Langsung ke konten utama

Sensasi Kerupuk Sebagai Pelengkap Makanan

Assallamuallaikum world... Assallamuallaikum guys... Jumpa lagi guys...  Apa kabar kalian semua?    Semoga keadaan kalian semua baik-baik saja dan sehat tidak kurang suatu apapun. Various of  Indonesian Traditional crackers  Guys..., seperti kita ketahui  kerupuk merupakan jenis makanan ringan pelengkap  yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.   Umumnya penikmat kuliner mengkonsumsi kerupuk bersama makanan utama atau hanya sekedar dijadikan camilan.atau snack.  Meskipun bentuknya yang sederhana ringan tetapi makanan ini memilliki rasa sensasi yang gurih dan juga sedap.  White Kerupuk Indonesian traditional crackers Indonesian traditional crackers Kerupuk Uyel Popular  as kerupuk warung. Indonesian traditional crackers. Kerupuk Palembang is made from starch and  fish mackarel.  Red crackers, or kerupuk merah made from tapioca flour. Usually served accompanied  for lontong sayur Padang  (Minangnese Vegetable Curry) Siapa sich yang tidak doyan dengan kerupuk?  Bahkan b

Selasih Kecil Imut Bentuknya, Besar Manfaatnya

Assallamuallaikum world...
Assallamuallaikum guys...

Jumpa lagi..,  semoga kalian dalam keadaan  sehat semuanya.

Guys  buat kalian yang suka makan es buah, pasti tahu, lekat banget dan nggak asing lagi dengan biji selasih. 

Basil Seeds

Bij  selasih atau dalam bahasa Inggrisnya Basil Seed  itu masih satu keluarga dengan  Chia Seed tapi masing-masing biji berbeda ya guys?

Biji Selasih
 
Biji Selasih berasal dari  India dan Mediterania
Biji selasih didapatkan dari tanaman Selasih atau Basil  yaitu semacam tanaman yang berasal dari  keluarga Sweet Basil semacam  kemangi  dan daunnya sering digunakan sebagai bumbu

Dikenal dengan nama latin Ocimum basilicum,tanaman basil berikut biji-bijiannya 

mengandung beragam senyawa aktif, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.

Es Campur, Indonesian Cold Dessert, mixed of red ruby pearls,  jelly bubbles, pandanus noodle jelly, and basil seeds in sweet coconut milk soup 

Biji selasih di negara China dipercaya bisa untuk meredakan demam.  Ternyata bukan hanya itu guys,  masih banyak manfaat lain dari biji selasih.


Biji selasih selama ini sering digunakan sebagai bahan campuran dalam minuman dingin seperti es buah atau sirup manis.
Potongan buah berwarna  segar tampak semakin mengguggah selera dengan adanya biji selasih
 
Lime  Juice  with Basil Seeds


Biasanya  bila biji selasih diseduh dengan air panas maka nanti  bijinya  akan mengembang sedikit dan mengental.

Tapi tahu nggak guys?  Kalau biji selasih ini bukan  hanya sebagai pelengkap saja lho? Ternyata biji yang dihasilkan dari daun basil ini memiliki sejumlah  manfaat bagi tubuh kita 
salah satunya baik untuk pencernaan kita.

Tapi sebelum kita kepoin apa saja manfaatnya, yuk kita simak dulu beberapa fakta penting dan unik dari biji selasih ini.

Berikut adalah fakta  penting  biji selasih  yang  dijelaskan oleh dr. Christopher Andrian , Sp. Gk:

1. Biji selasih sebagai pengental alami.
Karena tingginya serat pada biji selasih berupa pektin itu dapat digunakan sebagai pengental alami dan dapat dipakai dalam bahan pembuatan kue  dan makanan.
2.  Biji selasih  dapat menurunkan berat badan
Karena selasih tinggi serat mengandung i zat pektin glukomanan yang sangat tinggii, maka selasih dapat digunakan sebagai makanan selingan atau snack time. Bila menggunakan selasih sebagai makanan pendamping, selingan snack time, maka akan membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menurunlan kalori pada orang yang sedang berdiet.

3. Biji selasih ampuh meredakan panas dalam.
Selasih mengandung Omega 3 yang cukup tinggi ALA (Alfa Linolenat Acid)

Biji Selasih mengandung Omega 3

Dalam.satu sendok makan selasih kira-kira 15 gram mengandung  ALA  1,2 gram sehingga potensi Omega 3  untuk menurunkan radang  atau  mengurangi inflamasi,  panas dalam itu sangat baik.
Sehingga bila mengkonsumsi selasih secara rutin bisa  berpotensi menurunkan panas dalam.

4. Biji selasih menurunkan resiko.penyakit jantung, kolestrol, dan diabetes.
Karena biji selasih mengandung serat tinggi, dan bila kita mengkonsumsi selasih secara teratur dapat meningkatkan asupan serat harian dan membuat gula dalam darah lebih stabil karena peran serat tinggi tersebut, sehingga baik untuk penderita diabetes.
Selain itu biji selasih juga mengandung omega 3 dan antioksidan  sehingga  dapat  menurunkan radikal bebas dalam darah dan berpotensi  untuk menurunkan resiko penyakit jantung.
Sebaiknya mengkonsumsi biji selasih jangan dicampur dengan  pemanis atau gula.

