Langsung ke konten utama

Sensasi Kerupuk Sebagai Pelengkap Makanan

Assallamuallaikum world... Assallamuallaikum guys... Jumpa lagi guys...  Apa kabar kalian semua?    Semoga keadaan kalian semua baik-baik saja dan sehat tidak kurang suatu apapun. Various of  Indonesian Traditional crackers  Guys..., seperti kita ketahui  kerupuk merupakan jenis makanan ringan pelengkap  yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.   Umumnya penikmat kuliner mengkonsumsi kerupuk bersama makanan utama atau hanya sekedar dijadikan camilan.atau snack.  Meskipun bentuknya yang sederhana ringan tetapi makanan ini memilliki rasa sensasi yang gurih dan juga sedap.  White Kerupuk Indonesian traditional crackers Indonesian traditional crackers Kerupuk Uyel Popular  as kerupuk warung. Indonesian traditional crackers. Kerupuk Palembang is made from starch and  fish mackarel.  Red crackers, or kerupuk merah made from tapioca flour. Usually served accompanied  for lontong sayur Padang  (Minangnese Vegetable Curry) Siapa sich yang tidak doyan dengan kerupuk?  Bahkan b

Fakta Khasiat Buah, Kulit Dan Biji Anggur

Assallamuallaikum world...
Assallamuallaikum  guys...

Hai guys... sehat ya semuanya..?
Ngomong-ngomong nich .., siapa sich yang tidak kenal dengan buah anggur?
Tampilan buah buah anggur  yang bernama latin  Vitis vinifera  ini tumbuh dengan  warna yang hijau, merah,  ungu  yang bergerombol dalam tangkai -tangkainya  sangat cantik eksotis  menarik mempesona ini pasti akan menggiurkan dan  menggoda siapa saja ingin mencoba menikmati nya. Dan saya yakin tak seorangpun yang akan menolaknya.

Anggur  adalah merupakan jenis tanaman perdu yang merambat dan termasuk ke dalam familia Vitaceae

Vitis vinifera

Buah  ini dikenal mengandung banyak senyawa polifenol dan senyawa resveratrol  sebagai antioksidan dan berperan aktif  dalam berbagai metabolisme tubuh serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. 

Grapes Plantation

Tanaman Anggur awalnya dulu
adalah tanaman liar yang kemudian menyebar ke berbagai Negara
dan dibudidayakan

Tanaman anggur awalnya dikenal dari jenis anggur liar yang tumbuh di sekitar pegunungan Kaukasus bagian Tenggara. Kemudian menyebar ke Asia kecil, Yunani dan Mesir.  Kemuadian dari Yunani menyebar ke daratan Eropa, Afrika Australia, Asia dan Amerika.

Vineyard

 Anggur  termasuk tanaman perdu

Anggur tergolong dalam familia Vitaceae

Budidaya anggur awalnya mulai dikenal di Timur Tengah pada  tahun 4000 Sebelum Masehi. Namun tekhnologi pengolahan anggur yang diolah menjadi minuman wine baru ditemukan oleh orang Mesir pada 2500 SM.
Tekhnologi budidaya pembuatan minuman anggur yang dikembangkan di Mesir meluas sampai ke kawasan Laut Hitam sampai Spanyol bahkan berkembang pesat di Jerman, Prancis dan Australia. 
Setelah masa kerajaan Romawi jatuh, Colombus membawa tanaman anggur ke Meksiko, Asia Selatan, Afrika Selatan, Australia dan California.

Purple Vineyard

Jenis anggur Vitis Vinivera dikenal sebagai anggur Eropa atau anggur  buah segar.
Sedangkan anggur jenis Vitis labrusca  disebut anggur Amerika atau anggur bahan baku minuman wine.
Beberapa negara membuka perkebunan anggur di Asia  misalnya perkebunan anggur  yang  telah dibuka di Thailand, Jepang, RRT dan Taiwan.

Tanaman anggur  diperkenalkan di Indonesia pada abad 17 oleh pemerintahan Hindia Belanda. 
Adapun daerah sentrum produksi anggur di Indonesia meliputi daerah Probolinggo, Pasuruan, Panarukan (Jawa Timur) Buleleng (Bali) dan Kupang NTT.
Dab sekarang budidaya tanaman anggur sudah menyebar di daerah-daerah lain di Indonesia.

Buah anggur   memang enak dikonsumsi langsung  karena kandungan air di dalam anggur cukup banyak sehingga baik untuk tubuh.

Fresh Raw Grapes

Grape Drink

Juice Anggur

  Selain itu  anggur juga digunakan untuk membuat minuman jus, jelly minuman , minyak biji anggur, kismis dan jenis minuman  (beralkohol) wine. 

Buah anggur sangat baik untuk  di makan baik ketika masih segar ataupun sudah kering.
 Anggur merupakan buah yang mudah dicerna dan dapat menyuplai gizi yang cukup.
Di samping tampilan buah anggur yang menggoda  dan menggiurkan, ternyata buah ini juga menyimpan beragam manfaat.
Anggir hijau  merah dan ungu sama-sama memiliki manfaat. Ketigaanya bisa dikonsumsi sebagai buah, makanan, minuman maupun sebagai obat.

Berikut ini adalah seputar fakta dan mitos yang ada pada masyarakat mengenai  buah anggur  yang juga telah  dijelaskan oleh 
dr. Ida Gunawan , M.S, SpGk.

1. Banyak yang berkembang dalam masyarakat bahwa buah anggur dapat mencegah penyakit jantung.
Apakah ini fakta atau mitos?
Jawabannya adalah Fakta.
Karena anggur kaya akan antioksidan, golongan dari  senyawa flavonoid namanya  Resveratrol. Selain itu juga ada golongan senyawa  quesertin. Kedua-duanya adalah antioksidanyang cukup kuat.  Resveratrol  yang paling banyak ada pada bagian kulit dan bijinya. Jadi kalau makan anggur hendaknya dengan kulit nya. 
Menurut penelitian pada anggur merah  1 porsi  kira-kira 180 gram anggur merah 15-18 butir)  mengandung 5mg - 10 mg  Resveratrol kulit  anggur segar.  
Paling tinggi terdapat pada buah anggur yang masih segar.

2. Buah anggur dapat mencegah breast cancer. ( kanker payudara) .
 Apakah ini mitos atau fakta?
Jawabannya adalah Fakta.
Pada penelitian  sel dilanjutkan pada penelitian membuktikan bahwa buah anggur yang paling bagus untuk  mencegah kanker  ini adalah jenis buah  anggur berwarna ungu bukan hitam. Ternyata  anggur ungu  ini sangat bagus sekali dalam.menghambat sel-sel carsinogenicTerutama untuk Breast Cancer dan Prostat.

3. Buah anggur mampu meningkatkan kesehatan ginjal.
Apakah ini mitos atau fakta?
Jawabannya adalah Mitos
Anggur sangat  kaya akan potasium dan kalium. Kandungan kalium  cukup tinggi yaitu 225 mg  kalium per 100 gram anggur artinya  selama fungsi ginjal seseorang bagus tidak masalah tidak berefek apa-apa, tetapi  bila ginjal seseorang sudah  bermasalah maka ini yang akan jadi masalah. Begitu penjelasan dr. Ida Gunawan, MS,SpGk.

4. Buah anggur bagus  untuk menghilangkan kerutan di wajah alias awet muda. 
Apakah ini fakta atau mitos? 
Jawabannya adalah Fakta.
Karena selain kandungan antioksidan nya  Resveratrol dan quesertin anggur kaya akan vitamin A, vitamin B1, B12, vitamin C dan vitamin E. Jadi vitamin-vitamin ini yang menangkal radikal bebas pada kulit.

