makna nilai-nilai kehidupan yang positif. Jadi berharap yang memakan tu.peng nasi kuning akan mendapat berkah , kesejahteraan, keberuntungan.
      Iya sampai sekarang masyarakat masih berpegang terhadap adat misalnya untuk acara selametan atau tasyukuran perayaan moment penting, orang-orang selalu menghadirkan tumpeng nasi kuning sebagai lambang simbol kekayaan dan kejayaan
      Apakah kak Kuanyu juga sering makan nasi tumpeng?

      Hapus
  14. Wuaah .. lihat foti tumpeng nomor 3 keren banget yaa ..., bentuknya mirip kue taart!.
    [Hahaha, bilang saja aku jadi kebayang nyaplok kue taart :D ]

    Tumpeng-tumpeng disini betul-betul komplit-plit lauk penyertanya dan kesemuanya terlihat lezat ...

    Itulah uniknya setiap makanan dari Indonesia punya makna filosofi dan sejarah dibalik pembuatannya.
    Sayangnya hal tersebut tidak hanyak banyak dibahas media, jadi generasi milenial tidak mengenal maknanya dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oouw... jadi ngelihat tumpeng mungil bertingkat.. jadi bayangin kue tart 🎂ya? Wkwkwkwk😅😂
      Kalau lihat kue tart langsung timbul naluri mencaplok kue tart habis ya? Wkwkwk🤣
      Jadi apa lebih menggiurkan kue tart ketimbang tumpeng nasi kuning?
      Kue tart bisa bikin ndut lho? 😅
      Aku juga suka kue tart tapi nggak semua, hanya kue tart jenis whippe cream aja yang suka kalau yang butter cream kurang doyan soalnya bikin lengket di lidah...hehehe..

      Iya setiap maakanan tradisiona Indonesia memiliki filosofi yang unik dan menarik .
      Benar sayangnya nggak begitu diekspos oleh media, so anak -anak milenia nggak ngerti, nggak paham dan lebih memilih makanan kekinian.
      Padahal filosofi makanan tradisional Indonesia berisi tentang nilai-nilai kehidupan dan pesan moral yang berguna dan bisa dipetik kita semua terutama bagi generasi milenia.

      Hapus
    2. Keduanya, baik kue taart & tumpeng so oasti suka, sih ... tapi lihat bentuk tumpengnya yang bertingkat auto kebayang kue taart :D!

      Nah, mungkin agar filosofi pembuatan tumpeng & lauknya dikenal baik oleh generasi millenial, setiap resto Jawa ada tambahan informasi semacam brosur atau juga infonya dicetak sebagai alas meja.

      O, iya aku pernah ngerasain lezatnya sate lilit versi asli Bali saat dulu aku job trainning disana.
      Belinya di pasar tradisional, penjualnya pakai kebaya.

      Hapus
    3. Ooh jadi sama doyan nya ya kue tart dan nasi kuning.
      It's good idea 👌alangkah baik bila di tempat makan atau resto yang menyajikan menu nasi kuning juga menyediakan brosur atau alas atas meja tentang makna & filosofi makanan tradisional yang dipesan pengunjung.

      Wouw.. sate lilit?
      Ouw aku selama ini selalu ngebayangin endeus nya sate lilit, aku pikir itu sate daging cincang, eh ternyata katanya dari ikan tuna ya?
      Sate lilit bumbu nya bagaimana?
      Jadi ngeces nich..😋😅

      Hapus
    4. Betul kan ideku ya, resto berkonsep Jawa ada baiknya menyertakan brosur tentang makna makanan tradisional Jawa ..., biar kekinian disukai & mudah dikenali generasi millenial brosur dibuat semenarik mungkin, misalnya dengan penyerta gambar kartun.

      Sate lilit yang pernah kucobain terbuat dari daging ayam.
      Kalau dari daging ikan tuna aku lupa pernah menyantapnya atau belum ...
      Lucu, bentuknya montok :)

      Hapus
    5. Iya bener ide nya...resto yang menyajikan makanan tradisional khas Jawa alangkah baiknyan menyediakan dan menyertakan brosur berisikan makna dan filosofis lengkap dari makanan tradisional tersebut.
      Jadi pengunjung terutama kaum millenia bisa tahu banyak.
      Iya brosurnya dikasih gambar karakter atau kartun agar lebih tertarik mempelajari dan mengkonsumsinya.

      Oh sate lili yang pernah dicoba brad Him di Bali itu sate lilit ayam ? Aku pikir yanv daging ikan tuna.
      Macam-macam kali ya bahan untuk sate lilit.
      Ooh bentuknya montok?. lucu ya padat berisi..kaya paha ayam kali ya? 😅
      Pingin nyobain sate lilit.. tapi apa harus ke Bali dulu ? Di sini belum ada 😊


      Hapus
    6. Ngga nyoba praktek bikin sendiri saja sate lilit-nya :) ?.
      Tapi iya juga ya, ntar hasil akhir rasa masakannya pasti berbeda sama rasa di Bali sana kalau bikin sendiri.

      Baidewei, out of the topics ya .. ini tampilan baru kok ...apik ya warnanya.
      Jauh beda sama yang sebelumnya daaaan .. bikin aku udah ngga bakalan salah ngetik huruf alias typo lageee, wwkkk ....

      Hapus
    7. Iya pingin juga praktek buat sate lilit, tapi harus belajar intens masakan Bali dulu. Bener ntar takutnya hasilnya rasanya beda lagi sama sate lilit khas Bali..😅
      Mulanya harus ngerasain original satay lilit of Bali dulu hehe..

