Langsung ke konten utama

Sensasi Kerupuk Sebagai Pelengkap Makanan

Assallamuallaikum world... Assallamuallaikum guys... Jumpa lagi guys...  Apa kabar kalian semua?    Semoga keadaan kalian semua baik-baik saja dan sehat tidak kurang suatu apapun. Various of  Indonesian Traditional crackers  Guys..., seperti kita ketahui  kerupuk merupakan jenis makanan ringan pelengkap  yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.   Umumnya penikmat kuliner mengkonsumsi kerupuk bersama makanan utama atau hanya sekedar dijadikan camilan.atau snack.  Meskipun bentuknya yang sederhana ringan tetapi makanan ini memilliki rasa sensasi yang gurih dan juga sedap.  White Kerupuk Indonesian traditional crackers Indonesian traditional crackers Kerupuk Uyel Popular  as kerupuk warung. Indonesian traditional crackers. Kerupuk Palembang is made from starch and  fish mackarel.  Red crackers, or kerupuk merah made from tapioca flour. Usually served accompanied  for lontong sayur Padang  (Minangnese Vegetable Curry) Siapa sich yang tidak doyan dengan kerupuk?  Bahkan b

Pesona Unik Gandaria, Buah Langka Dari Timur.

Assallamuallaikum world...
Assallamuallaikum guys...

Jumpa lagi kita di  minggu ke empat bulan Oktober. 
Berharap penuh kaliam semuanya dalam keadaan sehat wal afiat.

Buah Unik Langka Gandaria

Guys..., kali ini saya ingin memperkenalkan sedikit tentang buah langka yang  menjadi ciri khas dari kepulauan  Indoneaia bagian timur.

Sebelumnya saya ingin cerita-cerita sedikit  masa kecil saya dulu.., boleh  kan guys? Hehehe...
Begini,  percaya nggak guys  kalau  rumah saya itu dulu tidak  terlalu jauh dari  lokasi monumen patung Christuna Martha Tiahahu ini. Karena  saat saya  masih kecil  dulu  saya ikut orang tua yang kebetulan bekerja  bertugas di pulau Ambon Manisee...

Berikut ini adalah foto lokasi monumen patung Christina Martha Tiahahu yang tidak jauh dari tempat tinggal  saya saat masih kecil dulu.

Statue of Christina Martha Tiahahu
National Heroic of Indonesia

Karena  jarak rumah  saya  tidak terlalu jauh dengan lokasi tersebut,  saya sering sekali melewatinya baik untuk sekedar berjalan-jalan santai atau  mengambil  jalan rute melewati nya sepulang dari sekolah saat SD dulu.  

Bahkan seingat saya dulu, seringkali  bila jam olah raga tiba,  kami murid-murid kelas 5-6  SD disuruh  berolah raga  dengan  rute start nya mulai dari sekolah  keluar berlari  melewati jalan raya  menyeberang menuju lokasi monumen patung  Christina Martha Tiahahu. 
Bukan itu saja, kami berolah raga berlari dan sesampainya  kami di lokasi monumen tersebut, kami diperintah  oleh guru olah raga  untuk  terus berlari  menelilingi lokasi  monumen sesudah itu dilanjutkan  lagi berlari naik turun tangga  yang ada pada monumen tersebut.
Bayangkan guys... rasanya saya saat itu sudah pingin pingsan aja karena kelelahan.. maklum.saat itu kita masih  bocah kecil,  masih SD  lagi dan yang pasti  kita ini  bocah bukan seorang  atlet... ya kan guys? 
Terlintas  dipikiran saya dulu itu, mengapa   guru-guru kok tega-teganya nyuruh murid SD  berolah raga  agak keras seperti begitu?  
Maaf ya guys  curcol sedikit boleh kan?  Hehehe..
Meski demikian itu adalah  sebuah pengalaman masa kecil yang unik, lucu  dan tidak terlupakan.

Karena lokasi monumen patung terletak di daerah perbukitan, maka  
dari  atas bukit  tempat monumen  berpijak kokoh patung pahlawan  nasional Christina Martha Tiahahu ini  kita para pengunjung  bisa  dengan leluasa melihat panorama indah  kota Ambon yang dikelilingi lautan biru.
Pulau Ambon memang menyimpan sejuta pesona..
Selalu bersyukur atas ciptaan Tuhan yang luar biasa.

Namun tidak hanya pemandangan saja yang bisa kita nikmati. Tapi masih ada manfaat tersembunyi kekayaan alam khas pulau Ambon.