Biji Selasih mengandung serat tinggi, bila dikonsumsi rutin dapat menstabilkan gula darah 


5Mengkonsumsi biji selasih secara rutin dapat menjaga kesehatan pencernaan. 
Kita tahu biji selasih mengandung serat tinggi khususnya pektin dan  glukomanan.  Dengan mengkonsumsi biji selasih secara rutin dapat meningkatkan asupan serat harian kita sehingga dapat memperbaiki kerja usus,  mikrobiota  bakteri baik yang hidup dalam pencernaan dan juga dapat memperlancar buang air besar

6. Biji Selasih selain serat mengandung serat juga mengandung mineral yang sangat tinggi khususnya zat besi. Kita tahu bahwa zat besi  itu adalah bahan bakar dalam pembentuk sel darah merah.
Justru bagi penderita anemia atau kekurangan darah disarankan untuk mengkonsumsi selasih, tujuannya untuk mendapat zat besi yang baik dari biji selasih.  

Adapun manfaat biji Selasih :

1. Mencegah penyakit jantung. 
Dilansir dari buku  Sehat dengan hidangan Kacang dan biji-bijian, tahun 2009. 
Oleh Prof Dr Ir Made Astawan Ms,  bahwa  vitamin  K mempunyaii potensi dalam mencegah penyakit serius seperti jantung dan stroke. Hal itu dikarenakan  efek vitamin K dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah oleh faktor-faktor seperti timbunan plak kalsium. Selain itu kandungan flavonoid  yang cukup tinggi pada biji selasih dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Berdasarkan riset  membuktikan bahwa flavonoid dapat mengurangi resiko penyakit jantung. 

2. Baik untuk  kesehatan tulang.
Karena vitamin K serta berbagai mineral di dalamnya seperti zat besi, kalium, kalsium, tembaga, mangan, serta magnesium.
Tinggi nya kandungan Fe atau zat besi ,mangan dan magnesium didukung oleh jurnal berikut.
Vitamin K yang berkaitan dengan pengaturan protein, dan kalsium dalam tulang darah, Sementara mineralnya diperlukan untuk  menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. 
Menjaga  kekuatan dan kepadatan tulang adalah langkah penting untuk mengurangi resiko  osteoporosis.  Selain itu tulang yang padat juga akan membuat tubuh tetap kuat seiring bertambahnya usia. 

3.  Mencegah kanker. 
Asam lemak Omega 3 dan Polyfenol serta flavonoid sebagai senyawa antioksidan pada biji Selasih terbukti dapat mengurangi produksi radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapar berperan dan mencegah dan melawan  sel kanker.

Hal ini didukung oleh penelitian yang memperoleh hasil yaitu  kelangsungan hidup sel kanker semakin berkurang seiring bertambahnya kosentrasi ekstrak biji selasih yang diberikan.

4.  Baik untuk penderita diabetes. 
Asam lemak Omega 3  identik dengan ikan berlemak, padahal biji selasih pun mengandung nutrisi ini dalam jumlah yang banyak.
1 sendok makan atau sekitar 15 gram biji  selasih  saja sudah dapat memberi asupan asam lemak Omega 3 yaitu sekitar  1240 mg dalam bentuk asam alfa lenoleat.
Tubuh membutuhkan asam alfa lenoleat untuk memproduksi energi. 

 Dan hal ini juga bermanfaat  untuk mencegah peradangan pada tubuh dan menurunka resiko sejumlah penyakit,  termasuk penyakit jantung dan Diabetes tipe 2

5. Baik untuk penglihatan .
Karema  biji selasih yang kaya vitamin A dapat menjaga fungsi penglihatan. Selain itu biji selasih juga memiliki senyawa  Zeaxanthin yang termasuk kelompok senyawa flavonoid karotenoid berwarna kuning.  
Zeaxanthin merupakan senyawa yang secara selektif dapat diserap oleh retina macula lutea untuk memfilter  bahaya sinar UV mencapai retina.

Beberapa studi menyarankan bahwa biji selasih dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit macula  yang khususnya diderita oleh orang-orang lanjut usia.

6. Merawat kesehatan dan kecantikan kulit.
Biji selasih mengandung banyak antioksidan di antaranya senyawa polyfenol,  flavonoid, orientin, dan vicentin.
Senyawa-senyawa ini mampu  memelihara kesehatan kulit dengan cara menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel.kulit. 

Biji Selasih mengandung serat tinggi
dan antioksidan


Kerusakan kulit akibat radikal bebas bisa berimbas pada terbentuknya keriput pada kulir  flek hitam, kemerahan, serta tanda penuaan dini  lainnya. Konsumsi biji selasih membantu mencegahnya sekaigus merangsang pembelahan sel-sel kulit menjadi kulit baru 

7. Sumber Antioksidan .
Biji selasih yang mengandung senyawa  polyfenol dan flavonoid dalam jumlah yang bamyak  dapat menjadi salah satu makanan sebagai sumber antioksidan.
Sebagai antioksidan, senyawa -senyawa tersebut berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

8. Menurunkan jumlah kolestrol.
Konsumsi  minyak biji selasih berpotensi menurunkan kolestrol serta  LDL ( Low Density Lipoprotein) 
LDL adalah kolestrol jahat yang dapat memicu timbunan plak pada pembuluh darah.