      Ouw ya? tampilan baru warna blog ku ini lumayan terlihat apik? Syukurlah kalau begitu..😊
      Jadi sekarang warna nya sudah ramah di mata ya? nggak bikin mata saki dan mendelik lagi kalau baca.
      Ooh sorry.. kalau sebelumnya warna huruf biru bikin jadi malah bikin salah ngetik alias typo... wkwkwk..
      Maklum warna pink dan biru itu favoritku ternyata kurang cocok dibuat warna huruf..ya? 😊
      Pink and blue kayak warna candy 🍭🍬... Hehehe.😅

      Hapus
    8. Ho'oh (^∇^)ノ♪

      Dah ngga bakalan bikin typo lagi nih ..., soalnya terlihat jelas perbedaan warna bekgron dan huruf-nya.

      Sayang ya, sekarang malah lagi pandemi .. jadi keinginan sista menyantap sate lilit di Bali ketunda dulu.
      Tapi, itu lebih baik kok :)

      Sementara ini bikin sate lilit ala-ala aja dulu kalo gitu, yeii ...
      Sate-nya dililitin apa gitu, misalnya dililit pita pink atau orange buat acara menyambut tahun baru ..., wwkkk

      Hapus
    9. Iya sayangnya sekarang keadaan lagi pandemi jadi nggak bisa ngerasain enaknya sate lilit Bali. Nggak bisa ke Bali dech... Nyesel aku dari dulu kok nggak berangkat ngunjungi Bali.. entah sampai kapan baru bisa ke Balu lagi..

      Wah boleh juga itu ide nya..
      Oke ntar aku buat sate lilit ala-ala... terus bawahnya dililitin pita pink, yellow..
      Jadi ribbon satay dong? Sate pita lilit ala... aku... Wkwkwk... 😂Lumayan untuk memeriahkan suasana pergantian tahun 🎆🎊🧨🍷🍸

      Hapus
    10. 😄 terus, sate lilit ala-alanya dikasi nama apa, yaa .. ?.
      Bukan sate BlackPink, kaan ?

      🎉Selamat Tahun Baru 2021 ya, semoga segala sesuatunya akan lebih baik dan yang dicita-citakan akan terwujud, Amin.

      Hapus
    11. Amin. 🙏 😊
      Makasih selamat tahun baru juga 🎊🍷🍸
      Semoga tahun ini penuh keberuntungan dan apa yang dicita-citakan dan diimpikan bisa terwujud.
      Oh wkwkwk.. namanya bukan sate black pink.. tapi... nama nya satay lilit 🧜‍♀️ mermaid.🧜‍♂️ .. 😅
      Kan satenya dililit kayak putri duyung? 😂

      Hapus
    12. Amiiiin ..., semoga Tuhan mengabulkan kesemua doa baik ini 😇.

      Sate mermaid namanya🤔?.
      Oh, hemm .. bagus juga ide namanya 😊.

      Sate mermaid 🤱 digabungin makannya pakai lontong Ariel.
      Pas deh dan klop.
      Persis kayak pilem Holiwud 😆

      Ngomong-ngomong, tetiba pengin ngerasaian hangat dan gurihnya nasi kuning dan diatasnya ditaburi abon irisan telur .
      Aku mau nyari di pasar akh 🏃

      Hapus
    13. Amin...
      Oke kan namanya sate lilit 🧜‍♀️mermaid🧜‍♂️?
      Ooh...?? 😱 ada ya lontong Ariel? 🤭 baru tahu aku..wkwkwk😂
      Sate lilit mermaid plus lontong Ariel.. bisa jadi nama menu baru kuliner tradisional sajian kekinian... 😊

      Ouw pas banget tuch.. Sunday morning begini menu sarapan 🍚🍝🍛nasi kuning memang paling oke ya?Hm.. Endeus.. banget!👌😋😋
      Btw..bagaimana udah dapat belum penjual nasi kuningnya hari ini? Kalau nggak bisa juga order di grabfood or gofood..

      Hapus
    14. Oh, dah dape dong nasi kuningnya. Belinya di depan taman wisata dekat rumahku 😊.

      Ada loh yaaa lontong Ariel ...,baru tau yaa ..., hihihi .., tapi ... bo' ...oooooong, wwwkkk 😅.
      Kan pacarnya si mermaid kalau ngga salah namanya Ariel, bener ngga sih ?.

      Hapus
    15. Ouw..asyik dong dapat penjual nasi kuning dengan mudah.👌
      Oh mangkalnya di depan taman wisata ? Namanya taman wisata apa ya ? Apakah pernah diposting dalam artukel?
      Wah nasi kuningnya🍝🍛 pasti endeus dan sudah disantap tandaass... sampai kenyang...porsi dobel kah ? 😅
      Ntar kapan-kapan diliput ya ? Hehehe..

      Ooh... jujur jarang sekali lihat film animasi produk disney.
      Penasaran aku browsing.. ternyata tokoh Ariel itu bukan cowok tapi cewek dan pasangannya adalah prince Eric. Jadi Prunce Eric & princess Ariel.. Kalau si 🧜‍♀️ mermaid itu pasangannya siapa ya?🤔

      Hapus
    16. Hah ..., lah loh ternyata tebakanku salah tentang sosok si ariel tuh kukirain cowok, hahaha !.
      Kalau gitu, bukan lontong Ariel dong yaaa ..., Ngga vas, eh* pas julukannya.

      Ntar ya kutimbangin dulu [<baraaaang kali ditimbang ..wokokokok ] layak ngga nya kuulas si warung penjual nasi kuning, soalnya kok kulihatin ngga ada nilai uniknya.

      ¯\(°_o)/¯

      Hapus
    17. Iyaa..wkwkwk... tokoh Ariel itu ternyata seorang cewek princess.👯‍♀️
      Oh begitu... silahkan ditimbang timbang apa perlu nggak nya penjual.nasi kuning tsb diulas.
      Iya kalau sekiranya unik baru dibuat ulasan ya? Biar lain daripada yang lain.
      Sory artikel baru ku belum terbit nich.. hehehe..
      Semoga artikel ku bisa cepat terbit bersinar terang kayak matahari...🌝 kalau ada adsense nya.
      wkwkwkwk..😅



      Hapus
    18. Amin, akan segera terbit sianu agar jadi tonik penambah semangat menulis.