Seperti tanaman unik langka satu ini .., 
Apakah itu?
Guys.., mungkin di antara kalian ada yang tidak mengetahui buah yang satu ini. 
Gandaria memang  jarang ditemui di pasaran.
Namun buah ini tumbuh subur di  daerah Ambon.

Buah Langka Gandaria
tergolong buah musiman

  Gandaria adalah  buah  yang menyerupai  buah mangga berbentuk bulat dan nerukuran bulat agak .kecil . 
Gandaria khas  asli Maluku,  sudah tidak asing lagi bagi para penikmatnya. 
Seperti apa ya pesona buah Gandaria ini? 

Buah Gandaria dapat dikategorikan sebagai buah yang unik dan langka di Indonesia, sebab sebagian besar  tanaman pohon gandaria terdapat di pulau Maluku dan paling banyak di pulau Ambon.
Buah dengan rasa manis menyegarkan ini  biasanya berbuah pada bulan Maret dan  April 
Dikarenakan buah Gandaria sendiri tergolong buah musiman . 

Buah Gandaria masih satu familia
dengan  buah mangga

Gandaria memiliki nama latin Bouea macrophylla merupakan tanaman  yang fisik pohonnya mirip seperti buah mangga.

Di Indonesia sendiri  penyebaran tanaman ini ada di Sumatra,  Jawa, Kalimantan, Maluku dan Papua.
Namun tidak di semua daerah tersebut Gandaria dapat tumbuh subur.
Bahkan di Sumatra  dan Jawa  tanaman Gandaria bisa dihitung dengan jari populasinya alias hampir punah..
Syukurlah buah langka unik yang kaya manfaat ini  masih banyak yang tumbuh subur di kepulauan Maluku. 
Bahkan menjadi buah khas yang banyak dicari orang.
Pohon Gandaria yang sudah tua bisa mencapai ketinggian 30 meter.

Gandaria merupakan jenis pohon buah-buahan yang populer di Ambon. 
Buah nya sendiri mirip dengan buah mangga berukuran kecil . 
Rasanya pun agak mirip asam manis segar sehingga disukai semua usia.
Buah yang matang ebih dominan rasa manis, sehingga tidak terlalu asam dan biasanya dikonsumsi dalam keadaan segar.
Bisa juga diolah menjadi sirup dan manisan yang lezat.

Selain rasanya yang menyegarkan buah Gandaria juga  memiliki segudang manfaat karena mengandung nutrisi  seperti vitamin C, protein, karbohidrtat, kalsium, serat, air, betakaroten, zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Buah Gandaria hanya berbuah hanya satu kali dalam setahun.  Bahkan ada yang sampai 2 tahun  sekali baru berbuah. 

Akibat permintaan pasar yang cukup besar untuk penjualan buah Gandaria,  diharapkan ke depannya agar ada pembudidayaan tanaman buah Gandaria khisusnya di kota Ambon sendiri.
Karena kepopuleran buah asam manis  ini tidak hanya populer di  kalangan masyarakat kota Ambon saja tetapi juga sampai ke daerah-daerah lainnya.

Pesona Gandaria  buah langka 
dari  timur.


Nama lain buah Gandaria di antaranya  yaitu  :  Ramania hutan, Ramania Pipit, Jatake, Pao Gandaria, Asam djanar Dandoriah,  dan sebagainya yang merupakan jenis tanaman asli Indoneaia.  Buahnya berbentuk bulat berwarna kuning dan oranye. Rasa buah ini sangat segar yakni asam dan manis serta memiliki aroma yang khas.

Pernahkah kalian mengkonsumsi buah gandaria matang baik dalam keadaan segar, manisan, asinan atau sirup? 

Lantas apa manfaat buah Gandatia yang asam manis segar ini ?  Kita simak yuk guys..

Manfaat buah Gandaria  :

1. Sebagai antioksidan

Gandaria buah langka dari timur
yang kaya manfaat

2. Mengikat oksigen aktif
Buah Gandaria menjadi sumber antioksidan yaitu komponen fenolat yang sudah dibuktikan dalam uji fitokimia lewat jus buah Gandaria.
Senyawa fenolik ini berperan baik dalam mengikat oksigen aktif sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah dari oksigen aktif tersebut yang bisa merusak beberapa komponen vitamin, protein dan DNA.

3. Menjaga kesehatan  kulit.
 Buah gandaria yang mengandung vitamin C tinggi sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan pembentukan jaringan kolagen sehingga kulit lebih sehat. 
Sedangkan kandungan beta karoten di dalamnya juga menjadi sumber vitamin  yang baik sebagai solusi kecantikan kulit. Kandungan air yang tinggi bermanfaat untuk melembabkan kulit sehingga bisa menjadi solusi  kecantikan kulit alami.