5. Buah anggur tidak baik dikonsumsi  ibu  hamil. Apakah ini fakta atau mitos?
Jawabannya adalah iMitos.
Buah anggur kaya  akan  gizi. Pada 100 gram buah  anggur  mengandung gula 80%-90% gula buah yaitu fruktosa dan glukosa . Kandungan airnya juga tinggi dalam 150 gram buah anggur mengandung  120 ml air. Jadi kalau kita merasa haus dengan memakan buah anggur akan terobati dan sangat baik bagi kulit. 

6. Anggur dapat  memutihkan gigi secara alami.
Apakah ini mitos atau fakta?  
Jawabannya adalah Mitos.

7.  Buah anggur dapat menjaga kesuburan pria. Apakah ini mitos atau fakta?
Jawabannya adalah Fakta.
Karena antioksidannya sangat baik untuk memperbaiki  motilitas sperma. 

8. Buah anggur dapat meningkatkan gairah pasutri.
Apakah ini mitos atau fakta?
Jawabannya adalah Mitos.
Efek ini tidak ada pada buah anggur tapi mungkin ada pada minuman red wine karena efek alkoholnya.  Buah anggur di sini bukan untuk libido tapi untuk kesuburan karena antioksidannya  begitu penjelasan dr.Ida Gunawan M.S, SpGk

9. Konsumsi buah anggur dapat mengobati saluran pernapasan akibat asma.
Apakah ini mitos atau fakta?
Jawabannya adalah Mitos.
Buah anggur  yang memiliki  antioksidan Resveratrol dan quesertin, keduanya memiliki  antii inflamasi yang sangat baik. Anti inflamasi atau anti peradangan ini selalu dikaitkan dengan  reaksi alergi. Padahal untuk penderita asma reaksi alerginya bebeda.  Pencetusnya seperti alergen-alergen dari luar seperti debu atau cuaca dingin. Asma tidak bisa diobati dengan buah anggur.

10. Anggur dapat mengobati wasir.
Apakah ini fakta atau mitos?
Jawabannya adalah Mitos.

11. Anngur dapat melancarkan saluran pencernaan. 
Apakah ini fakta atau mitos? 
Jawabannya adalah Fakta.
Anggur sangat bermanfaat bagi saluran pencernaan karena anggur kaya akan serat yaitu dalam 100 gram anggur mengandung 1-2 gram serat, dan ini sangat bagus untuk melancarkan pencernaan apalagi bila buah anggur dimakan bersama biji dan kulitnya. 

12.  Anggur dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan anti virus.
Apakah ini termasuk fakta atau mitos?
Jawabannnya adalah Mitos.
Yang benar adalah zat antioksidan nya adalah  akan meningkatkan daya tahan tubuh kita dan membersihkan radikal bebas.

Pada 100 gram buah anggur memiliki 69 KCall,  Karbohidrat 18 gram, Gula 15, 4 gram. Ini artinya 80%-90% karbohidrat pada anggur itu komposisinya adalah gula dan fruktosa. Jadi harus berhati-hati untuk para penderita  diabetes.

Kandungan antioksidan resveratrol tertinggi terletak pada kulit  dan  biji anggur

Anggur mengandung polifenol yaitu senyawa pemberi warna cerah pada buah.
Kandungan  antioksidan  polifenol pada buah anggur  membantu memberi perlindungan dari penyakit  dan  kerusakan  akibat faktor lingkungan. serta membantu melawan radikal bebas.

Manfaat buah anggur  antara lain yaitu :
1Mengatasi  gangguan pembuluh darah dan jantung.
Kandungan polifenol di dalam buah anggur diyakini mampu mencegah  gangguan jantung, melawan radikal bebas, memiliki efek anti radang sehingga mampu menurunkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi dan aterosklerosis, serta menunjang funsi endotel.

2.. Mencegah penyakit kanker .
Kulit dan ekstrak biji buah anggur mengandung bahan alami yamg mampu membantu memperlambat dan mencegah berbagai jenis kanker termasuk kanker mulut esofagus, paru-paru endometrium, usus besar, pankreas dan prostat.

3. Mengurangi gejala insufisiensi vena kronis.
Selain mencegah kanker ekstrak biji buah anggur  juga bisa membantu mengurangi gejala insufisiensi , vena kronis seperti  kaki terasa berat, lelah, tegang, nyeri dan kesemutan. Menurut penelitian ekstrak daun anggur tertentu mampu mengurangi kaki bengkak setelah 6 minggu.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi.
Menurut penelitian kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah anggur  bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 
Buah anggur yang tinggi kandungan kalium yang membantu menghilangkan efek natrium dalam tubuh. Sehingga bisa mengurangi  tekanan darah tinggi.

5. Meningkatkan daya ingat.
Penelitian menunjukan bahwa buah-buahan yang akaya akan antioksidan bisa membantu mengurangi stres oksidatif  sehingga dapat memperlambat penuaan, meningkatkan kinerja memori  verbal dan fungsi motorik, serta mengatasi gangguan saraf otak misalnya pada penyakit Alzheimer.

6. Melindungi retina mata.
Menurut penelitian buah anggur yang dikonsumsi secara teratur bisa membantu mencegah terjadinya gangguan pada retina mata, misalnya generasi makula.
Mengkonsumsi ekstrak biji anggur juga dapat membantu mengurangi stres pada mata akibat melihat sinar yang terlalu terang. 

7. Memperlambat penuaan. 

Grape Juice

Buah anggur mengandung resveratrol  yang bisa membantu mencegah peyakit degenaratif, mengaktifkan gen panjang usia dan membantu sel hidup lebih lama. 
Selain itu buah anggur mengandung lemak tak jenuh ganda seperti asam lemak essensial linolenat yang berfungsi untuk mengurangi  peradangan pada kulit.

8. Perasan anggur  juga berkhasiat menurunkan panas tubuh, mengurangi batuk, juga membuat perut merasa nyaman.

9. Meminum segelas jus anggur sebelum tidur dapat membantu tidur nyenyak tanpa insomnia yang mengganggu.

10. Jus anggur juga baik untuk mengobati orang yang keracunan , keletihan dan dalam masa penyembuhan.

 Grape Smoothies 

Menurut para ahli  dalam penelitiannya :
Jus anggur harus segera diminum setelah pembuatannya karena jika didiamkan terlalu lama jus anggur akan berfermentasi  berubah mengandung alkohol dan akan menjadi minuman yang memabukkan. 

Dari semua jenis anggur merah,  hijau, dan ungu manakah yang paling sehat adalah yang berwarna yaitu merah dan ungu. 
Paling banyak penelitian di luar negeri dilakukan pada anggur merah. 

Fresh  Red Grapes

Dan pesan dari dr. Ida Gunawan M.S, SpGk yaitu :  
Bila kita mengmonsumsi  buah anggur,  bukan hanya makan daging buahnya saja tapi makanlah juga kulit dan bijinya, karena di situlah kandungan  antioksidan yang paling banyak.

Wine.
Wine merupakan sejenis minuman berakohol yang diperoleh dari fermentasi buah anggur.

Wine 

Seorang ahli cardiologi mengatakan bahwa minuman anggur wine khususnya red wine sebagai minuman pelengkap  saat menyantap hidangan, karena dipercaya dapat memperlambat waktu  pencernaan sehigga dapat merasa lebih cepat kenyang. 
Buah anggur diperkaya dengan zat antioksidan yang baik bagi tubuh,  Manfaat anggur ini kemudian diturunkan juga  ke dalam minuman Red Wine.