      Hapus
    19. Amin YRA..
      Makasih doa nya dan supportnya🙏🏼
      Moga si anu cepat terbit biar jadi pemacu semangat nulis terus.😊

      Hapus
    20. Iya.
      Ada apa sih ini si anu belum kelihatan nyembul juga ...
      Ikut gemas jadinya.
      Coba ditanyakan ke teman senior ..., siapa tau ketemu solusinya

      Hapus
    21. Mesti ada apa-apa nya . Sebenarnya aku juga gemas kok nggak segera muncul. Mungkun nasibku memang begini..
      Iya ntar aku coba tanyain ke senior , tapi setelah selesai garap artikel baruku..
      Amin moga ada solusinya.

      Hapus
    22. Atau coba juga sambil di intip akun si anu.
      Barangkali ada kabar pemberitahuan baru disana.
      Good luck, ya!

      Hapus
    23. Iya sudah diintip akun nya si anu setiap hari, ini tadi aku tengok akun ads lagi tapi belum ada pemberitahuan baru.
      Makasih Good luck too😊

      Hapus
  15. Negara kita tercinta ini emg kayak dengan filosofi yang banyak membawa pesan mora. Nice sharing mb, jadi tau nasi kuning tuh warnanya mencerminkan kekayaan atau kejayaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali bang Day negara kita Indonesia kaya akan budaya dan adat istiadat yang banyak memiliki filosofi dan sarat dengan pesan moral.
      Makasih banyak bang Day atas apresiasinya🙏🙂
      Semoga postingan ini bisa menambah info dan bermanfaat bagi semua nya terutama bagi para generasi millenia.

      Hapus
  16. Ternyata nggak hanya rasanya aja yang enak, tapi kuliner-kuliner khas nusantara juga punya filosofi yang sangat dalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar masakan-masakan tradisional khas Indonesia selain enak juga memiliki filosofi yang mendalam tentang nilai-nilai kehidupan ada pesan moralnya juga yang berguna bagi generasi muda millenial sekarang agar lebih mengetahui tata krama, adat istiadat budaya negara Indonesia.

      Hapus
  17. Balasan
    1. Thank you very much for your apreciation 🙏🙂
      Have a great week
      Regards

      Hapus
  18. Nasi kuning dan ketupat yang saya baru tahu makna dan filosofinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Djangkaru, tumpeng nasi kuning mempunyai filosofi Kuning diibaratkan sebagai warna emas. Warna emas sendiri melambangkan kekayaan dan kemakmuran, kesejahteraan dan kekayaan yang bisa didapatkan.
      dan ketupat merupakan simbol rasa syukur dan diartikan mengakui kesalahan dan permintaan maaf.
      Makanan tradisional Indonesia sangat enak dan sarat filosofi tentang nilai-nilai kehidupan.🙂

      Hapus

  19. Duuhh jadi kepengen makan melihat aneka bentuk tumpeng yang kalau kita perhatikan seperti bentuk suatu pemandangan alam. Dan nasi diibaratkan sebuah gunung. Sisanya lauk pauk dan sejenisnya adalah hamparan tanah sawah pepohonan dan rumah penduduk.😊😊

    Dan ini mungkin yang dinamakan budidaya tanah indonesia yang subur dan makmur.😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi kepingin makan ya lihat nasi tumpeng dengan lauknya yang buanyak.. bikin jadi ngiler hehehe..😀
      Iya juga kreasi tumpeng tampak seperti pemandangan pegunungan dihiasi sawah...
      Selain memiliki makna filosofi tentang nilai-nilai kehidupan dengan pesan moral juga nasi tumpeng melambangkan lesuburan tanah air kita Indonesia, dan yang memakan tumpeng nasi kuning juga berupa doa dan diharapkan akan mendapat berkah , kekayaan, kejayaan dan kesejahteraan.🙂

      Hapus


    2. Naah betul banget mbak Fidy...Lambang tumpeng Nasi kuning berserta pernak-perniknya juga mungkin agar kita selalu ingat dengan negri ini dan harus tetap bersyukur dengan hasil bumi indonesia yang tak pernah ada dinegara lain..😊😊

      Hapus
    3. Iya benar mas Satria tumpeng nasi kuning itu juga melambangkan hasi bumi megara Indonesia yang "gemah ripah loh jinawi."
      Diharapkan semua masyarakat bisa menikmati hasil bumi dengan merata.

      Hapus
  20. oh jadi ada filosofinya juga di balik semua bentuk makanan tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar dibalik makanan tradisiona Indonesia menyimpan makna makna dan filosofi yang unik berisi tentang nilai-nilai kehidupan dan pesan moral bagi generasi penerus.
      Makasih atas kunjungannya bang Sofyam🙏

      Hapus
  21. Baru tahu filosofi dibalik nasi kuning ini mbak Fidy. Jadi warna kuning itu melambangkan emas atau kemakmuran ya. Sementara bentuk nasinya yang mengerucut seperti gunung itu melambangkan menempatkan Tuhan pada posisi tertinggi yang menguasai alam dan manusia.😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mas Agus,
      Warna kuning berarti emas yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran, kesejahteraan dan kekayaan yang bisa didapatkan.
      Dan yang memakan nasi kuning diharapkan mendapat keberkahan, kekayaan kesejahteraan, kejayaan, kemakmuran.
      Tradisi nasi kuning sudah ada sejak jaman kerajaan Hindu dan kerajaan Islam masuk ke Indoneaia
      Jadi sering -sering bikin nasi kuning buat syukuran apa saja.🙂

      Hapus
    2. Betul mbak. Ibu saya juga kadang bikin nasi kuning kalo ada cucu yang ulang tahun atau selamatan, jadi sebenarnya nasi kuning sudah biasa dalam keluarga ku, tapi baru kali ini tahu filosofi nya.😃

      Hapus
    3. Iya ibuku dan neneku dulu juga kalau ada yang ulang tahun sering buat nasi kuning meski bukan tumpeng. Nasi kuning memang sudah jadi tradisi dalam keluarga buat syukuran dan selametan..
      Yup kita semua baru tahu kalau ternyata nasi kuning itu memiliki filosofi yang dalam tentang nilai-nilai kehidupan juga pesan moral.
      Hidup nasi kuning ..!