Biji Selasih menurunkan kolestrol jahat

Biji selasih kaya serat dan antioksidan. sehingga  asupan serat bergunat untuk menjaga jumlah  kolestrol  normal sedangkan antioksidan melindungi pembuluh darah. dan mencegah pembentukan plak. Keduanya berperan dalam menurunkan resikò stroke dan penyakit jantung.

9. Menjaga sistem pencernaan dan  diet. 
Biji  selasih mengandung serat prebiotik yang disebut pektin.
Salah satu fungsi prebiotik adalah meningkatkan bakteri baik dalam usus. Bakteri-bakteri ini membantu proses pencernaan serta  mencegah penyakit pada saluran cerna  akibat bakteri jahat. Tidak hanya itu, pektin juga dapat menunda pengosongan lambung dan meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa kenyang.  Selain menjaga pencernaan tetap sehat, pektin pada biji selasih juga  membantu mengendalikan nafsu makan. Oleh karena itu biji selasih dapat  ditambahkan dalam menu harian terutama bagi yang menjalankan program  diet.

10. Meningkatkan fungsi imun.
Biji selasih dapat membantu meningkatkan sistem imun karena biji selasih juga memiliki sifat anti mikroba atau anti bakteri. 
Hasil penelitian menyebutkan bahwa ekstrak biji selasih dapat melawan 9 bakteri patogen, namun  hal tersebut masih diperlukan kajian lebih mendalam. 

Nah guys itulah manfaat biji selasih bagi kesehatan juga untuk  kecantikan.

Jadi guys , kalian bisa mulai mengkonsumsi biji selasih  dalam menu harian atau sebagai makanan pendamping.

Agar  kita bisa mendapatkan manfaat  penuh  dari biji selasih,  berikut adalah tips-tips  dari 
dr. Christopher  Andrian, Sp Gk ahli gizi :

1. Biji selasih harus dilarutkan dalam air, 
Takarannya yaitu  1 sendok makan biji selasih dapat dilarutkan  kurang lebih  dalam  200 ml air.

Basil Seeds Soaks

2.  Selasih dapat digunakan sebagai camilan yaitu dapat dikonsumsi bersamaan dengan es buah untuk mendapatkan  sumber serat  yang lebih baik dalam makanan selingan tersebut 

 Es Dawet Telasih, Indonesian Cold Dessert, in Solo (Surakarta) a mixed of pandanus noodle jelly, jackfruit, black glutinous rice and basil seeds in sweet coconut milk soup

3.  Tidak menambahkan gula atau pemanis buatan secara berlebihan pada biji selasih karena dapat meningkatkan asupan kalori khisusnya bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan

Biji selasih dapat diolah menjadi ramuan untuk beberapa penyakit. 
Berikut beberapa ramuan biji selasih.

Biji Selasih untuk obat radang lambung.
Caranya :
  • Ambil 3 :Sendok makan biji selasi 
  • Rebus biji selasih dalam air. 
  • Masukan 1 Sendok makan madu. 
  • Minum air selasih ketika hangat 2X sehari saat pagi dan malam hari.


Bii Selasih untuk meredakan gangguan pernapasan seperti penyakit Astma dan Bronchitis.

Caranya :
  • Rebus potongan jahe bersama biji selasih direbus dengan segelas air.
  • Setelah dingin saring airnya tuang dalam gelas
  • Tambahkan  madu 
  • Minum ramuan ini secara rutin setiap hari.



Biji Selasih untuk meredakan sakit kepala Caranya :
  • Seduh biji selasih dengan air panas kemudian tiriskan. 
  • Rebus  potongan jahe.
  • Campur seduhan biji selasih dengan air rebusan jahe minum setiap  hari .



Nah demikianlah  guys, teman-teman  semua,  fakta dan manfaat dari  biji selasih.

Oke sekian dulu,  semoga bisa bermanfaat bagi  siapa saja yang membutuhkan.

Bila ada kesalahan saya mohon maaf, saya hanya sekedar berbagi informasi yang saya dapat dari berbagai sumber.

Akhir kata... tetap  sehat tetap semangat..
Jaga kesehatan kalian semua...

Stay safe...
Stay healthy....



Source  :
-Life StyleOne
-Wonderfood NET
-Klikdoc.com

























Komentar

  1. Wuah, ngga nyangka ternyata si imut-imut ini punya segudang manfaat kebaikan ya ... .
    Sangat rekomen buat orang yang sering kolesterolnya tinggi.
    Pertamakali aku menamainya dengan 'andeng-andeng' , wwwkkk .. karena mirip banget sama bentuk tahi lalat
    ⁽⁽ଘ( ˊᵕˋ )ଓ⁾⁾

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tenyata si mut hitam menik menik ini punya banyak manfaat.🙂
      What? awalnya dikasih naman andeng-andeng? 😱Astagaa..!! Makan andeng-andeng dong? Wkwkwkwk..😂jadi ngakak
      bisaa...aja dinamain andeng-andeng..? lucu.. euy .😅
      Tapi .. eh iya juga bentuk imut selasih ini sebelas dua belas sama tahi lalt..😀

      Hapus
    2. ಠ ೧ ಠ huahaha ...lebih baik dinamai andeng-andeng ya .., daripada komedo, *eh ¯\_ಠ_ಠ_/¯

      Kalau si imut-imut ini aku yakin dikotanya sista tinggal mudah ditemui, baik di pasar tradional juga di pasar swalayan, yeikan ?