4. Meningkatkan imun tubuh.
Kandungan air yang tinggi dalam buah gandaria  membantu penyerapan zat besi semakin efektif.   Kombinasi air dan zat besi ini nanti nya juga akan meningkatkan sistem  kekebalan tubuh sehingga bisa  tahan terhadap serangan virus atau kuman penyerang tubuh.

Gandaria  bertekstur mirip mangga
manis asam segar 
kaya akan Vitamin C

5. Mencegah sel kanker.
Air dalam buah gandaria ini terbilang sangat tinggi  sehingga baik dikonsumsi dan menyehatkan sistem pencernaan.
Sedangkan  kandungan serat penuh dalam buah ini dibutuhkan untuk  meningkatkan proses penyerapan makanan lebih  cepat dan lebih lancar. Ini juga akhirnya juga memberi dampak positif untuk mencegah kanker saluran pencernaan. Buah ini menjadi solusi kanker yang bagus.

6. Menyembuhkan sariawan. 
Mengkonsumsi sumber vitamin C seperti buah  gandaria yang dapat mengatasi sariawan. Bahkan menyembuhkan gusi berdarah.  Dalam buah rahmania bahkan memiliki manfaat vitamin C melebihi 60 mg maka bisa dikonsumsi  untuk.mengatasi sariawan, melancarkan peredaran darah. Dalam setiap tubuh manusia  55 %  bagiannya  terdiri dari air sehingga kebutuhan air dalam tubuh harus terpenuhi setiap hari. Darah juga sangat membutuhkan air untuk mengentalkan darah dalam sistem peredaran darah.
Buah gandaria yang tinggi kandungan kadar  air ini sangat baik dibuat menjadi jus agar kebutuhan air dalam tubuh untuk melancarkan peredaran darah.
7. Menjaga fungsi otak.  
Organ Otak sangat penting dalam menjaga fungsinya supaya tetap berjalan dengan baik. Dengan mengkonsumsi buah gandaria yang  tinggi  kandungan air maka berbagai masalah pada fungsi otak bisa semakin ditingkatkan.

Gandaria dapat diolah menjadi
manisan dan sirup

Gambar :  IG @rm_marlinbyamabo

Gambar :  IG  rm_marlinbyamabo

8  Menjaga fungsi paru-paru .
Paru-paru juga menjadi salah satu organ tubuh yang  sangat penting yang dibutuhkan untuk.meningkatkan sistem pernapasan. Kadar air tinggi dalam buah gandaria membuat buah ini menjadi buah bernutrisi untuk menjaga fungsi paru-paru.

9. Mempercepat proses penyembuhan luka
Selain berperan aktif dalam pembentukan kolagen, buah gandaria juga berperan dalam metabolisme protein. Sedangkan kandungan vitamin C dalam buah ini bersama protein akan membantu stimulus regenerasi sel-sel dalam tubuh sehingga luka menjadi cepat sembuh sekaligus mengurangi rasa sakit.

10. Menetralkan  racun

Gandaria Orange
Buah Gandaria khas Ambon

11. Mengurangi resiko penyakit stroke

Oh ya guys ..., mohon maaf  nich  sebelumnya 
mungkin ada di antara kalian baik cewek atau cowok yang punya masalah dengan lemak perut?  
Untuk mengatasi nya harus menjaga pola makanan yang sehat juga membiasakan diri dengan  olahraga teratur. 
Jangan salah, menghilangkan lemak perut bukan berarti anda  harus menunda  atau menghindari makanan dengan diet ketat.
Karena bila  anda makan tidak teratur justru akan mempengaruhi metabolisme. Hal ini justru akan menyebabkan tubuh menumpuk lemak pada bagian perut. Untuk mengatasinya tinggal mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat.
Nah siapa sangka buah Gandaria juga bermanfaat  membantu tubuh untuk menghancurkan lemak di bagian perut.

Berikut adalah resep  Jus Gandaria untuk menghancurkan lemak perut.
Bahan-bahan :
- Buah Gandaria
-Yogurt
-Susu cair 
Caranya : 
-Iris-iris buah gandaria dengan ukuran sedang
 pilih buah yang belum terlalu matang karena mengandung serat tinggi.
-Masukkan irisan buah gandaria, suau cair dan yogurt ke dalam blender.
-Blender semuanya hingga halus.
-Tuangkan ke dalam gelas.
Inilah ramuan Jus Gandaria penghancur lemak perut.