      Hapus
  22. Wowwww todo luce delicioso,
    he probado algunas comidas de tu país,
    y son deliciosas aunque no recuerdo el nombre
    de ellas, imagino que todo lo que nos presentas
    es rico, fíjate que hasta percibo los aromas.

    Besitos dulces

    Siby

    Siby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gracias por tu apreciación🙏
      Estoy muy sorprendido de que ya hayas probado la cocina tradicional de Indonesia. 🤩
      Muy feliz de escuchar eso.🙂
      Gracias por tu opinión que dice que la comida indonesia es deliciosa.🙏
      Con suerte, algún día podrá degustar todos nuestros alimentos tradicionales que contienen muchas especias y especias.
      Sí, el aroma y el sabor son muy apetecibles.
      Dulce beso de amistad.
      Que tengas unas buenas vacaciones🌺
      Saludos.

      Hapus
  23. Aku baru tau looh arti dari semua nasi kuning sampe lauk pauknya itu mba . Tapi memang orang Jawa selalu berhati2 bangettttt kalo mencari nama, mencari hari baik sampai memasak makanan utk perayaanpun dipikirin bener makna nya yaaa.

    Salut sih, mereka bisa bener2 memaknainya sampe daleeem bgt mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mbak Fanny, orang Jawa dari jaman dulu memang terkenal sangat berhati-hati dan jago dalam memaknai sesuatu. Hampir semua hal memiliki makna dan filosofi yang mendalam.
      Iya sama aku juga salut bangett dengan buah pikiran mereka yang briliant.👌😊

      Hapus
  24. yang belum aku coba larva tawon, ada ya ternyata
    nasi kuning aku sukak pake banget mbak, apalagi biasanya padanannya ada perkedel dan sambel goreng ati, sukakkkkk pokoknya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama kita mbak Ainun, aku juga yang namanya nasi kuning itu doyan berat... benar pasti nya kalau lauknya ada sambal gorwng kentang ati... wuih.. bisa duduk terus nyantap si nasi kunung nggak bediri-bediri saking enaknya👌😅

      Hapus
  25. Mbak... Di Palembang ada loh nama makanan unik. "Pel*r Kambing". Kita tahu, pel*r adalah nama alat kelamin pria, kan. Hahaha.
    Kira-kira apa yaaa filosofi nya wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woi, anak kecil jangan bahas yang ngeres dong.😂

      Hapus
    2. @Dodo Nugraha =
      Whatt?? di Palembang ada nama makanan yang sama dengan nama alat vital pria? OMG 😱 Astagaaa.!!
      Seperti apa sich tampilannya ? Coba dech kapan-kapan diliput ya mas Dodo di artikellnya?.jadi penasaran

      Hapus
    3. @Agus Warteg =
      Emangnya Dodo itu anak umur berapa? Kok dibilang anak kecil? 😅

      Hapus
    4. @ Fidy :

      Bentuknya kayak apa ?

      Ya ... kayak bentuk tongkat nirmala getooooh ...

      Wuhahahaha 😂

      Hapus
    5. @Himawan =
      What..?? bentuknya kayak tongkat Nirmala?
      Panjang dan keras kayak tongkat kayu ? 😱

      Kok ya ada aja di palembang ada kue yang namanya begitu..? Wkwkwkwk😅

      Hapus
    6. Wokoeokkwokkwook ..

      Kalau kurang panjang dan keras si tongkat Nirmala ...

      Bisa dibayangin bentuknya kayak ... Tongkat Pemukul Kasti 🏏!!

      Mantuuuul jiwaah 😂

      Hapus
    7. Iyaa dong, saya adalah anak kecil dibanding bapac-bapac dan ibuc-ibuc sekalian hahaaaah

      Kapan2 akan aku jadikan postingan di blog, insyaa allah

      Hapus
    8. Aku ikut nunggu tayangannya, Dooo ..

      (・–・;)ゞ

      Hapus
    9. @Himawan Sant =
      Ooh.. jadi bayangin nya tongkat pemukul kasti?😱
      Oh.. astaga..!! panjang dan keras..
      Apakah tongkat pemukul kasti itu bentuknya juga mirip sudah disunat eh dikhitan? 🤭
      Wkwkwkwk😂

      Hapus
    10. @Dodo Nugraha =
      Waah... aku bukan ibu-ibu lho ya Do? Aku ini masih single..
      Yang lain mungkin udah bapak-bapak.. wkwkwkwk😂🤣✌#becanda
      Lah Dodo kalau ngaku anak kecil kok bisa ngomong kayak umur 21 thn ke atas? 🤣

      Okay aku tunggu postinganmu ya Do ..
      penasaran aku 😂

      Hapus
    11. Bwua ..hahaha ..ngakaak kenceng ngaa seeeh ..., lah kok disebutin tanya sudah dikhitan segala belooom ..