Red wine mengandung Resveratrol yaitu senyawa polifenol yang banyak terdapat pada  biji dan kulit anggur.

Olahan Anggur
Red Wine

Selain dipercaya dapat menurunkan berat badan, resveratrol merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk :
-Menurunkan kolestrol
- Melancarkan aliran darah.

Mengkonsumsi red wine sesuai batasan dan setelah konsultasi dengan dokter dipercaya membawa mafaat bagi kesehatan tubuh.

Tapi...yang perlu diingat dan di waspadai ya guys  Red wine  itu mengandung alkohol bila dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan mabuk. 
 Tapi bila diminum hanya sedikit  saja akan memperoleh health benefit  
Demikian penjelasa dokter.
Dan jika Red wine dikonsumsi  terlalu banyak  maka yang terjadi adalah  alkohol  akan menumpuk dalam tubuh. disamping itu efeknya bisa memabukan.

Khusus tentang minuman  beralkohol Red Wine ini saya hanya sekedar berbagi info saja lho ya? dan saya tekankan bahwa saya  sama sekali tidak menganjurkan untuk mengkonsumsinya atau apapun itu. 
Semua terserah  pada teman-teman saja.
  
Nah itulah sekilas tentang manfaat  buah anggur bagi keaehatan, sehingga sayang jika melewatkan buah anggur ini kedalam daftar menu makanan sehat sehari-sehari. 

Memang buah anggur bisa didapatkan  dengan mudah dan bisa dikonsumsi secara langsung,  tetapi kendalanya adalah buah selama ini anggur impor  dengan kualitas baik  dan premium tentunya masih agak mahal harganya sehingga ada sebagian masyarakat yang masih  belum  kesampaian menikmati manisnya buah anggur impor.
Lain halnya kalau di negara Timur Tengah seperti di  negara Arab sana kita bisa membeli buah anggur impor yang manis dengan harga murah. Lho kok bisa demikian? 
Iya dong bisa..hehehe.. ternyata eh ternyata..
dikarenakan buah-buahan impor yang masuk ke  negara Arab  itu tidak ada pajaknya  alias tidak dikenakan pajak impor. Jadi  semua buah-buahan impor apapun bisa  kita dapatkan dengan harga murah di sana.

Mengenai buah  anggur lokal memang sudah banyak juga sich terdapat di pasaran  tetapi kok saya belum pernah ya menemukan anggur lokal Indonesia yang rasanya semanis  serenyah dan seenak anggur impor?
Mohon maaf mungkin saya  saja yang kurang info ya?  Mungkin banyak dari teman-teman yang sudah pernah menemukan buah anggur lokal dengan kualitas baik oke yahud dan mantap..hehehe..

Tentang keinginan saya  yang belum kesampaian  yaitu sejak  dulu saya terkadang berimajinasi ingin memiliki perkebunan anggur yang luas  sehingga kapanpun saya bisa berjalan-jalan mengelilinginya  sambil  menikmati  dan memetik buahnya
Tapi belum kesampaian hehehe...

Grape  Plantation

Kebun  Anggur 

Dense Vineyard

Oke guys,  postingan yang akan datang berikutnya  saya akan menulis tentang  salah satu olahan buah anggur.
Sekian dulu...,  semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.
Mohon maaf bila ada salah kata.
Tetap sehat, tetap semangat, 
tetap positif thingking selalu
Terima kasih.



Source :
- WonderfoodNET
-  Alodokter
-  Pertanianku.com







 


















Komentar

  1. Hola amiga, sabes que Chile exporta aproximadamente el 60 por 100 de su producción de un millón de toneladas. La uva es maravillosa, tiene muchas propiedades que benefician la salud y además sus sabores son muy agradables. Interesante y completo artículo como siempre. Que tengas un gran día, cuídate mucho, un abrazo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola amiga ..
      Muchas gracias por tu agradecimiento 🙏🙂
      Es genial que su país, Chile, exporte alrededor del 60% de su vino al exterior. De hecho, las uvas pueden ser un extraordinario producto de exportación. Estoy impresionado.
      Estoy de acuerdo en que el vino sabe muy bien y las propiedades son extraordinarias.
      Muchas gracias por tu opinion🙏
      Ojalá este artículo pueda ser útil para todos.
      Cuídate ahí.
      Abrazo🌺🌺🌺
      Que tengas un buen día
      Saludos

      Hapus
  2. Zbieram winogrona

    Cześć, ile masz lat? Nie pojawiasz się, mam nadzieję, że wszystko w porządku.
    Zbieranie winogron z ogrodu jest bardzo przyjemne.
    Mam nadzieję, że kiedyś będę mógł też zbierać winogrona
    Miłego dnia
    pozdrowienia

    BalasHapus
  3. I very like grapes because they are delicious and healthy 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation 🙏🙂
      Yes that's right, grapes are very tasty and healthy because they are rich in antioxidants and vitamins.
      Have a great day🌺🌺🌺
      Regards..

      Hapus
  4. Muy ricas las uvas, además de todo lo que hemos aprendido contigo , Gracias por estas entradas. Un abrazo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento 🙏🙂
      Sí, eso es correcto. Las uvas son muy ricas en antioxidantes y nutrientes y pueden prevenir varias enfermedades degenerativas. Las uvas también son muy buenas para la piel y anti-envejecimiento.
      De nada . muchas gracias por tu opinion
      Ojalá esta entrada sea útil para todos.
      Ten un día maravilloso
      Un abrazo 🌺🌺🌺
      Saludos

      Hapus
  5. Balasan
    1. Thank you for your appreciation..🙏🙂
      Yes I enjoy too.. Grapes are very tasty dan they are rich in antioxidants and nutrients and can prevent some degenerative diseases. Grapes are also very good for the skin and anti-aging.
      Have a great day🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  6. Me gustan las uvas, son geniales gracias por una entrada tan completa. Te mando un beso

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gracias por tu apreciación. 🙏🙂
      Sí, las uvas son realmente geniales. Generalmente todo el mundo ama el vino.
      De nada, gracias por tu opinión.
      Ojalá esta publicación sea útil para todos.
      Que tengas un gran día
      Saludos

      Hapus
  7. Saya tiap minggu beli anggur soalnya emang suka anggur. Cuman kadang kalo lagi gak musim mehongnya naujubilah. Tapi tetep beli sih, walopun sedikit -___-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyik banget tiap minggu rutin beli anggu👌 ternyata mas Riza penggemar berat anggur😀
      Oh ya? kalau lagi musim agak murah.. ? Maksudnya
      itu anggur lokal atau impor ?
      Anggur impor kan pasti mehong.. wkwkwk..
      Tapi tetap beli ya..
      Siiplah kalau begitu 😀

      Hapus
  8. Lihat anggur bergelantungan di pohonya tampak seperti di foto ...., rasanya pengin kucaplok semuanya.
    Ini nih wisata kebun anggur yang pengin kudatangin, tapi belum kesampaian dan takut kalap ngga bisa nahan diri petak - petik anggur sesuka hati karena gemas lihatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oouw... sebentar.. tahaaan...! tahaan ..! ✋keinginan mu untuk segera mencaplok 🍇anggur- anggur yang lebat bergelantungan menggoda iman itu.. wkwkwkwk...😅
      Memang 🍇anggur-🍇anggur itu tampak menggiurkan sekali... itulah mengapa aku sering berimajinasi punya perkebunan anggur..🤩
      Aku juga pingin wisata kebun anggur tapi udah ada ya di wisata nya?
      Aku pernah lihat kalau nggak salah ya di daerah Yogyakarta gitu ada tanaman anggur yang dibuat sebagai wisata petik anggur tapi bentuknya bukan perkebunan sich tapi lumayanlah bisa menarik pengunjung.👌 Aku juga pingin kalau emang ada🙂

      Hapus
    2. Tuuuh kaan .. pengin juga mencaplok buah anggur bergelantungaaan ... Wwwkk 😅.
      Sungguh menggoda iman tampilan anggurnya !.
      Aku rada lupa sihbteoatnya dimana ada wisata petik anggur ...
      Mungkin kayaknya dibanderol mehong deh buat kesana.