Nah guys, buah Gandaria memang kaya akan kandungan  serat sehingga membuat proses metabolisme tubuh menjadi lebih cepat. 
Bila kalian rajin mengkonsumsi jus gandaria ini secara rutin, efek yang  kalian  rasakan adalah frekuensi  buang air  besar yang meningkat.
Tak perlu khawatir  karena ini adalah reaksi alami tubuh untuk membuat racun  dan lemak yang menumpuk  di dalam tubuh. Tidak hanya itu racikan ini juga efektif membuat perut  kenyang lebih lama. Minumlah  2 kali sehari untuk  kebutuhan serat tubuh kalian.

Guys.., jenis makanan tinggi lemak serta gaya hidup  kurang sehat yang dijalani masyarakat perkotaan tentunya sangat meningkatkan potensi resiko stroke. Kebiasaan  buruk merokok,  minuman beralkohol, serta aneka  makanan cepat saji adalah sebagian kecil penyebabnya. Kita harus berhati-hati karena stroke dapat terjadi kepada siapa saja bahkan tanpa mengenal usia.
Sebenarnya tidak sulit  untuk mengurangi  resiko penyakit degenerarif ini. Selain menjaga poa hidup sehat sejak dini, selektiflah  dalam memilih makanan sehat.  
Rajinlah mengkonsumsi suplemen  penjaga kondisi tubuh 
Selain rasa Gandaria yang  asam manis segar,  mengandung serat tinggi yang dapat juga mengurangi resiko stroke.

Berikut resep ramuan herbal Gandaria untuk menurunkan resiko stroke.
Bahan :
-Buah Gandaria
- Jahe
-Madu
-Wortel
-Air matang
Caranya :
- Potong semua bahan menjadi irisan kecil
-Masukan irisan Gandaria, jahe, wortel, ke dalam blender.
- Tambahkan madu sesuai selera
-Tambahkan sedikit air matang 
-Blender sehingga semua bahan tercampur rata
-Tuangkan ke dalam gelas.
Inilah ramuan gandaria penurun resiko stroke

Dari berbagai studi yang dilakukan ditemukan bahwa serat dapat  mengikat kolestrol  jahat dan membuangnya bersama faces.

Kandungan  serat  hingga 150 mg dalam setiap buah gandaria terbukti secara ilmiah dapat mengikat kolestrol jahat  dalam darah secara efektif.
Minumlah ramuan Gandaria ini sekali sehari, secara rutin. Sselain menyehatkan rasanya juga menyegarkan. Jadi siapa bilang untuk sehat itu harus susah? Hehehe..

Guys... makanan rendah  gizi dan aneka kudapan  yang kurang  sehat adalah faktor utama pemicu  bertumpuknya racun pada tubuh.  Pada usia muda produktif mungkin  kalian masih merasa sehat-sehat saja. Karena  tubuh masih  rutin melakukan proses detoksifikasi  secara efektif. Namun jika dilakukan terus menerus hingga  usia paruh baya kalian  harus waspada. 
Pada kondisi ini proses detoksifikasi alami dalam tubuh akan berjalan lebih lambat. Hal ini tentu membahayakan kesehatan karena racun yang menumpuk akan dapat membahayakan sistem  kekebalan tubuh.

Nutrisi di dalam buah Gandaria diyakini dapat menetralkan racun lho..! Hebat kan guys?


Buah Gandaria dapat menetralisir racun


Berikut  adalah resep ramuan gandaria untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh  dan memperkuat sistem imun  tubih :
Bahan :
-Gandaria
-Gula aren
- Jahe
-Air  satu gelas
Cara membuatnya :
- Panaskan air
- Masukan gula aren
-Masukan irisan gandaria 
-Masukan jahe 
-Aduk aduk hingga gula aren mencair 
-Jika sudah mendidih  angkat 
-Tuang dan saring ke dalam gelas.
Inilah ramuan untuk menetralisir racun dalam tubuh.

Guys..., buah gandaria  memiliki kandungan nutrisi yang cukup kompleks, karena kaya vitamin C, tinggi,  air dan serat tinggi yang sangat baik bagi tubuh kita.
Semua kandungan  tersebut akan membantu tubuh dalam  mengaktifkan sel-sel penangkal racun  dalam sistem pencernaan.
Jika anda mengkonsumsi ramuan gandaria secara teratur, air yang masuk ke dalam tubuh akan membantu proses reabsorsi lebih cepat, sehingga urine dapat mennggelontorkan racun keluar dari tubuh kita. 

Nah guys itulah manfaat buah gandaria  dengan rasa asam manis sejuta khasiat.

Sekian dulu guys, bila ada kata-kata yang salah mohon maaf, saya hanya sekedar berbagi informasi yang saya dapat dari berbagai sumber. 