      Hapus
    3. Wkwkwkwk...😅dinamain andeng-andeng?? Aduuh..😱 rasanya kerih bagaimana begitu kalau bayangin makan andeng-andeng.😂
      Tapi iya juga sich daripada namanya komedo? Wkwkwkwk..
      Oh yes ..you are right ..👌
      Si imut selasih ini mudah banget ditemui di kota ku. di warung, di toko bahan kue juga swalayan..
      Dan harga selasih ini murah meriah di kantong..
      Tapi aku dulu sempat nggak suka lbo sama selasih.. kadang aku telan kadang aku lepeh..wkwkwkwk..😅
      Tapi sekarang setelah tahu manfaatnya.. aku mau beli biji selasih buat stok di rumah..😀

      Hapus
    4. Hahaha .., da ada aja yaa si Himawan Sant bocah cilik dulu ngistilahin nama benda atau makanan suka aneh - aneh, deeh (☉。☉)!→

      Loh napa sih kok dilepehin ?, kan enak rasanya ..., kayak ada sensasi kleyer-kleyer gitu saat meluncur ke terowongan kerongkongan (●´⌓`●)

      Hapus
    5. Wkwkwkwk... iyaaa...😅 ada-ada aja Himawan kecil dulu namain selasih jadi andeng-andeng..? 😂 Iyaaa... dulunya aku sering ngelepeh biji selasih karena.. aku bayanginnya ngerasa seperti lagi makan biji jambu biji.. takut kena usus buntu. padahal jelas beda kan? Wkwkwk 😂 Kalau biji selasih yang imut dingin di terowongan tenggorokan ini sudah pasti aman dan sehat bagi usus..👌 😀

      Hapus
    6. Nah tuh tau beda antara biji selasih dan biji jambu ...
      Dari teksturnya saja sangat berbeda bukan ?

      Hapus
    7. Iyaaa...😀 sebenarnya aku sudah tahu perbedaan tekstur antara biji selasih dan biji jambu biji. Hanya yang namanya orang paranoid ya begitu sudah takut duluan biji kecil-kecil semua apa aja disamakan dengan biji jambu biji. ..padahal. beda..😅

      Hapus
  2. Baru tau kalo ternyata selasih punya segudang manfaat. Padahal selama ini taunya cuma sebagai pelengkap minuman dingin doang.

    Nggak nyangka deh, biji selasih bisa mencegah kanker, penyakit jantung, kolestrol dan banyak lagi lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar selama ini kita semua mengira bahwa selasih hanya sebagai pelengkap ea campur, es dawet, atau minuman dingin laiinnya. Ternyata di balik itu biji selasih punya banyak manfaat👌
      Iya biji selasih bila dikonsumsi rutin bisa mencegah penyakit jantung, kolestrol, dan mestabilkan gula dalam darah bagi penderita diabetes. So jangan ragu untuk mengkonsumsi rutin selasih.😀

      Hapus
  3. Esta genial todo lo que aprendemos de las hierbas contigo , es cierto que cada una de ellas tiene una cura , y al menos son productos sanos del campo . Un placer leerte. Besos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento y opinión.🙏🙂
      Sí, cada planta herbal tiene ventajas y beneficios, es decir, como remedio para diversas enfermedades. Ese es todo el poder de Dios para crear plantas con su propia singularidad y fortalezas y convertirse en productos saludables que provienen de la naturaleza. Gracias por disfrutar leyendo mi publicación.
      Que tengas un buen día
      Beso amistoso🌺🌺🌺
      Saludos.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Thank you for your appreciation.
      Hopefully this post can be helpful and useful for everyone
      Have a nice day🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
    2. For me this post is very useful and helpful:) Thanks ;)

      Hapus
    3. You're welcome..
      Thank you very much for your appreciation..
      Hopefully you can get all benefits and useful of basil seeds..
      Have a great day..🌺🌺🌺
      Regards..

      Hapus
  5. No conocía esas semillas al igual que sus beneficios, siempre das información muy importante y completa amiga Justcherry gracias por compartir, un abrazo y se feliz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por el agradecimiento 🙏🙂
      Sí, es cierto que estas pequeñas semillas de albahaca tienen muchos beneficios para la salud del organismo.
      De nada, Jorge, espero que sea de utilidad para todos.
      Abrazo de amistad.
      Sea feliz
      Ten un día maravilloso
      Saludos

      Hapus
  6. Don't think I have tried this!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for your visit here..
      Basil seeds have many benefits and useful for health of body.
      Please try it someday...
      Have a nice day🌺🌺🌺
      Regards..