      Hapus
    3. Wkwkwkwk... iya aku nggak kuat pingin ngambil? buah🍇🍇 anggur-anggur yang bergelantungan lebat itu pasti menggoda iman siapa saja. Siapa yang bisa tahan.? 😅
      Ooh jadi wista wisata petik anggur dibandrol mehong ya?
      Apa dibandrol kira2 mencapai ratusan ribu per orang untuk wisata petik anggur? ?
      Mungkin untuk biaya maintenance kalau ntar tanaman anggurnya rusak ya?
      Wisata petik anggur kalau mehong .. apa bisa ya menjamin kalau rasa anggurnya juga manis?
      Lahan tanah di Indonesia sepertinya kurang mendukung ya untuk tanaman anggur kualitas bagus. Selama ini angur lokal rasanya banyak asamnya daripada manisnya masih kalah dengan anggur impor yang rasanya manis.
      Moga bisa ditemukan cara budidaya anggur yang bagus dan tept di Indonesia agar anggur lokal nanti nya nggak kalah bersaing dengan anggur impor.

      Hapus
    4. Nah, itu ada benarnya jika jenis tanah dan iklim Indonesia kurang cocok untuk budidaya anggur premium.
      Cita rasanya pun berbeda.

      Mengenai harga tiketnya berapa sih aku belumnrau pasti.
      Bisa jadi memanglah ngga murah dan pastinya ada ketentuan tertentu untuk memasuki areanya.

      Hapus
    5. Yes I think so ..
      Meski misalnya aja yang ditanam adalah jenis bibit anggur impor kualitas premium tapi karena tanah dan iklim yang kurang cocok maka hasilnya tumbuh buah anggur tapi dengan rasa yang jauh dari manis.
      Misalnya wisata petik anggur dikenakan harga tiket masuk yang mahal tapi belum tentu kan anggur yang dipetik itu terasa manis. Dan hali itu pasti akan membuat pengunjung nggak puas dengan harga tike masuk yang mahal. Mungkin hanya sekali itu datang setelah itu nggak datang lagi dan memilih wisata petik buah strawberry, jeruk, apel dsb.
      Mungkin orang-orang akan lebih memilih beli anggur impor aja meski mahal juga tapi sudah pasti manis.
      Jadi memang harus diakui kalau anggur di negara kita masih kalah kualitasnya dengan anggur impor.

      Hapus
    6. Kalau begitu, heum ..., wisata kebun anggurnya pakai buah anggur-angguran saja ..., pakai buah anggur plastik gituuu

      ┌(・。・)┘♪
      hahaha


      Baca fakta nomor 7 ... , wuiih .. ternyata bagus ya untuk lelaki.
      Wuaah kalau mas Satria ngeh tuh tulisan nomor 7 ..., dijamim tuch dia bakalan ngeborong buah anggutlr, wwkkkk .. wadidaaaWw ..

      (*❛‿❛)→

      Hapus
    7. What..??😱 Anggur plastik ? Wkwkwkwk..
      Ntar pengunjungnya bocah- bocah TK dan play group wisata petik anggur plastik.😅

      Oouw.. iyaaa... fakta no.7 itu anggur bisa menjaga kesuburan pria.
      Nah mas Satria nya nggah ngeh kali ya? dia udah komen di atas tapi nggak bahas soal fakta no. 7 itu..wkwkwkwk😂
      Coba kalau dia baca ya pasti nggak nunggu lama penjual buah anggur se Jakarta di borong semua anggurnya sama mas Satria di buat stock di rumah... wkwkwkwk ...untuk keharmoisan mas Satria dengan pasangannya😅
      Tapi mas Satria itu emang punya toko plastik juga kata mas Agus, mungkin anggurnya kalau lebih bisa dijual lagi..

      Hapus
    8. Oh iyaa toow ... mas Satria itu punya usaha toko plastik.
      Aku malah baru tau sekarang.
      Bisa jadi, tuuuh .. terinsoirasi krbun anggur di New Zealand, eh kamar tidurnya dihiasi bergelantungan penuh kerumunan biji anggur sebagai simbol kesuburannya ..., Wwkkk .. wadidaaw ..

      Kayaknya memang dia ngga ngeh ada info manfaat anggur nomor 7 tuuh ..

      ←(*꒪ヮ꒪*)

      Hapus
    9. Iya mas Satria punya toko plastik namanya Kirana plastik itu bocoran dari mas Agus warteg hihihi .. Ssttt ..mungkin rahasia kali ya 🤭
      Ooh iya... mas Satria kamarnya mungkin disulap bak perkebunan anggur di Australia atau New Zealand .. banyak 🍇anggur-anggur 🍇 impor melimpah bergelantungan..
      Simbol dari kesuburan kekuatan sang DonJuan Satria... wkwkwkwk..😅
      Iya .. atau kita sentil aja ya biar dia ngeh? Wkwkwk

      Hapus
    10. Egh, iya tuch .. kayaknya perlu sentilan manjah [ojo keras-keras sentil-nya ..., Ndaaaak sakiit, huhahaa 😆]

      Soalnya kok ngak ngeh kita kepoin dia disini ...😆

      Wuiiih, tampilan baru nih.
      Lebih wuz wuz wuz ... dan ketjeh tampilannya.

      Ini gegara abis makan anggur lima kilo kali yaa ..., Hahaha ..., tau-tau tampil baru 😅

      Hapus
    11. Sentilan batu aja kali ya? Wkwkwk😂🤭

      Iya tampilan template baruku ini kaya permen ya?😅

      Beneerr... aku habis makan 🍇🍇anggur banyak 10 kilo sampai klempoken .. enyak banget tapi sayangnya itu cuma dalam mimpi.😂.. Anggur🍇 mehong😅

      Hapus
    12. Jangan atuh pakai batu, kan sakit tuh 😬

      Betapa nyeseknya makan anggur dalam jumlah banyak eh tapii ...only in dreaming, hahhaa 😂

      Jujur, aku juga cuma sesekali beli anggur. Ya itu tadi soalnya mehong.
      Masih butuh bamyak dana untuk kebutuhan yang lain.

      Eh iya, loh tampilan warna template baru ini mirip sama warna permen sugus yang ungu.
      Kalau yang biru bikin keingetan sama warna pemen jagoan neon 😊

      Hapus
    13. Wkwkwkwk.... nggaak kok.. nggak disentil sama batu... cuma becanda aja..😅
      Ntar disentil sama buang anggur aja...
      Iya anggur impor mehong.. jarang bnget beli.. mending dibuat beli mangga, jeruk atau buah lokal aja..😀

      Nah ini aku ganti template lagi... bagamana? warna nya kayak permen pingin aja biar lebih ceria .🌝. biar nggak suram.. biar suasana dan mood jadi cerah ceria...🌻

      Hapus
    14. Nahiki, egh" ... nah iki tampilannya lebih better more than yang kemarin.
      Lebih clear and cheerful khas girly ��

      Hapus
    15. Makasih kalau template baru ku ini better than before..🙏
      Hehehe... warna nya girly banget ya?
      Jadi terkesan cerah..😀
      Sorry nich artikel baru lagi digarap semoga saja bisa selesai dan bisa segera terbit..😊

      Hapus
    16. Yups, so girly wajah baru ini

      (≧▽≦)

      Siap ditunggu publish poat terbarunya.
      Semangaat ...
      [Ngomong gini sambil ngunyah anggur]

      Hapus
    17. Makasih kalau template lumayan lebih baik. and looks cheerful🙏

      Oke sebentar lagi Insya Allah selesai update postingannya.