      ლ(^o^ლ)

      Hapus
  26. Genial entrada te mando un beso y todo mi cariño

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento🙏🙂
      Te mando un abrazo amistoso a mi querido amigo.
      Que tengas unas buenas vacaciones
      Saludos

      Hapus
  27. Balasan
    1. Silahkan dicaplok eh di makan.hehehe2😅
      Buruan beli nasi kuning komplit ya? Hehehe

      Hapus
  28. Lapar.. ngeliar nasi kuning pagi2.. jadi kepengen nasi kuning.. tapi di sini nyari nasi kuning susah banget.. orang2 lebih sneng buat nasi uduk biasa.. hehe mngkin karena lebih mudah dibuat kali yah.

    Halo mbak.. gimana kabarnya?
    Saya baru nggeh kalau ternyata banyak makanan yg mengandung filosofi2 seperti itu... hehe

    Soalnya saya taunya hanya makan saja. Wkwkw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Bayu apa kabar juga?
      Makasih Alhamdulillah kabarku baik aja.🙏🙂
      Aku sebenarnya juga jadi lapar lihat nasi kuning plus lauk pauknya yang lengkap gitu hehehe..😅
      Ooh di daerah tempat tinggal mas Bayu jarang bisa ditemuin nasi kuning tapi yang sering nasi uduk ya? Padahal bahan pembuatannya sama lho? ada beras dan santan tinggal ditambahin kunyit aja. Mengapa ya orang di sana nggak suka jual nasi kuning?
      Memang sich asal mula nasi kuning itu dari Jawa jadi nggak heran sampai sekarang masih mudah nemuin penjual nasi kuning sehari-hari di Jawa meski lauknya sederhana aja.
      Iya benar mas Bayu makanan tradisional kita nggak hanya enak lezat ternyata menyimpan filosofi dan makna yang mendalam tentang nilai-nilai kehidupan. Penting bagi generasi millenial supaya ngerti adat istiadat budaya dan budaya bangsa kita. Jangan sampai mereka hanya ngertiya cuma makanan kekinian aja.
      Karena makanan tradisional kita sarat dengan filosofi yang berisikan pesan moral juga.
      Ayo mas Bayu kita lebih sering konsumsi makanan tradisional aja, lebih sehat dan lebih nikmat👌
      Hehehe.. 🙂

      Hapus

  29. Baru tau kalau larva tawon bisa dimakan dari semenjak lahir sampai berumur puluhan tahun belum pernah lihat orang makan larva tawon.

    Rujak cingur, pernah diajak makan rujak cingur sama teman dan ternyata rujak cingur berbeda sama rujak kebanyakan. Seperti gado-gado tapi ada buahnya dan bumbunya juga agak beda tidak seperti bumbu gado-gado.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga belum pernah makan larva tawon.
      Ouw.. jadi Kal El.sudah pernah mencicipin rujak cingur? 👌
      Bagaimana kesan nya makan rujak cingur? Itu makanan khas Surabaya. Aku suka tapi cingurnya (hidung sapi) nggak suka.. hihihi...😅
      Iya beda dong dengan gado-gado dan rujak lainnya.. hehee.. memang sayur dan buahnya hampir sama , hanya kalau rujak cingur bumbu nya itu gunain petis udang sehingga rasanya unik dan khas..
      Kalau makan rawon Kal El sudah pernah nyoba belum?

      Hapus
  30. Aku suka banget sm nasi kuning, sampe skrg pun nyokap sering banget bikin nasi kuning utk makan sehari2, katanya lbh sehat 😃.. makasih juga untuk infonya, asli aku baru tempe kalo ternyata tumpeng itu sebuah singkatan 😄😄😄, dan banyak arti yang terkandung dlm hidangan tersebut 👍👌💛💛

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah asyik dong ya dimanjain, nyokap kamu sering banget masakin nasi kuning untuk makan sehari-hari.. Mungkin supaya semua pada selera makan ya?.hehehe
      Mantul banget kiat seorang ibu.👌👍🙂
      Benar kalau masakan sendiri pasti lebih terjamin dan lebih sehat..
      Sama-sama sekarng kita semua jadi tempe.. eh tahu ya kalau nasi tumpeng kuning itu memiliki makna dan filosofi yang dalam mengenai nilai-nilai kehidupan dan mengandung pesan moralnya juga. Penting banget tuh untuk nambah wawasan bagi generasi millenia, biar mereka nggak ngertinya melulu makanan kekinian aja..
      Padahal makanan tradisional juga lezat dan sehat..👌🙂

      Hapus

  31. Wow very nice meal.. i love rice
    with vegetables or with meat balls
    and sauce tomato very delicious

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation 🙏🙂
      Nice to know that you love rice vegetables, meatballs with tomato sauce ..
      I think your taste is like Asian tastes..👌
      Have a nice year-end holiday ..
      Happy New Year..

      Hapus
  32. Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation 🙏🙂
      Hopefully everything is much better in 2021.
      Happy New Year..🧨🎊🎈🍷🍸

      Hapus
  33. Balasan
    1. Hallo...thank you very much for your visit here Hamali..🙏🙂
      Hopefully everything is much better in 2021.
      Happy New Year..🎆🧨🎊🎈🍷🍸

      Hapus
  34. Wishing you a Happy New Year with the hope that you will have many blessings in the year to come. 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amen .. Thank you very much Yessykan ...🙏🙂
      I wish you Happy New Year too.🎆🧨🎊🍷🍸
      We wish you lots of blessings and luck in the new year, I hope everything will be much better than before.😊

      Hapus
  35. Balasan
    1. Muchas gracias por desearme.🙏🙂
      También te deseo un feliz año nuevo
      Ojalá en 2020 obtengas bendiciones, buena suerte, buena salud, feliz éxito .. amén ..