      Hapus
  7. Muy interesante la información que compartes, lo temdré en cuenta!
    Que pases un buen fin de semana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu apreciación🙏
      Me alegra que recuerdes que estas semillas de albahaca son muy útiles y beneficiosas para la salud del organismo.
      Ten un buen dia🌺🌺🌺
      Mantente a salvo, mantente saludable🙂
      Saludos

      Hapus
  8. No conocía las semillas de albahaca aunque por las fotos parece lo que en mi país decimos Chia . Gracias por esa entrada tan completa . Me dio muchas ganas de probarlas . Te mandoun beso y te deseo un buen fin de semana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento 🙏🙂
      Sí, tal vez estas semillas de albahaca no te sean familiares. Lo entiendo. Las semillas de albahaca todavía pertenecen a la misma familia que las semillas de chía. Pero ambos tienen diferencias.
      Feliz si quieres probarlo alguna vez.
      Gracias por tu beso amistoso
      Que tengas un buen fin de semana
      Saludos.

      Hapus
  9. Selasih ini Lhamdulillah masih mudah ditemukan. Di warungw masih dijual, satu bungkusnya hanya 500 rupiah 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar biji selasih masih mudah ditemukan di warung atau toko. 👌
      Oh ya? sebungkus kecil cuma 500 rupiah?. Wouw...muraaah bangeett... mantap kali👌😀

      Hapus
    2. di tempat mbak nya berapa harga selasihnya ? hihih

      Hapus
    3. Berapa ya? kapan itu aku lihat di toko bahan kue kalau nggak salah sebungkus selasih dengan berat kurang lebih 250 gram itu harga nya sekitar 5 ribu rupiah mas Dodo.
      Ayok.. kita sering konaumsi selasih yok biar makin sehat 😀

      Hapus
  10. Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation.🙏🙂
      Glad to know you love them very much.
      Yes basil seed have many benefits and useful for our healthy.
      Have a great day..🌺🌺🌺
      Regards..

      Hapus
  11. saya suka bgt euy kalau biji selasih udh dijadikan toping minuman2 dingin,, segeeeer..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mas Bara, biji selasih ini memang paling cocok sebagai topping pelengkap dessert dingin seperti es campur , sop buah dsb..Sensasinya menyegarkan 👌

      Hapus
  12. Sudah lama gak minum pake selasih biasanya kalau lagi panas dalam saya minum ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh sudah lama nggak konsumsi selasih ya mbak Iidyanie?
      Untuk panas dalam hasilnya efektif ya? Mantap 👌
      Ayok mbak segera kita konsumsi selasih mumpung si imut imut selasih ini harganya murmer.., murah pake banget. dan banyak manfaatnya.🙂

      Hapus
  13. Ini biji kesukaan... hahaha... apalagi kalau diminum sama Es Kuwut wahhh.. Seger banget sih.. Jadi pengen minum es kuwut, cuma disini cuacanya tiap hari lagi hujan terus..
    Awalnya saya kira ini tuh biji markisa.. haha ternyata pas nyari biji selasih agak bingung karena bentuknya kaya biji wijen dibungkus di plastik kering lagi.. ehhh ternyata harus di rendem dlu biar kenyal2 itu keluar...

    Keren sih kalau tau ternyata manfaat besar banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh ternyata suka juga sama biji selasih ini mas Bayu?
      Btw.. Es Kuwut itu terdiri dari kelapa muda, madu, jeruk nipis dan biji selasih ya? Wah segar pastinya👌
      Oh waktu nyari terus beli, kaget ya kok biji selasih nya itu kering dibungkus?wkwkwkwk..😅
      emang biji selasih harus direndam dulu biar mekar dan kayak ada lapisan jelly bening gitu...
      Keren ya biji selasih meski imut banyak manfaatnya..

      Hapus
  14. Terima kasih banyak atas postingan menarik tentang biji selasih. Saya sangat suka daun kemangi karena rasa dan baunya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome
      Thank you also for your appreciation 🙏🙂
      Senang mengetahui anda juga menyukai daun basil dan aroma nya.
      Semoga anda mendapatkan manfaat biji basil beserta aroma nya.
      Semoga hari anda menyenagkan
      Salam

      Hapus
  15. Very interesting post!! Thanks for sharing!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome..
      Thank you very much for your appreciation and opinion 🙏🙂
      Have a nice day..
      Regards..

      Hapus
  16. Me encanta la albahaca y ese olor fresco que tiene.
    Un abrazo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gracias por tu apreciación🙏🙂
      Sí, es cierto que el aroma de las hojas frescas de albahaca es perfecto para comer.
      ¿Has probado alguna vez estas semillas de albahaca?
      Los beneficios de las semillas de albahaca son muy buenos para la salud.
      Un abrazo
      Que tengas un buen día🌺🌺🌺
      Saludos

      Hapus
  17. I haven't heard of basil seeds. Basil leaves are popular in Poland.
    Have a wonderful day :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation🙏🙂
      Happy basil leaves are popular in Poland, Hanna
      Basil seeds are very good for health.
      Hopefully one day we can taste the benefits of basil seeds
      Have a wonderful. day🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  18. O nosso país é um imenso laboratório.
    Nossa fauna, a mesma que nos mata,
    também nos cura, quer dos males do
    corpo, quer dos males da alma. Esta
    última, no entanto, tem como um grande
    aliado o coração de cada um.
    Um beijo e bom dia.
    "ESTOU SEGUINDO O SEU BLOG.
    Siga o meu também".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obrigado pelo seu apreço 🙏🙂
      O mundo das ervas é muito amplo e traz muitos benefícios para a saúde humana.
      Obrigado por me seguir.
      Eu vou te seguir atrás.
      Tenha um bom dia
      Saudações