      Semangkaaa.🍉🍉🍉😅
      Woouw.... enyaknya ngunyah 🍇anggur😋😋

      Hapus
  9. Hola amiga Justcherry me encantan las uvas y su jugo, la información que compartes es muy interesante, yo no sabia bastantes cosas, gracias por enseñarnos mas, las fotos son bellas, siempre es muy interesante tu contenido.
    Quiero agradecer el cariño que me dejas en mi blog, lo valoro, gracias amiga, ten un buen fin de semana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola amigo Jorge
      Muchas gracias por tu agradecimiento. 🙏🙂
      ¿El jugo de uva también es refrescante?
      Muchas gracias por tu opinión y por gustar las fotos aquí. Ojalá este artículo pueda compartir información y sea útil para cualquiera.
      Ojalá los lectores puedan leer
      De nada ... Gracias por tu agradecimiento. También me alegra que hayas comentado bien en mi blog. Lo aprecio.
      Que tengas un buen fin de semana amigo
      Saludos

      Hapus
  10. Hola Justcherry muy bonita la foto de las uvas. Gracias por visitarme. No puedo leer porque no se activa el traductor.
    Saludos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola ...
      Muchas gracias por el agradecimiento. 🙏🙂
      Me alegro que te hayan gustado las fotos de la vid aquí.
      Me disculpo si el traductor no funciona correctamente, por lo que no puede leer mi artículo.
      Muchas gracias por visitar mi blog.
      Que tengas un buen fin de semana
      Salud

      Hapus
  11. Yes grappes very nice and delicious

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yhnk you for your appreciation 🙏🙂
      Yes that's true grapes are delicious and have many benefits for health.
      Have a nice weekend
      Regards

      Hapus

  12. I didn't know grapes had so many health benefits. I was most interested in the facial wrinkle removal properties.
    Have a wonderful day :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation Hanna🙏🙂
      Yes. Grapes have many health benefits, one of which is high in antioxidants so that it can fight free radicals and premature aging as well
      prevent wrinkles on facial skin.
      Have a geat weekend
      Regards

      Hapus
  13. Lihat anggur bergelantungan kok jadi pengin ikut metik lalu makan buahnya, mungkin lebih enak dan segar kalo metik langsung dari pohonnya kali ya.

    Ternyata anggur sudah lama dibudidayakan bahkan di timur tengah sejak 4000 tahun sebelum Masehi, berarti lama banget.

    Banyak juga fakta dan mitos buah anggur ya. Salah satunya adalah bisa meningkatkan kualitas sperma pria, baru tahu saya, harus banyak-banyak makan anggur nih.

    Tapi dulu buah anggur mahal sekali tahun 2000an. Aku ingat waktu itu ibu sakit keras dan pengin anggur merah, beli setengah kilo 80 ribu, itu 10% gaji UMK disini. Sekarang buah anggur sekilo cuma 40 ribu atau cuma 1% saja dari gaji karyawan disini. Beda jauh ya dulu dan sekarang harganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin kalau metik anggur sendiri langsung dari pohonnya.. lebih asyik aja sensasi nya.. makanya aku pingin sekali punya kebun anggur.😀
      Yups buat para pria seperti mas Agus yang sudah menikah konsumsi anggur dipercaya baik dan bisa meningkatkan kesuburan pria.
      Oh tahun 2000an anggur impor mahal juga ya?
      Kalau sekarang anggur impor memang sudah nggak semahal dulu ..
      Kalau yang kualitas bagus anggur premium harganya berkisar 50K -60 K per 1/2 Kg. Memang harus diakui anggur impor masih lebih u ggul dari anggur lokal yang rasanya masih banyak asamnya.
      Kalau aku disuruh milih lebih baik beli anggur impor yg manis meski hanya sedikit tapi kan manis, ketimbang anggur lokal dapat banyak tapi rasanya asam.. jadi nggak selera. hehehe

      Hapus
    2. Kalo aku lebih milih yang lokal karena harganya murah mbak, biarpun rasanya asam sedikit ngga apa-apa, biar mata melek ngga ngantuk.🤣

      Hapus
    3. Ooh.. begitu biar anggur lokal yang penting murah ya?. milih anggur asam sedikit aja biar melek ya? Wkwkwkwk 😂
      Bener kalau anggur manis ntar bikin merem saking manis nya..😅
      Lah aku kalau dapat buah anggir asam kok kapok ya mending beli buah lokal seperti mangga atau jeruk.
      Kita nggak usah tergiur beli buah impor, mending kita beli buah-buahan khas Indonesia aja👌
      Ntar kalau mau anggur minta dibelikan mas Satria aja yuk bia dia yang traktir beli anggur 🍇impor.😅

      Hapus
    4. Hahaha untuk orang biasa seperti saya belinya yang murah saja mbak. Udah bisa kebeli anggur juga sudah bersyukur.😄

      Tapi memang kalo ada duit penginnya beli anggur yang hijau itu mbak yang lebih manis daripada anggur merah. Cuma harganya hampir dua kali lipat, tapi rasa manisnya memang beda, lebih terasa gitu.

      Duit memang ngga bohong ya.😂

      Hapus
  14. Balasan
    1. Thank you for you appreciation🙏🙂
      Glad to know that you like grapes .
      Have a great weekend
      Regards .

      Hapus
    2. Thank you very much
      Have a great week too 💙🌺🌺🌺

      Hapus
  15. Wahh, persis baru kemarin banget aku makan anggur hitam
    Dijual mbak-mbak di dekat kantor

    Nggak nyangka ternyata sebanyak ini khasiatnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa khasiatnya banyaak..
      Wah ada mbak-mbak jual 🍇anggur hitam... pasti kemarin itu Aul jadi borong anggur nich?
      Mantap.. 👌👍🙂

      Hapus
  16. Suka banget anggur... di kulkas pasti nyetok anggur dari Giant.. ada anggur yg bentuknya lonjong dan nggak ada bijinya jadi bisa langsung lep... enakkk..

    Tapi ngomongin soal anggur. Pernah ada tragedi... sangking sukanya buah anggur.. saya kepengen banget jus anggur kemasan.. ngebayangin minum jus anggur dingin pas pulang kerja kan enak.. terus saya cari di online... guess what jederrr, karena nggak baca dan belum pernah dnger merknya sebelumnya.. pas udh dibeli dan smpe kerumah... Pas baca lebih teliti ternyata itu minuman Wine... hahaha saya sama bapak saya saling lihat nahan ketawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ouw ..mas Bayu ternyata penggemar berat anggur.. Di kulkas mesti nyetok 🍇anggur ya? Asyik.. mantap banget tuch👌😀

      Wah ada cerita tragedi rupanya..
      Astaga... jadi saar pesan juice anggur via online... ternyata yang datang adalah Wine..? 😱Wkwkwkwk
      Terus bagaiman mas Bayu akhirnya diminum nggak wine nya atau dibuang?
      Judulnya secawan anggur merah 🍾🍷 dong? Wkwkwkwk😂

      Hapus
    2. Karena nggak mungkin saya minum,Akhirnya saya kasihkan tetangga.. wkwkwk. Mungkin karena produsennya OT jadi saya pikir yah why not kan OT sering produksi makanan ringan juga sih... hahah

      Hapus
    3. Wkwkwkwk...jadi wine nya dikasih ke tetangga? Mau ya mereka minum wine ? Wkwkwkwk..
      Oh jadi minuman anggur itu cap OT? Terkecoh namanya ya? Hehehe..