      Hapus
  36. I like all of them. It has been a long time I do not eat nasi tumpeng, even more with side dishes.
    These foods are really mouthwatering.
    Happy New Year!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy new year 2021,
      Hopefully the situation is better than before and the pandemic will end soon.
      I am surprised that you have already eaten yellow rice cone. Have you ever been to Indonesia?🙂
      Yes, it's true that tumpeng rice and its complementary side dishes are indeed very delicious and appetizing.👌
      Hopefully one day we can eat and enjoy yellow rice cone again.
      Have a wonderful day
      Regards

      Hapus

  37. Boa noite minha querida amiga. Feliz Ano Novo para você e sua família.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boa tarde meu amigo Luis Gomez
      Feliz ano novo 2021
      Esperançosamente, a situação está melhor do que antes e a pandemia acabará em breve.
      Tenha um bom fim de semana
      Saudações

      Hapus
  38. saya baru tau klo lodeh itu buat tolak bala
    saya kira makanan biasa mbak
    pantesan kadang jadi menu wajib di berbagai acara
    eh selamat tahun baru ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun baru 2021 juga mas Ikrom
      Semoga situasi keadaan lebih baik dan aman dari tahun sebelumnya.
      Iya saya juga baru tahu kalau lodeh memiliki makna dan filosofi tersendiri..
      Memang makanan tradisional Indonesia sarat akan makna dan filosofi yang mendalam tentang nilai-nilai kehidupan dan pesan moral.
      Hidup kuliner tradisional Indonesia💪

      Hapus
  39. ternyata di balik kelezatan makanan ada filosofinya ya, hmm.. memang sebagai bangsa indonesia, nenek moyang kita jika membuat sesuatu entah itu makanan atau apapun pasti memiliki nilai tersendiri, semakin kagum dengan bangsa sendiri :D.. tentunya makanan yang di buat enak-enak ya mbak hehehe, gw paling suka es dawet, paling enak di minum pas siang-siang cuaca panas hohoho, tapi sekatang lagi musim hujan ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar Khanif.. makanan-makanan tradisional Indonesia nggak hanya enak lezat mengguggah selera tapi sarat dengan makna mendalam dan filosofi tersendiri.
      Iya benar nenek moyang kita memang hebat ya dalam mengolah makanan selalu ada makna dan filosofi yang berisi nilai-nilai kehidupan dan pesan moral.. Bangga dong nenek moyang bangsa Indonesia memang luar biasa👌👍
      Oh sukanya es dawet ya? Aku juga suka asal dawet asli tepung beras.
      Kalau musim hujan enaknya makan kolak atau wedang ronde.. hehehe..

      Hapus
    2. maka dari itu kita sebagai bangsa indonesia harus bangga mempunyai aneka jenis banyak makanan.. bukan cuma makanan dari negara asing yang di share di ig story :D

      Hapus
    3. Benar... setuju banget kita warga+62 harus bangga sekali memiliki kekayaan kuliner tradisional khas Indonesia yang beraneka ragam..👌
      Sayangnya generasi millenia lebih mengenal kuliner makanan asing yang dianggap lebih kekinian dan meningkatkan gengsi.

      Hapus
  40. Muy interesante tu blogs, nos acerca de forma precisa y detallada un poco la cultura de tu hermoso país, sus costumbre sus comidas, algo que se valora mucho.
    mis mejores deseos de felicidad para ti y tus seres queridos en el nuevo año.
    Saludos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento Jose Antonio 🙏🏼🙂
      Me alegro si te gusta la cultura, nuestras costumbres, Indonesia.
      Gracias por su opinión si cree que la cultura y las costumbres de Indonesia, así como la comida tradicional, son de gran valor.
      Con suerte, algún día podrá degustar y disfrutar de toda la comida tradicional de Indonesia.
      Feliz año nuevo. Feliz por ti y tus seres queridos
      Mantente sano y seguro allí
      Saludos.

      Hapus
  41. Belum update lagi nih mbak Fidy. Selamat tahun baru 2021, maaf telat ngucapinnya karena kemarin libur.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun baru 2021 juga mas Agus.. Maaf juga telat ngucapinnya.
      Artikel baru masih digarap belum selesai.
      Harap sabar hehehe😂

      Hapus
    2. Iyach, orang sabar disayang Tuhan loh, mas Agus 😉

      Hapus
    3. Iyaa sing sabar ya.. mas-mas semuanya..
      ini masih ngupload foto-foto buat artikel baru..😊
      Doakan saja bisa cepat terbit artikel baru nya
      😉

      Hapus

  42. Nasi kuning mengingatkan saya pada masa kecil di kampung halaman. Selamat sore, Mbak. Salam kenal dari saya, nenek-nenek yang baru belajar ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi bu Nursini Rais salam kenal kembali 🙂
      Mohon maaf saya telat membalas konen karena sibuk.🙏🏼
      Bu Nursini bisa aja pasti ibu adalah seorang blogger senior yang sudah malang melintang di dunia blogger.👌🙂
      Sedangkan saya cuma seorang blogger pemula yang perlu banyak belajar dari senior-senior seperti ibu 😊
      Makasih banyak ibu Nursini sudah meluangkan waktu mampir ke blog saya.
      Salam hormat 🙏🏼🙂

      Hapus
  43. Ternyata oh ternyata sarat akan makna makanan tradisional kita. Saya pikir, sekedar ucapan syukur atau merayakan saja mbak..

    Oiya, selamat tahun baru ya mbak (^^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih selamat tahun baru 2021 juga mas Ridsal.🙏🏼🙂
      Semoga tahun 2021 ini pandemi bisa segera berakhir. Amin.

      Iya benar makanan tradisional seperri nasi kuning ternyata nggak hanya untuk syukuran dan selametan tetapi dibalik itu semua memiliki makana penting dan filosofi tersendiri..
      Kita patut bangga ya dengan makanan tradisional kita Indonesia.