Yuk  guys mari  pelihara kesehatan kita dengan mulai  mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan.

Tetap sehat.. . tetap semangat...tetap positif thingking.

Stay safe there...

Cheers....


Source :
- Trans7Official
- Kompas TV Ambon
-Kesehatan Dan Kecantikan













-

Komentar

  1. Oh, sekarang sudah ada kemasan cup buah gandaria ...
    Dikotaku belum tersedia.
    Dulu aku sering mengkonsumsi buah gandaria yang dijadikan asinan dan manisan saat dulu aku tinggal di Bogor.
    Disana banyak banget penjual manisan dan asinan berbagai buah, salah satunya gandaria ini. Baik di emperan, pedagang kelilingan juga di toko.
    Di Jakarta juga cukup banyak pedagang rujak yang menyertakan buah gandaria sebagai pelengkapnya.
    Entah kenapa kalau di Jawa Tengah agak sulit dicari nih buah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang sudah ada kemasan olahan manisan gandaria...
      Tapi.. produk kemasan tersebut belum ada di kota Malang. Itu adalah produk orang yang jualan di IG. Aku nggak sengaja lihat saat buka Instagram. Entah di kota mana.. Aku mau pesan tapi aku pikirvnggak mungkin juga ntar sampai di kota ku manisannya sudah pasti rusak.
      Bogor memang tempatnya manisan aneka buah. Manisan pala juga banyak di Bogor.
      Sama di kota Malang juga aku nggak pernah nemu buah gandaria.
      Oh iya itu katanya Kal El di kome nya kalau di Jakarta 10 tahun yang lalu masih bannyak gandaria tapi kalau sekarang sudah jarang sekali sulit ditemukan gandaria, menandakan gandaria memang buah langka. Kalau di kota Ambon sana sampai sekarang masih banyak tanaman pohon gandaria yang berbuah pada musimnya.. Masih banyak di jual di sana paa musim nya.
      Semoga tanaman Gandaria lebih banyak dibudidayakan lagi di tanah air kita agar nggak sampai punah karena Gandaria adalah buah asli asal Indonesia.👌🙂

      Hapus
    2. Kurasa kalau di Bogor sih sekarang masih banyak pohon Gandaria, terutama di daerah Ciseeng yang masih banyak lahan perkebunannya.
      Mungkin kalau di Jakarta sudah kurang populer karena peminatnya berkurang.
      Ya semoga saja nantinya ada budidaya pohon ini agar produktif lagi di pasaran.

      Hapus
    3. Oh perkebunan nya di Ciseeng masih ada Ikut senang kalau di Bogor ternyata masih ada pohon Gandaria yang berbuah. Jadi masyarakat Bogor dan sekitarnya bisa ngerasain gandaria terus.. Jadi aku juga kalau kangen makan gandaria ntar ke Bogor aja nggak perlu jauh-jauh harus ke Ambon..Hehehe..😅

      Hapus
    4. Perkebunan sih bukan ya, tepatnya kuingat banyak rumah warga di Ciseeng sana pada nanam pohon gandaria ini.
      Ciseeng itu sebagian tanahnya berkapur dan ada sumber mata air panas belerang.
      Sayangnya file fotoku disana pada ikut ngilang, padahal unik bentuknya bukit dengan beberapa cekungan dan aku ingat berfoto nyemplung di cekungan batu.

      Hapus
    5. Oh bukan perkebunan tapi banyak pohon Gandaria yang ditanam oleh warga Ciseeng.
      Baguslah kalau begitu.
      Ouw tanah di sana banyak yang berkapur.. Jadi perbukitan di sana itu bukit batu kapur ya?
      Jadi dulu ada fotonya brad Him wisata ke bukit kapur tsb. Pasti unik
      fotonya. Sayangnya file nya hilang.
      Waktu itu nyemplung ke cekungan batu kapur tsb pasti terasa uap panas nya ya dekat sumber mata air panas belerang.

      Hapus
    6. Betul, kawasan disana batu berkapur. Mungkin itu satu penyebabnya pohon gandaria bisa tumbuh subur.
      Jadi di Bogor tuh karena berlimpahmya buah gandaria, sampai dijual dalam kemasan plastik seribuan di warung2 kampung begitu.
      Kalau di Jakarta dijadikan bahan campuran dalam rujak Bebeg.
      Kalau yang di bukit batu kapur, airnya ngga gitu panas sih menurutku.
      Cuma unik karena bukit kecil bamyak cekungan kolam.
      Nah kalau airnya yang lebih terasa panas lokasinya ada diseberangnya. Dibentuk taman dan ada pelengkap kamar2 bak rendamnya.