      Hapus
  17. Great images of those vineyards! I love grape juice. Interesting post.

    Have a nice day :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation and opinion🙏🙂
      Glad to know that you love grape juice. 👌
      Have a great weekend..

      Hapus
  18. Semasa aku SD, makan anggur kesannya mevvah banget loh mbak, haaha. Tapi skrng, aku udah lumayan sering makannya, krn harganya skrng udah ga terlalu mahal. Kini, sekitar 30rb per kilogram di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya dulu kayaknya anggur itu mewah banget soalnya mahal. Kalau sekarang udah lumayan nggak terlalu mahal tapi tetap tergantung jenis dan kualitasnya juga. Kalau anggur impor kualitas premium masih mahal sekitar 50K-60K per kg. Anggur yang nggak ada bijinya juga mehong. Kalau anggur lokal mah murah tapi rasanya nggak manis jadi kurang mantul hehehe.

      Hapus
  19. Yaa buah Anggur katanya buah yang didewa-dewakan sejak dulu sebagai buah yang manis. Selain itu jenis anggurpun beraneka ragam ada yang berwarna hijau, Merah, Biru, serta ungu. Rasanyapun selalu tetap manis.😊

    Anggurpun banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Selain dijust dikonsumsi langsungpun tetap enak. Bahkan minuman anggur merahpun harganya cukup Fantastis kalau dieropa. Karena mungkin menanam Anggur harus penuh keseriusan dan paham atas pemupukan yang baik demi menghasilkan buah yang baik serta subur.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau dperhatikan anggur dari dulu memang menjadi buah spesial yang istimewa di kalangan istana-istana kerajaan.🙂
      Benar buanh anggur yang diolah sebagai minuman wine dan bisa dijual dengan harga fantastis. Semakin lama usia wine semakin mahal harga nya. Wine di dunia barat juga dianggap sebagai minuman wajib disajikan melengkapi pada acara-acara pesta dan perayaan moment-moment tertentu.
      Tapi wine nggak familiar di negara kita.
      Mungkin bisa jadi begitu ya buah anggur dihargai sedemikian rupa karena nggak mudah menanam dan pemeliharaannya. Nggak di semua lahan dan semua iklim anggur bisa tumbuh. Biaya maintenance nya juga mungkin tinggi agar bis amenghasilkan buah anggur yang berkualitas baik.
      Harus diakui bahwa anggur lokal masih kalah dengan anggur impor. Mungjin iklim negara kita kurang cocok ditanamin anggur yang bercita rasa manis.🙂

      Hapus

    2. Betul banget mbak Fidy ..😊

      Anggur memang manis ...Tetapi banyak orang yang tak mau diangguri...Terlebih menganggur..🤣🤣

      Hapus
    3. Iya terutama anggur impor sudah pasti manis rasanga mas Satria.👌🙂
      Iya siapapun pasti nggak akan mau di anggurin 😅
      Ternyta buah apel masih mending karena 🍎apel kan masih diapelin. Lah kalau 🍇anggur malah dianggurin..? wkwkwk😂

      Hapus
  20. Sudah cukup lama juga budidaya anggur dari 4000 SM kira-kira itu udah berapa generasi ya?

    Anggur baik untuk kesehatan tapi kalau sudah diubah jadi wine bisa memabukkan.

    Kalau anggur saya sukanya anggur merah dan tidak begitu suka dengan anggur hijau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti dari sebelum masehi sudah ribuan tahun lamanya.. sebelum nenek buyut kita lahir ..hehehe..
      Iya anggur baik untuk kesehatan dikonsumsi secara langsung daging buah nya kulit juga bijinya . Karena menurut penelitian antioksidan paling banyak terdapat pada kulit dan biji anggur.

      Oh kalau aku doyan anggur warna apa aja yang penting rasanya manis...hehehe
      Menurutku anggur lokal kita masih kalah rasanya dengan anggur impor.
      Semoga suatu saat anggur lokal kualitasnya bisa lebih bagus dan semanis anggur impor.

      Hapus
    2. Kalau anggur yang sudah dijadikan kismis itu kira-kira antioksidan sudah berkurang atau masih tetap sama?

      Mungkin anggur luar itu dibudidayakan dengan tekhnologi yang lebih maju makanya kualitas lebih bagus dari anggur lokal atau mungkin juga pengaruh dari iklimnya

      Hapus
    3. Aku pikir anggur yang telah dijadikan kismis itu antoksidan nya nggak akan berkurang karena anggur hanya dikeringkan tidak mengalami proses pemasakan. Hanya kandungan air pada buah yang berkurang menyusut. Tapi kandungan nutrisi anggur tetap.

      Mungkin bisa jadi begitu budidaya tanaman menggunakan tekhnologi maju.
      Tapi yang paling utama sebenarnya adalah di negara kita faktor lahan tanah dan iklim yang kurang mendukung dan kurang cocok ditanami anggur berkualitas premium. Meskipun lahan di sini ditanami bibit anggur impor pun nanti hasil buahnya cita rasa nya berbeda nggak seenak dan semanis anggur impor.
      Sudah garisnya demikian .

      Hapus
  21. Glad to know you love grapes.🙂
    Have a wonderful day.🌺🌺🌺
    Regards

    BalasHapus
  22. Posting yang sangat menarik! Saya selalu belajar sesuatu yang baru dari Anda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your opinion and appreciation 🙏🙂
      I'm glad you found it benefit in this article.
      Hopefully this post can be useful for everyone.
      regards.
      Have a wonderful day
      Regards

      Hapus
  23. Balasan
    1. Thank you for you appreciation🙏🙂
      Glad to know that you love grapes .
      Have a wonderful day
      Regards .

      Hapus
  24. Sorprendente la información que manejas sobre la vid, sus variedades y el ejercicio de su plantación y cuidados, para lograr buenas cosechas que puedan ser trasladas al lagar, para alcanzar el jugo en el tono para la producción del vino. Y aún cuántos sabes de los beneficios terapéuticos del vino, que no solo se cosecha para el embriagamiento, sino que sus consumo tambiénn se puede hacer por intereses de la salud y una calidad de vida- UN abrazo. Carlos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias Carlos por tu agradecimiento 🙏🙂
      Me siento muy honrado por su opinión con respecto a esta publicación. Gracias de nuevo.
      Recibo información de diversas fuentes y la comparto en esta publicación. El objetivo es que todos podamos conocer más sobre los beneficios de la uva y poder experimentar sus propiedades.
      Es cierto que el vino que se transforma en vino en realidad tiene beneficios para la salud siempre que el consumo de vino sea limitado.
      Que tengas un buen dia Carlos
      Un abrazo amistoso.
      Saludos

      Hapus
  25. Udah lama nggak makan buah anggur, jadi pengen makan buah anggur juga abis baca artikel kamu Kak.
    Soalnya buahnya punya banyak khasiat.
    Selama ini makannya karena rasanya yang manis dan enak doang sih, tanpa tau kandungan gizinya. 🤣

    Semoga impiannya punya kebun anggur bisa tercapai ya Kak. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo monggo di beli anggurnya...
      Iya benar selama ini kita mengkonsumsi anggur karena rasa nya yang manis segar . Tapi kalau dibuat konsumsi rutin juga bisa bikin kantong jebol. Karena tahu sendiri kan anggur yang enak dan manis rata-rata itu anggur impor yang harganya agak mehong alias agak mahal.