      Hapus
  19. I am sure that the Indonesian cold dessert, which I can see in your post, is delicius. I would have never thought of a drink made with lime Juice and basil seeds. I'll give it a try. I have heard of basil leaves but not of seeds. It sounds interesting. We, Italians, make a sauce with young, small basil leaves plus garlic, olive oil, pine nuts and parmesan cheese.

    https://cookieandkate.com/how-to-make-basil-pesto/

    Thanks again for visiting my blog and leaving such a kind comment :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation. 🙏🙂
      Yes it's trueb, this cold Indonesian dessert which uses basil seeds as a topping is very tasty and refreshing.
      Please try lime juice mixed with basil seeds. You will get the benefits.
      Yes, it is a spexific Italian food which is famous for its rich seasoning of garlic, oregano, basil and lots of cheese sprinkles such as spaghetti, lasagna, pizza, I really like it.👌🙂
      You're welcome, thank you for visiting and your comments on my blog.
      I really appreciate it

      Have a wonderful.day
      Regards.

      Hapus
  20. Kolejna bardzo ciekawa lekcja,za którą bardzo dziękuję.
    Liście bazylii bardzo często wykorzystuję w naszej kuchni ale nasiona to dla mnie nowość. Wykorzystam Twoje podpowiedzi .
    Pozdrawiam serdecznie :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dziękuję za uznanie i opinię🙏🙂
      Cieszę się, że w kuchni używasz też dużo liści bazylii.
      Proszę, pewnego dnia możesz spożywać nasiona bazylii jako deser tostowy i napój.
      A otrzymasz korzyści z nasion bazylii.
      Dziękuję za skorzystanie z mojej podpowiedzi.🌺🌺🌺
      Miłego dnia
      Powodzenia ..
      pozdrowienia

      Hapus
  21. Wawww ternyata segitu banyaknya ya manfaat selasih. Dulu awalnya tuh aku g bisa bedain selasih sama chia seed, aku pikir sama hahhaha.

    Aku biasa pake selasin buat bikin puding atau ga ya paling umum buat es, kalau pas nggigit itu ada kenikmatan tersendiri gitu hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mbak Ursula , biji selasih juga mempunyai banyak manfaat nggak kalah dengan Chia seed.
      Iya awalnya aku juga ngira selasih itu chia seed, ternyata selasih berbeda dengan chia seed. hehehe😅
      Oh enak itu mbak kalau puding dikasih campuran biji selasih..
      Apalagi kalau selasih dibuat sebagai topping es campur atau minuman dingin..mantap banget ..👌😀

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Aku tuh agak susah ngebedain chia seed dengan selasih kalo sepintas. Krn sbnrnya mirip. Dulu di kantor, ada temen yg rutin minum chia seed , cuma direndam air, trus minum. Aku ikutan deh, awalnya agak geli2 gimanaaa gitu. Gerenyel2 soalnya hahahah

    Tapi skr udh biasa sih.

    Nah kalo selasih, aku LBH suka dijadiin campuran minuman kayak es buah mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Fanny, sama aku juga tadinya susah ngebedain chia seed dan selasih. 😀
      Iya kalau pertama minuman air yang direndam rasanya pasti aneh ya? Hehehe..
      Kalau chia seed aku belum pernah nyoba, selama ini hanya selasih aja.
      Iya paling cocok memang selasih dicampur atau dibuat topping es buah.. mantap rasanya👌🙂

      Hapus
  24. Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation 🙏🙂
      This si not Chia seed but it is Basil seed.
      Both of them have many benefits and useful for health.
      Have a nice day..🌺🌺🌺
      Regards...

      Hapus
  25. Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation 🙏🙂
      Have a nice day..
      Regards..

      Hapus
  26. ini favorit aku
    dulu pas kecil kukira telur katak mbak ahahaha
    tapi emang enak dan banyak banget manfaatnya
    aku suka kalau sama es melon atau timun suri
    pas puasa kemarin sering buat
    nikmat pokoknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ternya selasih ini favoritnya mas Ikrom ya? Hehehe..
      Oh what? dulu dikira telur katak 😱 ? . Astaga..! bayangin makan telur katank dong? Wkwkwkwk😂
      Bisaa aja... istilahnya...😅
      Iya selasih memang selasih paling cocik di buat campuran dalam es buah apa saja selain enak dingin nikmatb juga menambah manfaatnya..👌

      Hapus
  27. Saya suka kemangi 😍
    Saya tidak tahu bahwa itu memiliki begitu banyak khasiat yang baik untuk tubuh ...
    Saya menyukainya sebagai bumbu masakan, tetapi saya tidak tahu apakah saya menyukainya dalam minuman - sulit bagi saya untuk membayangkannya ...
    Salam pembuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for your appreciation 🙏🙂
      Basil seed atau biji selasih memang sangat banyak manfaatnya.
      Bukan seperti yang anda bayangkan Lili, yang anda gunakan dalam masakan itu daun dasilnya. Sedangkan ini biji basil yang biasa digunakan dalam dessert dan minuman dingin.
      Bila suatu hari anda mengkonsumsi biji selasih ini pasti anda akan merasa manfaatnya bagi keaehatan anda.👌
      Have a nice day...🌺🌺🌺
      Regards..