      Hapus
  44. ¡Hola! Muy interesante entrada, todo lo que nos presentas se ve delicioso, espero algún día tener la oportunidad de probar tan rica comida. Espero tengas un maravilloso año 2021. ¡Besos!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento.🙏🏼
      Tu opinión es correcta de que nuestros alimentos tradicionales son deliciosos y apetitosos.👌😊
      Con suerte, algún día podrá degustar la comida tradicional de Indonesia.
      También espero que tenga bendiciones y suerte en 2021.
      Abrazo de amistad
      Saludos.

      Hapus
  45. That looks a beautiful way to celebrate with friends and family.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation🙏🏼🙂
      Yes, it is true that traditional Indonesian foods are delicious and appetizing like yellow rice cone are very often used for celebration ceremonies. And of course the monitoring with family and friends.
      Have a wonderful week
      Regards

      Hapus
  46. Wow very nice meal :** All the best in 2021 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for your wish and your appreciation🙏🏼
      All the best for you too in 2021🙂
      Hopefully everything is much better in 2021.
      May someday you will taste Indonesian traditional food.😊
      Have a wonderful week
      Regards..

      Hapus
  47. Ciao Cherry. Do you know the Befana? Yes? A sweet, sweet Befana with your love family. Ciao!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciao Vivi..
      What is befana ?Excuse me.. Vivi...
      I really don't know befana.
      I just say thank you very much for your wish 🙏🏼🙂
      Sweet.. sweet Befana too for your lovely family..
      A friendship hug..
      Regards
      Ciao.

      Hapus
  48. Wahh aku beneran malu bgt, pernah makan smua makanan itu tp ga semua tau filosofinya mbak hahahha

    Bahkan sampai makanan sejenis gudeg, lumpia dan semurpun ada filosofinya ya. Kalau tumpeng aku ga heran sih, karna emang udah khas bgt, pasti sarat maknya.

    terima kasih tulisannya mbah cherry bermanfaat semua loh, aku jd nambah wawasan kalau main2 kesini hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak Ursula met tahun baru 2021..
      Semoga situasi keadaan lebih baik dari tahun sebelumnya. Amin.
      Wah nggak perlu malu mbak Ursula... aku juga sama kok baru -baru ini aja tahu dan ngehnya kalau ternyata macam makanan tradisional kita memiliki banyak makna dan filosofis.😊
      Iya kalau tumpeng nasi kuning mungkin banyak sudah tahu makna karena sering banget dibuat untuk acara selametan dan tasyakuran dan moment bahagia dan penting lainnya.
      Iya sama-sama mbak Ursula semoga bermanfaat
      Makasih juga mbak Ursula sudah mampir ke blog ku ini.🙏🏼😊

      Hapus
  49. So many awesome dishes dear xx Happy New Year xx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy New Year too..
      Thank you very much for your appreciation🙏🏼
      Hopefully someday you will taste Indonesian traditional food..
      May you will like it. 😊
      Have a wonderfulful weekend..
      Regards

      Hapus
  50. I've just seen the news about the Indonesian Jetliner that crashed into the sea. So sorry to hear more than 60 people were aboard the Boeing 737-524.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes it's true, Yesterday
      The Sriwijaya Air plane that lost contact was a Boeing 737-524 with flight number SJ182 on the Jakarta-Pontianak flight route.
      The plane was carrying 56 passengers and lost contact over the sea of the Thousand Islands. Until now there is no certainty. Still waiting for news from Basarnas.
      Thank you very much for your attention and condolences the news of the crash of the Indonesian's airplane, Mr. Giorgio.🙏🏼

      Hapus
    2. I have just read that Indonesian fishermen, who were in the area around the Thousand Islands, reported hearing an explosion at 02:30 pm on Saturday. They also saw a big wave after the sound.
      I do hope the Indonesian Authorities will get the black boxes soon with the aim of investigate the cause of the crash.

      Hapus
    3. Yes, the third day the search is still being carried out by the Indonesian Navy and the SAR Team. Search was not only carried out in the sea of the Thousand Islands but extended to the coast. Until now, pieces of plane debris and pieces of bodies at sea have been found to be collected and identified. Yes, I hope they will find the black box soon so they know the main cause of the crash of the Sriwijaya Air plane. Thank you very much Mr. Giorgio for your information and attention in observing and following the development of aircraft accidents in our country. I really appreciate it.
      Have a nice week
      Regards.

      Hapus
  51. Balasan
    1. Thank you very much 🙏🏼😊
      Have nice week to Kinga ..

      Hapus
  52. For me it's very oriental food, but I'd love to try everything. I like to discover new flavors of regional cuisine. Ketupat particularly amazed me. Happy New Year :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy New Year too😊
      Thank you very much for your appreciation 🙏🏼🙂
      Glad to know that you like to discover new flavors of regional cuisine.
      Hopefully that someday you will be able to taste traditional Indonesian food such as yellow cone rice and other appetizing side dishes.
      Have a nice week..
      Regards..

      Hapus
  53. Hello Cherry. How are you? I hope well and I wish you a good new year. Congratulation for your colorful food that, I think, very, very good and fine to see. Ciao e a presto!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Vivi, how are you?
      Thank you very much I hope you are also in good condition and in good health this new year.
      Thank you so much for your appreciation of our traditional food, which is colorful and filled with philosophical meaning.
      Hope that one day you can taste the delicacy of traditional Indonesian food.
      Have a nice week, Vivi
      Ciao en a presto

      Hapus
  54. Está bien conocer comida diferentes.
    Mi país es España Justcherry y vivo en Béjar, Salamanca y ahora es tienpo de invierno y nieve.
    Te deseo lo mejor de este año 21 que comenzamos.
    Buena noche . Cuídate.
    Un abrazo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gracias por tu apreciación.
      Ahora sé que vives en la ciudad española de Bejar Salamanca. Wow, está nevando allí ahora Increíble
      También les deseo lo mejor de la felicidad en 2021.
      Buenas tardes
      Manténgase a salvo allí.
      Un abrazo
      Saludos