      Amin , makasih banyak doanya mas Rudi. Semoga nanti benar kesampaian aku bisa punya kebun anggur yang luas dan lebat buahnya. Ntar para blogger akan aku undang ngunjungi kebun anggur ku. Hehehe.😀

      Hapus
  26. Very interesting: ** Thanks for sharing !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome.
      Thank you very much for your appreciation 🙏🙂
      Have a wonderful day
      Regards..

      Hapus
  27. Saya suka anggur, dan hari ini saya memiliki kesempatan untuk mempelajari beberapa hal menarik tentangnya :)
    Terima kasih telah membagikan pengetahuan yang begitu banyak :)
    Salam hangat <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome..
      Thank you very much for your appreciation🙏🙂
      Glad to know that you love wine and interested in learning more about the health benefits of grapes.
      Hopefully we can all taste the amazing properties of grapes.
      Have a wonderful day🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  28. Cool, lots of useful information

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation🙏🙂
      Hopefully this post is useful for everyone.
      Have a wonderful day🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  29. salah satu buah kesukaan gw nih mbak, ternyata banyak juga ya manfaatnya :D.. kalo di tempat gw ada satu tetangga yang nanem anggur yang warna hijau, gak sampai panen udah habis duluan gw ambilin tiap main hohoho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar banyak manfaatnya.
      What? Anggur tetangga belum sampai panen sudah dihabisin? 😱 Astaga..!
      Baik ya tetangga kamu? Itu anggur lokal kan ? apa rasanya manis? Kok Khanif doyan banget petik anggur tetangga.😅
      Memang sich kalau lihat tanamannya yang merambat dan anggur berbuah lebat, orrang pasti tergoda mengambilnya. hehehe..

      Hapus
    2. Kayaknya mas khanif itu yang ngambil anggur hijaunya kalo orangnya tidur, makanya cepat habis.😱

      Kaboorrr 🚶🏃🏃

      Hapus
  30. Banyak khasiatnya, saya pikir cuma bisa dibikin jadi wine..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak khasiatnya. Selain olahan nya di buat minuman wine dan raisin. Anggur segar pun selain enak segar dan banyak manfaatnya. Terutama pada kulit dan biji anggur yang mengandung antioksidan paling tinggi / banyak yang bagus untuk kulit.

      Hapus
  31. WOW, those grapes hanging on the vine...I just want to reach out and pick some!!😉
    I really adore grapes, both the red and the white varieties...and, of course, the wine that is made from them!!
    Thank you so much for another fabulous post, Cherry...I really enjoyed reading!!😊😊

    Have a lovely day and stay safe, my dear friend!

    Hugs xxx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation Ygraine🙏🙂
      Yes, it is true. Likewise, when I see grapes hanging on a tree, I am tempted to pick them.
      Glad to know that you love wine and grape products.
      I also like red, green and purple grapes. Although in terms of taste, it is still superior to imported wines compared to local wines.
      Ygraine, I'm glad you enjoyed reading this article.
      Have a wonderfulday and stay safe also my dear friend!🌺🌺🌺
      Hug
      Regards

      Hapus
  32. Buah anggur aku paling suka dimakan lgs, drpd dibuat jus :p. Malah ga doyan kalo dijadiin minuman. Tapi dari berbagai jenis, aku LBH suka yg hitam dan hijau, seedless :D. Biasanya yg begini anggur impor sih. Krn anggur lokal suka asam. Mungkin Krn suhu Indonesia terlalu panas kali yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya paling enak dan segar kalau anggur dimakan langsung.👌
      Anggur seedless atau tanpa biji memang oke ya bisa langsung kunyah dan ditelan langsung.
      Benar banget mbak kalau anggur manis selama ini pasti anggur impor. Anggur lokas masih terasa asam nya.
      Benar sepertinya tanah dan iklim Indonesia kurang cocok ditanami anggur yang manis.

      Hapus
  33. Buah kesukaan, meski aku gak terlalu suka yang manis. Jadi lebih memilih ijau. 😊

    Tapi tetap aja manis ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh jadi doyan anggur tapi nggak suka yang tetlalu manis? Hehehe..
      Kalau aku malah kebalikannya suka anggur yang manis kalau yang asam jadi nggak selera hehehe...
      Iya anggur yang hijau masih tetap manis.
      Atau bisa dibuat jus anggur kali ya buat variasi selain dimakan langsung.
      Makasih kunjungannya ke blog saya ini.🙏

      Hapus
  34. Wah banyak manfaatnya, saya banget anggur, ga peduli anggur merah, hijau, atau hitam. Tapi kalo jus anggur dan fermentasinya ga suka banget, ga ada rasa buah anggurnya lagi .
    Anggur-anggur di atas seger banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo kak Lantana apa kabar?✋🙂
      Lama nggak muncul.
      Suka anggir juga ya kak? Bener mau anggur, hijay, merah 🍇atau ungu yang penting rasanya manis dan manfaatnya yang bagus karena antioksidan nya terbanyak terletak pada kulit dan biji anggur.
      Iya... sama aku juganggak doyan anggur yang sudah difermentasikan. Mungkin kita nggak terbiasa ya ? Kalau orang luar senang karena wine sudah terbiasa bagi mereka.
      Iyaa angur-anggur bergelantungan di vine yard itu segar dan tampak.menggoda sekali ya? Ingin rasanya memetik semuanya.😊

      Hapus
  35. oh, saya sangat suka anggur, tetapi yang lebih ringan - saya tidak suka yang lebih gelap
    salam Hormat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation Lili🙏🙂
      Good to know that you love wine.
      You mean light wine instead of black wine?
      All of us here are not used to consuming wine.
      However, it turns out that wine has health benefits as long as the consumption is limited.
      Have a wonderful day
      Best regards

      Hapus
  36. Wow.. tampilan halamannya kali ini beda, warnanya lebih ceria.. I like it 😀💜. Salah satu buah kesukaan aku ini.. apalagi anggur hijau, sukaaaaa banget, syg harganya mehong 😄😄.. ngeliat manfaatnya ternyata banyak juga ya, apalagi manfaat no.7, wuidih pengen banget biar keliatan awet muda terus 😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana tampilan template ku suka?
      Lebih ceria kan? 😀Hehehe..
      Makasih kalau suka tampilan template ku 🙏🙂

      Ooh.. doyan anggur nya 🍇 yang anggur hijau impor? Iya biasanya yang hijau itu manis...niss..👌
      Iya cuma ya mehong harga nya.😅. sekali-sekali nggak apa ya?
      COuw... seneng ya dengan manfaat no. 7 anggur bikin awet muda ? Karena antioksidan nya tinggi... ntar bisa forever young...👌😅

      Hapus
  37. I love grapes. Great post with wonderful photos.
    Have a great evening :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your opinion and appreciation 🙏🙂
      Hopefully this post is useful for everyone..
      Have a great morning🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  38. Saya suka anggur dan telah membaca posting Anda dengan kesenangan terbatas. Anda telah banyak bekerja dengannya dan menambahkan beberapa foto hebat. Saya harus mengakui bahwa saya tidak tahu bahwa anggur memiliki begitu banyak khasiat untuk kesehatan. Salam nyaman dan hangat ☀️.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your opinion and aprrecoation🙏🙂
      Glad to know that you love grapes.
      Yes it's true I'll try to share more info about health benefits of grapes.
      Hopefully this post is useful for everyone.
      Thanks for your visit here..
      Have a wonderful day..
      Regards..🌺🌺🌺
      Salam nyamana dan hangat juga..

      Hapus
  39. For me, the wine's world is amazing!!!!
    Thanks for your comment!