      Hapus
    7. Lah aku juga berpikiran yang sama apa karena tanahnya yang mengandung kapur itu jadi kemungkinan yang membuat pohon gandaria bisa tumbuh subur dan berbuah lebat.
      Wouw... murah banget dijual cuma seribuan jadi tambah kepingin beli gandaria di Ciseeng .😋 Bogor memang tempatnya aneka buah.
      Ooh jadi sumber mata air mengandung belerang yang lebih panas itu yang ada kamar bak rendamannya. Apa brad Him sempat rendaman juga di sana?
      Aku jadi menduga kalau brad Him dulu pernah tinggal lama di Bogor ya? Karena sampai ngerti banget seluk beluk kawasan Bogor. 🙂
      Aku beberapa tahun yang lalu juga pernah ke daerah Sentul ke pasar apung nya.

      Hapus
    8. 5 tahun aku dulu sempat tinggal di Bogor, kerjanya tetap di Jakarta.
      Jadi wara wiri naik KRL yang tiap jam hati kerja wadidaaaw ...super penuuh tiap gerbongnya.
      Dan bukan Himawan Sant kalau bukan biangnya ...keluyuran, wwwkkk.
      Tiap libur wilayah Bogor dan kota2 sekitar Bogor udah kuubek.
      Sampai Subang yang puluhan kilometer dari Bogor aja kujabanin.
      Berangkat subuh pulangnya dari lokasi tujuan besok subuhnya lagi langsung kerja.
      Waah aku malah belum pernah tuh ke pasar apung Sentul.
      Baguskah viewnya disana ?

      Hapus
    9. Wouw ternyata benar ya dulu pernah tinggal di Bogor?.lumayan lama juga 5 tahun. Jadii stay di Bogor terus berangkat kerja naik KRL tiap hari ke Jakarta. Capek juģà tapi sudah terrbiasa jadi enjoy aja ya meski gerbong nya penuh crowded .
      Wuiih.. iya ya.. Himawan Sant memang rajanya keluyuran... 😅nggak bisa diam ..wkwkwk.
      What dari travelling pulang subuh langsung kerja? Kuat ya? Hehehe😀
      Kalau nggak salah katanya pernah kerja di Depok juga ya? Apa rute nya tetap naik KRL Bogor-Depok?
      Oh dulu namanya pasar Ah-Poong adalah pusat kuliner di Sentul City.. di sana ada s danau buatan gitu trus ada perahu-perahu yang jualan makanan dan buah-buahan di atas perahu. Tapi aku nggak ke perahu nya cuma mampir makan di sekitarnya.. pusat kulineran itu kalau nggak salah join pemiliknya kerjasama seseorang dengan alm pak Bondan . Di Bogor saat itu siang tturun hujan. Katanya sich setiap hari di atas jam 1 siang Bogor selalu hujan. Apa iya benar begitu?


      Hapus
    10. Betul banget, dulu aku juga sempat tugas kerja di Depok dan benar banget juga kalau Bogor ...tuuuh hujan nyaris tiap hari.
      Rumah jadi cepat rusak kalau materialnya gunain kayu.
      Unik juga pasar apungnya, jadi keingetan pasar apung ala museum Angkut (☆▽☆)

      Hapus
    11. Oh nggak heran ya Bogor dijuluki kota hujan.. hampir tiap hari intensitas hujan nya tinggi. Dan nggak enak juga ya kalau rumah jadinya malah cepat rusak kalau dari kayu bisa cepat lapuk karena hujan..Hujan melulu jadi kurang ceria begitu hehehe...😀
      Kalau pasar Ah Poong di Sentul lebih luas. Oh iya pasar apung di museum angkut bagaimana ya kabarnya? Aku jadi pingin lagi ke muaeum angkut tapi bagaimana lagi pandemi... coba harga tiketnya diturunkan ya biar bisa narik pengunjung hehehe..😅

      Hapus
    12. Wuaaah .. itu .. ide yang cucok tenaaan!.
      Semestinya loh ya, di masa new normal begini harga tiket lokasi wisata diturunkan.
      Jadi, membantu keungan warga juga yang pengin ngilangin suntuk diam diri dirumah terus.
      Tentunya juga tetap ada peraturan ketat protokol kesehatan.