      Hapus
  55. Dearest Justcherry,
    This is more like a book instead of a post...!
    Yes, we lived in Wonosobo as we worked there for some 3 years and know all the Indonesian food. Especially the Sayur Urap was a favorite and also Urami fish etc. etc.
    Hugs,
    Mariette

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation and opinion, Mrs. Mariette 🙏🏼😊
      I am surprised .. it turns out that you have lived in the city of Wonosobo, Indonesia for 3 years. No wonder you are very familiar with traditional Indonesian food.
      It's great that you love our vegetable urap and other traditional dishes.
      Hopefully one day you can return to visit Indonesia and enjoy Indonesian culinary again.
      Stay safe there
      I wish you a happy new year
      Hug
      Justcherry

      Hapus
    2. Happy New Year 2021 to you..
      Thank you very much for your wishing.
      Hopefully i2021 is a lucky year for all of us
      Have a nice week.v
      Regards

      Hapus
  56. Itulah hebatnya indonesia
    Soal makan atau menu saja, punya filosofi tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, kita patut bangga sebagai warganegara Indonesia...setiap tradisi, budaya sampai makanan juga memiliki filosofi tinggi dan makna yang mendalam berisi nilai-nilai kehidupan dan pesan moral.
      Hidup Indonesia ku.👌💪

      Hapus
  57. Wowwww Todos eso luce muy delicioso
    y provocativo, me agrado mucho visitarte.

    Besitos dulces

    Siby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por el agradecimiento.
      Me alegro si le gusta nuestra comida tradicional.
      Con suerte, algún día podrá degustar la deliciosa comida tradicional de Indonesia.
      Que tengas una buena semana
      Saludos.

      Hapus
  58. semuanya enak enak...yummy.

    Nice article. thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome Mr.Tanza.
      Makasih banyak atas apresiasi nya .🙏🏼😊
      Meskipun stay di negara US, tapi semoga Mr. Tanza dan keluarga masih tetap bisa menikmati makanan -makanan tradisional khas Indonesia di sana..
      Have a nice week ..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Phoenix Dactylifera (Kurma) Yang Kaya Manfaat

Assallamuallaikum guys..., good people..., Semoga sehat - sehat ya semuanya. Tak terasa puasa sudah sampai pada penghujung bulan Ramadhan.  Semoga puasa kita semua selama bulan Ramadhan diterima Allah SWT.  Semoga  kita masih diijinkan bertemu bulan Ramadhan kembali tahun depan.  Amin. Fresh Young  Dates Palm Kurma Muda Kali ini saya akan membahas tentang  Phoenix  Dactylifera.  Apa  itu Phoenix Dactylifera ?   Itu adalah nama latin dari Dates Palm atau yang dikenal dengan kurma. Young Dates Palm Kurma Muda Buah kurma memiliki tidak kurang dari 200 macam jenis kurma. Dari berbagai macam jenis kurma, ada salah satu jenis kurma yang paling populer yaitu kurma  Ajwa atau yang dikenal dengan nama kurma Nabi. Karena kurma Ajwa adalah kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma Ajwa source :shutterstock.com Bentuk dan kualitas kurma Ajwa lebih unggul dari  kurma-kurma lainnya. Tentu saja harga kurma Ajwa pun lebih mahal ditinjau dari kualitas dan khasia

Unik Ada 3 Rasa Dalam Pometia Pinnata

Assallamuallaikum  world... Assallamuallaikum  guys good people.. Sehat-sehat saja semuanya? Setelah lebaran begini adalah saat yang paling tepat untuk  mendetoks tubuh kita dari sisa-sisa makanan dengan mengkonsumsi  buah-buahan dan sayuran. Saya paling doyan yang namanya buah-buahan. Banyak sekali buah-buahan yang terdapat di bumi  Indonesia. Selain buah-buahan yang umum dan sering kita konsumsi, masih banyak sekali buah langka yang terdapat di daerah-daerah di aeluruh kepulauan nusantara yang mungkin belum pernah kita temui dan mengkonsumsinya. Pometia Pinnata Suatu hari  tante saya datang ke rumah saya sambil membawa sesuatu sebagai buah tangan Longan Papua Fruit Sambil menjinjing ke atas beliau bertanya, "Hayoo..., apa ini yang tante bawa?",  tanya tante kepada saya. Klengkeng Papua Saya mengernyitkan kedua kening sambil mengamati dengan teliti sesuatu tersebut. Oleh-oleh itu adalah  segerombolan beberapa rangkaian  buah  berwarna hijau bercak hi

Dahsyatnya Air Kelapa, Manfaatnya Semanis Rasanya

Assallamuallaikum  world.. Assallamuallaikum guys... Hallo guys.., apa kabar?   Semoga kalian semua  sehat terus ya?  Di masa pandemi ini selalu sempatkan berolah raga gunanya untuk menjaga metabolisme tubuh, agar  tetap terjaga sehingga tidak mudah sakit. Fresh Green Coconut Saat tubuh  kalian merasa lelah setelah beraktivitas seharian, minum saja air kelapa muda, dijamin tubuh akan segar kembali, khasiatnya pun semanis rasanya. Siapa yang tak suka minum air kelapa muda?  Selain  sebagai pelepas dahaga karena sensasinya yang segar, air kelapa muda juga memiliki cita rasa manis dan gurih. Maka tak heran  bila air kelapa muda memiliki banyak penggemar.  Fresh Coconut Water Seperti kata orang Hawaii :  Air  kelapa adalah "embun dari surga" Air kelapa muda banyak dipilih masyarakat, karena konon dapat meningkatkan stamina tubuh.   Green Coconut Tree Coconut On Tree Cocos Nucifera  adalah  nama ilmiah nya  atau yang lebih kita kenal dengan nama kelapa ini merupakan tanaman