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome...
      Thank you for your appreciation..🙏🙂
      Thanks for your visit here
      Have a great week
      Regards

      Hapus
  40. Faktanya mrnarik: Di budidayakan sekitar 4000SM. Khasiatnya ternyata banyak. Saya suka anggur, tapi tidak untuk konsumsi banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas Sofyan Ya-an atas apresiasinya.
      Iya benar anggur merupakan tanaman perdu yang telah dibudidayakan ribuan tahun yang lalu.
      Anggur banyak manfaatnya. Tapi anggur impor yang enak di Indonesia masih agak mahal. Sedangkan anggur lokal kurang manis.

      Hapus
  41. Manfaat buah anggur ternyata banyak juga ya
    Saya kalau makan hanya dagingnya saja, kulit dan bijinya dibuang
    Ternyata anggur juga punya khasiat buat menjaga kesuburan pria

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benat maa Djangkaru anggur banyak manfaatnya.
      Kalau aku makan anggur dengan kulitnya tapi bijinya aku buang.
      Benar salah satu khasiat anggur meningkatkan morttalitas (kesuburan) pria.
      Jadi pria harus banyak-banyak mengkonsumsi anggur 😀

      Hapus
  42. manfaatnya banyak sekali buah anggur, mulai dari yang fakta sampai yang mitos.

    saya juga pecinta anggur sih, tapi bukan smggur merk cap orangtua haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar manfaat anggur banyak.
      Oh mas Intan ini Grapes lovers. pecinta anggur ya?
      Monggo silahkan dikonsumsi yang banyak buah anggurnya..
      Oh emang kenapa anggur merk OT?
      Itu semacam minuman wine kah??

      Hapus
  43. Wah wah mbak, auto ngiler nih ngliat anggur bergelantungan gitu.

    Aku suka semua jenis anggur sih, hitam, merah atau hijau, tp fav ku yg merah malah hahahha, indonesia banget ya, ada asem2nya gitu. Btw aku belum pernah nyobain di jus loh, biasanya dimakan langsung, buat puding atau salad buah, itu udah favorit banget.

    Kalau minumannya udah pasti wine ya, aku tebilang cukup kuat minum wine (tapi bukan buat mabuk2an ya), paling minumnya kalau di pesta nikahan atau lg ditugasin ke food festival sama kantor, disana byk bgt red wine yang harganya selangit dan ga mungkin aku sengaja beli hahaha. Sampe2 nih pas aku cek kesehatan, fungsi hatiku terbilang buruk, kemungkinan gara2 alkohol, padahal aku minumnya dikit dan ga sering loh.

    Sejak hamil sampe skrg aku stop sih minum kaya begituan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lihat anggur bergelantungan rasanya ngiler ya mbak? Hehehe...
      Sama jus anggur malah belum pernah nhobain. Iya bener banget kalau bikin salad buah pakai anggur memang enak jadinya.👌🙂

      Ouw.. ternyta mbak Ursula.kuat ya minum wine saat moment pesta pernikahan atau pameran.
      Rasanya bagaimana wine itu mbak? Aku belum pernah nyobain..
      Katanya sich kalau kita mengkonsumsi wine sedikit ada manfaatnya juga lho? Hehehe..

      Wah mbak kok bisa efeknya sampai ke fungsi hati ya?
      Iya mbak sementara di stop dulu mengkonsumsi minuman wine..

      Semoga mbak Ursula tetap sehat selalu.


      Hapus
  44. Kayaknya Krn iklim di Indonesia panas sih mba, ga cocok utk tempat tumbuh anggur.

    Aku suka bangetttttt anggur. Tp memang fav ku anggur yg hitam dan hijau. Merah kurang suka sbnrnya, tp kalo manis ya aku doyan. Eh aku baru tau kalo biji nya anggur juga bagus. Slama ini kalo kulit pasti aku makan. Tp bijinya dilepeh :D. Okelaaah next kalo makan anggur yg berbiji, bakal aku makan :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Phoenix Dactylifera (Kurma) Yang Kaya Manfaat

Assallamuallaikum guys..., good people..., Semoga sehat - sehat ya semuanya. Tak terasa puasa sudah sampai pada penghujung bulan Ramadhan.  Semoga puasa kita semua selama bulan Ramadhan diterima Allah SWT.  Semoga  kita masih diijinkan bertemu bulan Ramadhan kembali tahun depan.  Amin. Fresh Young  Dates Palm Kurma Muda Kali ini saya akan membahas tentang  Phoenix  Dactylifera.  Apa  itu Phoenix Dactylifera ?   Itu adalah nama latin dari Dates Palm atau yang dikenal dengan kurma. Young Dates Palm Kurma Muda Buah kurma memiliki tidak kurang dari 200 macam jenis kurma. Dari berbagai macam jenis kurma, ada salah satu jenis kurma yang paling populer yaitu kurma  Ajwa atau yang dikenal dengan nama kurma Nabi. Karena kurma Ajwa adalah kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma Ajwa source :shutterstock.com Bentuk dan kualitas kurma Ajwa lebih unggul dari  kurma-kurma lainnya. Tentu saja harga kurma Ajwa pun lebih mahal ditinjau dari kualitas dan khasia

Unik Ada 3 Rasa Dalam Pometia Pinnata

Assallamuallaikum  world... Assallamuallaikum  guys good people.. Sehat-sehat saja semuanya? Setelah lebaran begini adalah saat yang paling tepat untuk  mendetoks tubuh kita dari sisa-sisa makanan dengan mengkonsumsi  buah-buahan dan sayuran. Saya paling doyan yang namanya buah-buahan. Banyak sekali buah-buahan yang terdapat di bumi  Indonesia. Selain buah-buahan yang umum dan sering kita konsumsi, masih banyak sekali buah langka yang terdapat di daerah-daerah di aeluruh kepulauan nusantara yang mungkin belum pernah kita temui dan mengkonsumsinya. Pometia Pinnata Suatu hari  tante saya datang ke rumah saya sambil membawa sesuatu sebagai buah tangan Longan Papua Fruit Sambil menjinjing ke atas beliau bertanya, "Hayoo..., apa ini yang tante bawa?",  tanya tante kepada saya. Klengkeng Papua Saya mengernyitkan kedua kening sambil mengamati dengan teliti sesuatu tersebut. Oleh-oleh itu adalah  segerombolan beberapa rangkaian  buah  berwarna hijau bercak hi

Dahsyatnya Air Kelapa, Manfaatnya Semanis Rasanya

Assallamuallaikum  world.. Assallamuallaikum guys... Hallo guys.., apa kabar?   Semoga kalian semua  sehat terus ya?  Di masa pandemi ini selalu sempatkan berolah raga gunanya untuk menjaga metabolisme tubuh, agar  tetap terjaga sehingga tidak mudah sakit. Fresh Green Coconut Saat tubuh  kalian merasa lelah setelah beraktivitas seharian, minum saja air kelapa muda, dijamin tubuh akan segar kembali, khasiatnya pun semanis rasanya. Siapa yang tak suka minum air kelapa muda?  Selain  sebagai pelepas dahaga karena sensasinya yang segar, air kelapa muda juga memiliki cita rasa manis dan gurih. Maka tak heran  bila air kelapa muda memiliki banyak penggemar.  Fresh Coconut Water Seperti kata orang Hawaii :  Air  kelapa adalah "embun dari surga" Air kelapa muda banyak dipilih masyarakat, karena konon dapat meningkatkan stamina tubuh.   Green Coconut Tree Coconut On Tree Cocos Nucifera  adalah  nama ilmiah nya  atau yang lebih kita kenal dengan nama kelapa ini merupakan tanaman