      Hapus
    13. Iya bener kan? Seharusnya begitu... di jaman new normal begini sebaiknya tiket pariwisata jangan mahal2 diturunkan aja.. wong sekarang itu keadaannya sudah kayak resesi ekonomi..
      Kalau mahal juga siapa yang mau wisata ke sana. Terus nanti pemasukan wisata juga menurun kasihan pegawainya terancam dirumahkan.
      Sekarang wisata harus murah bantu masyarakat biar bisa refreshing... nggak stress di masa pandemi di rumah aja.
      Iya tetap harus ada peraturan yang ketat sesuai protokol kesehatan.
      Orang orang juga jadi mikir 2 X kalau mau wisata ke lokasi yang mahal.. mending dipakai untuk beli kebutuhan sehari-hari atau ke tempat wisata yang murah aja.. hehehe

      Hapus
    14. Betul ntuuuh ;).
      Jika diperhatikan sekarang kemampuan daya beli konsumen menurun cukup drastis. Ini semua dirasakan oleh para wiraswasta.
      Moga buah Gandaria juga dipasok ke wilayah Jawa Tengah & Jawa Timur buat anti depresan di masa pandemi ini.

      Hapus
    15. Iya berul.. selama masa pandemi ini ekonomi masyarakat sangat menurun karena banyak yang di rumahkan dikeluarkan dari pekerjaannya. Daya beli masyarakat pun jadi menurun. So sad..
      Amin.. semoga buah gandaria bisa dipasok ke Jawa Timur & Jawa Tengah dengan harga terjangkau. Perlu ditingkatkan budidaya tanaman buah gandaria agar nggak sampai punah.
      Sorry artikel baru sedang digarap belum selesai kurang sedikit.

      Hapus
    16. Wokai, see ya on the next post ヽ(。◕o◕。)ノ.
      Kira-kira buah apa yang dibahas ya ...

      Hapus

    17. Oke see u on my next post..🙂

      Hapus
  2. Muy buena semana , siempre es un placer conocer las cosas que nos presentas . Un abrazo .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por. Su muy buena opinión y aprecio, es un gran honor para mí. Una vez mas, muchas gracias.🙏😊
      Ojalá todos los días obtengas bondad, felicidad y bendiciones.
      Mantente saludable y energizado
      Te di un abrazo amistoso🌺🌺🌺
      Saludos

      Hapus
  3. Gandaria sekarang sudah menjadi buah yang langka, tadinya mungkin sepuluh tahun yang lalu Gandaria masih gampang ditemukan di pasar-pasar tradisional atau di tukang -tukang buah bahkan di tukang rujak pun suka ada Gandaria sebagai buah campurannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola... Kal El apa kabar?
      Lama nggak muncul di sini..
      Sekarang blog nya Kal El banyak cerpen ya? Aku belum sempat baca cerpen nya. Ntar dech aku bewe ke sana. Tapi tetap nggak bisa dikomen ya? Soalnya kolom komen nya ditutup.
      Btw...bener ya buah Gandaria sekarang jadi langka karena sudah jarang ditemui. Mungkin sudah semakin punah ya? Coba ya misalnya dari dulu sudah dibudidayakan.. mungkin nggak akan sulit mencari gandaria.
      Wah enak ya dulu jualan rujak meati ada gandaria nya. Bikin tambah segar. Kalaupun sekarang di Jakarta ada buah Gandaria pasti harga nya bakal mahal ya?

      Hapus
    2. Ini baru mulai ngeblog lagi setelah hampir sebulan vakum. Malah sekarang tinggal cerpen aja post MP3-nya dihilangkan semuanya.

      Iya udah sangat langka udah lama ngga lihat buah Gandaria baik yang masih mentah atau yang sudah matang atau mungkin kalau lagi musimnya di toko buah segar yang besar mungkin ada. Buah Gandaria yang masih mentah selain enak dibuat rujak juga enak disayur pakai kecap buat makan nasi.

      Hapus
    3. Oh begitu jadi Kal El memang vakum sebulan ya?
      Sudah nggak ada lagu-lagu MP3 ya jadi sekarang sudah total nulis cerpen ya? Sip .. aku doakan dech ntar Kal El bisa jadi penulis cerpen sukses bisa nerbitkan cerpen dan novel ..👌😀
      Btw jadi memang sudah lama ya nggak lihat buah gandaria lagi di Jakarta? Oh bahkan gandaria yang muda juga nggak ada? Udah bener-bener langka ya?
      Iya kalau buah yang muda dibuat campuran sambal gandaria enak banget. Gandaria muda maksudnya buat lalapan mentah atau dimasak buat sayur? Makannya pakai nasi pasti jadi tambah selera ya?.hehehe

      Hapus
    4. Yup vakum hampir sebulan, niatnya mau bikin cerpen lagi tapi apalah daya saya bukan cerpenis beberapa kali bikin cerpen tapi mentok hanya beberapa paragraf saja.