      Hapus
  28. Es muy interesante lo que cuentas respecto al uso de estas semillas y las propiedades para la salud. Se agradece tu sabiduría.
    Saludos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento..🙏🙂
      Sí, es cierto que las semillas de albahaca tienen muchos beneficios para la salud.
      Ojalá algún día puedas degustar semillas de albahaca en el postre o en bebidas frías.
      Que tengas un gran día🌺🌺🌺
      Saludos..

      Hapus
  29. Wow, banyak sekali manfaat dari biji selasih, padahal kalo aku beli es buah, biji selasih nya kadang aku buang karena ngga suka.

    Ternyata manfaatnya banyak sekali ya, bisa untuk penglihatan juga karena mengandung vitamin A, belum lagi manfaat lainnya seperti anti oksidan, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol juga, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau makan es buah biji selasihnya kok dibuang? wkwkwkwk...😀
      Iya benar banyak banget manfaat biji selasih..

      Hapus
    2. Kan waktu itu belum tahu kalo biji selasih banyak manfaatnya mbak fidy.😂

      Btw, kalo beli minuman Coco di minimarket kadang ada biji selasih nya juga ya

      Hapus
    3. Oh iya saat itu belum tahu manfaat nya selasih jadi dibuang ya?😅
      Iya minuman nata de coco kadang ada selasihnya. Aku jarang beli juga hehehe..
      Paling enak ya selasih dibuat topping es teler atau sop buah.

      Hapus
  30. Oh thank you so much for this fabulous post...I had no idea that basil seeds had so many positive health benefits! I must buy some next time I go food shopping!😊😊

    Have a super day!

    Hugs xxx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Very interesting post! I reach for basil leaves a lot, but never tried seeds. I had no idea they were so healthy! Thank you for the information :)

      Hapus
    2. @Ygraine =
      You're welcome ..😊
      Thank you very much for your appreciation, my dear friend Ygraine ..🙏🙂
      Yes, it's true behind this cute little look; Basil seeds have many positive health benefits.
      Wait .. I'll come with you to go shopping for food ?. Is it okay?😅
      Hopefully you will get the food you want.
      Have a wonderful day 🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
    3. @Rodzinatestuje =
      Thank you very much for your appreciation.🙏🙂
      Glad you use a lot of basil leaves.
      Yes, basil seeds have many health benefits.
      Hopefully one day you can taste the basil seeds and their benefits.
      Have a great day🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  31. Pos yang sangat menarik dan penuh dengan pengetahuan. Saya belajar banyak perkara menarik dan baru daripadanya. Saya belum berpeluang mencuba biji selasih, tetapi saya sudah tahu ia berbaloi
    Salam sayangku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your apreciation 🙏🙂
      Saya senang anda antusias dengan basil seed. ini. Saya sangat menghargainya 🙏
      Semoga suatu haru anda dapat mencicipi basil seed dan merasakan manfaatnya.👌🙂
      Have a wonderful day..🌺🌺🌺
      Regards


      Hapus
  32. jadi mau nanam bibit selasih, he-he

    kecil memang tapi manfaatnya ternyata tiada duanya, luar biasa, info yang bermanfaat teh

    salam kenal yak, asik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak Koanyu... lama nggak muncul di dunia blog ya?
      Welcome back to blogger..
      Makasih atas apresiasinya..🙏
      Iya biji selasih kecil tapi banyak manfaatnya..
      Salam kenal kembali kak..😀
      Ini blog baru saya .kak..
      Nanti kak Koanyu juga akan ingat dan tahu siapa saya dulu sering blog walking juga ke blog kak Koanyu..

      Hapus
  33. Wow.. baru tempe ternyata manfaatnya banyak banget ya.. biasanya sih konsumsi selasih pas kalo beli es campur, es teler, teh leci, or sop buah.. selebihnya jarang 😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk....😅 wouw.. baru tempe ya? tahu nya mana ?😂
      Iya bener kecil imut bentuknya, banyak manfaatnya..
      Sama sebenarnya aku juga jarang konsumsi selasih kecuali kalau lagi makan es campur, sop buah... tapi setelah tempe...eh tahu manfaatnya aku jadi pingin sering beli selasih, direndam dan diminum...
      Makasih bang Richie sudah mampir ke blog ku 🙏😊

      Hapus

  34. Hai, saya bukan penggemar benih. Tapi saya yakin mereka sangat baik untuk kesehatan. Saya pernah mendengar tentang biji selasih dengan sangat baik. Saya sangat menikmati membaca publikasi Anda

    Tetap bahagia dan dalam kesehatan yang baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muito obrigado pelo seu agradecimento.🙏🙂
      Sim, é verdade que as sementes de manjericão têm muitos benefícios positivos para a saúde
      Obrigado se você gosta de ler a publicação do meu artigo.🙏

      Fique feliz e com boa saúde.
      Tenha um bom fim de semana Ssaudações

      Hapus
  35. Boa tarde. Fiquei impressionado com a matéria e informações. Amo manjericão. Sementes nunca provei. Bom final de semana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boa tarde
      Muito obrigado por sua apreciação e opinião.. 🙏🙂
      Fico honrado se você está impressionado com o material e as informações deste artigo. Mais uma vez, muito obrigado.🙏
      Espero que um dia você possa saborear as sementes de manjericão e seus benefícios.

      Tenha um bom fim de semana.
      Saudações.

      Hapus
  36. Ciao cara. Tutto bene? Spero di sì! Le notizie che arrivano dal mondo sono proprio brutte, ma spero che da te sia tutto a posto. Ti lascio un saluto e un sorriso. ❤🌹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciao caro Vivi ...
      Sì, grazie a Dio sto bene qui. Grazie mille per aver chiesto la mia condizione. 🙏🙂
      Spero che tu stia bene in Italia e in buona salute.
      Si spera che la situazione nel mondo migliori come prima.
      Buona giornata.
      Ti mando un abbraccio.🌺🌺🌺
      Saluti.

      Hapus
  37. Balasan
    1. Thank you for your appreciation 🙏🙂
      Regards

      Hapus
  38. Salah satu favorit istri kalau lagi berkreasi. Awalnya rada aneh lihat bentuknya tapi bikin adem katanya. Jadi mulai suka juga. Terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama 🙏
      Mantap berkreasi dengan selasih dan menjadi favorit mas Adi dan istri.
      Meski kecil selasih besar manfaatnya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Phoenix Dactylifera (Kurma) Yang Kaya Manfaat

Assallamuallaikum guys..., good people..., Semoga sehat - sehat ya semuanya. Tak terasa puasa sudah sampai pada penghujung bulan Ramadhan.  Semoga puasa kita semua selama bulan Ramadhan diterima Allah SWT.  Semoga  kita masih diijinkan bertemu bulan Ramadhan kembali tahun depan.  Amin. Fresh Young  Dates Palm Kurma Muda Kali ini saya akan membahas tentang  Phoenix  Dactylifera.  Apa  itu Phoenix Dactylifera ?   Itu adalah nama latin dari Dates Palm atau yang dikenal dengan kurma. Young Dates Palm Kurma Muda Buah kurma memiliki tidak kurang dari 200 macam jenis kurma. Dari berbagai macam jenis kurma, ada salah satu jenis kurma yang paling populer yaitu kurma  Ajwa atau yang dikenal dengan nama kurma Nabi. Karena kurma Ajwa adalah kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma Ajwa source :shutterstock.com Bentuk dan kualitas kurma Ajwa lebih unggul dari  kurma-kurma lainnya. Tentu saja harga kurma Ajwa pun lebih mahal ditinjau dari kualitas dan khasia

Unik Ada 3 Rasa Dalam Pometia Pinnata

Assallamuallaikum  world... Assallamuallaikum  guys good people.. Sehat-sehat saja semuanya? Setelah lebaran begini adalah saat yang paling tepat untuk  mendetoks tubuh kita dari sisa-sisa makanan dengan mengkonsumsi  buah-buahan dan sayuran. Saya paling doyan yang namanya buah-buahan. Banyak sekali buah-buahan yang terdapat di bumi  Indonesia. Selain buah-buahan yang umum dan sering kita konsumsi, masih banyak sekali buah langka yang terdapat di daerah-daerah di aeluruh kepulauan nusantara yang mungkin belum pernah kita temui dan mengkonsumsinya. Pometia Pinnata Suatu hari  tante saya datang ke rumah saya sambil membawa sesuatu sebagai buah tangan Longan Papua Fruit Sambil menjinjing ke atas beliau bertanya, "Hayoo..., apa ini yang tante bawa?",  tanya tante kepada saya. Klengkeng Papua Saya mengernyitkan kedua kening sambil mengamati dengan teliti sesuatu tersebut. Oleh-oleh itu adalah  segerombolan beberapa rangkaian  buah  berwarna hijau bercak hi

Dahsyatnya Air Kelapa, Manfaatnya Semanis Rasanya

Assallamuallaikum  world.. Assallamuallaikum guys... Hallo guys.., apa kabar?   Semoga kalian semua  sehat terus ya?  Di masa pandemi ini selalu sempatkan berolah raga gunanya untuk menjaga metabolisme tubuh, agar  tetap terjaga sehingga tidak mudah sakit. Fresh Green Coconut Saat tubuh  kalian merasa lelah setelah beraktivitas seharian, minum saja air kelapa muda, dijamin tubuh akan segar kembali, khasiatnya pun semanis rasanya. Siapa yang tak suka minum air kelapa muda?  Selain  sebagai pelepas dahaga karena sensasinya yang segar, air kelapa muda juga memiliki cita rasa manis dan gurih. Maka tak heran  bila air kelapa muda memiliki banyak penggemar.  Fresh Coconut Water Seperti kata orang Hawaii :  Air  kelapa adalah "embun dari surga" Air kelapa muda banyak dipilih masyarakat, karena konon dapat meningkatkan stamina tubuh.   Green Coconut Tree Coconut On Tree Cocos Nucifera  adalah  nama ilmiah nya  atau yang lebih kita kenal dengan nama kelapa ini merupakan tanaman