      Seumur-umur belum pernah makan sambal Gandaria tapi kalau rujak tumbuk yang pakai Gandaria sudah sering. Atau Gandarianya disayur seperti pindang bandeng tapi ngga pakai bandeng hanya Gandaria mentah aja.

      Hapus
    5. Iya nggak apa-apa Kal El, aku tahu kalau bikin cerpen itu nggak mudah. Nggak bisa dipaksakan untuk nulis sebuah cerita.
      Harus ada inspirasi yang kuat dan penuh untuk menuangkan suatu isi cerita yang baik.
      Mungkin awalnya memang begitu. Mungkin kalau sudah sering menulis cerpen pasti lama kelamaan akan otomatis muncul berbagai ide cemerlang untuk bahan tulisan cerpen.

      Oh gandaria sering digunakan untuk rujak tumbuk ya?
      Di buat sayur juga ya ? Pasti enak..
      Setahuku di Jakarta itu tempatnya sambal.gandaria muda. Nggak ngerti lagi kalau sekarang mungkin sudah jarang karena gandaria sudah langka

      Hapus
  4. Nice photos.
    Stay safe.
    Have a wonderful day :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your opinion and apreciation 🙏🙂
      Stay safe also there Hanna..
      Have a wonderful day..🌺🌺🌺
      Regards..

      Hapus
  5. La gandaria, una especie que tiene propiedades nutricionales, y se puede preparar desde diferentes formas. Esa fruta es muy propia de l sudeste asiaático. Un abrazo. Carlos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento, Carlos 🙏🙂
      Es cierto que el fruto de Gandaria tiene nutrientes y propiedades y se puede procesar de diversas formas.
      Tu opinión es correcta de que esta Gandaria es una planta frutal típica del sudeste asiático.
      Que tengas un buen día
      Abrazo de amistad
      Saludos.

      Hapus
  6. Muchas gracias por este articulo,imagínate de este lado del mundo ni siquiera la oímos nombrar,pero como digo siempre,viviendo y aprendiendo,cariños.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias Faris por tu agradecimiento🙏🙂
      Esté de acuerdo con sus palabras de que cuando mira una parte del mundo nunca ha oído hablar de un nombre antes, pero debe aprender a agregar perspicacia y conocimiento.
      Espero que este artículo pueda ser útil y aportar información a todos ellos.
      Gracias por su visita.
      Que tengas un buen día🌺🌺🌺
      Saludos

      Hapus
  7. This fruit looks very interesting ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation 🙏🙂
      Yes, it is true this is the original gandaria fruit from Indonesia. Gandaria is a rare fruit that has many nutrients and benefits.
      Have a nice day🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  8. Linda historia la de tu infancia, imagino lo agotador que era.
    Tienes razón esa fruta yo no la conocía, pero se ve rica y sus beneficios interesantes.
    Siempre nos sorprended con buenos artículos muy útiles que siempre enseñan algo.
    Un abrazo Justcherry, abrazos amiga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gracias Jorge por tu aprecio por mi infancia en ese momento.🙏🙂
      Sí, es cierto que cuando era niño me sentía muy cansado porque tenía que seguir corriendo por el monumento.
      Es genial leer sus comentarios a quienes les gusta mi artículo.
      Muchas gracias Jorge me siento halagado.🙂
      Espero que mi publicación pueda ser útil y útil para todos.
      Abrazo para ti Jorge, abrazo para amigos
      Que tengas un buen día
      Saludos

      Hapus
  9. Pertama liat gambarnya, aku pikir buah markisa, ternyata malah mirip buah mangga.

    Saya belum pernah sih makan buah gandaria, karena di sini susah nemunya tuh. Bahkan kayaknya saya belum pernah liat.

    Padahal khasiatnya banyak banget tuh, bahkan bisa mengeluarkan racun dan memperkuat imun tubuh, mantap banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh awalnya ngiraini buah markis ya? Hehehe..😀
      Iya Gandaria ini termasuk buah langka jadi yang nggak mesti ada di setiap daerah. Penyebaran nya sebenarnya banyak tapi pohon yang tumbuh subur hanya di beberapa daerah saja. Populasinya nggak banyak Langka jadi nya.

      Iya benar meski langka tapi kelebihannya buah gandaria itu memiliki nutrisi tinggi kaya serat dan manfaatnya banyak antara lain menghancurkan lemak perut, menetralkan racun.
      Moga suatu saat mas Rudi bisa ngerasain buah gandaria ini.

      Hapus
  10. Me pareció divertido tu relato y la verdad no conocía esa fruta y me dio ganas de probarla. Te mando un beso

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por el agradecimiento🙏🙂
      Sí, es cierto que la historia de mi infancia es divertida, espero que entretenga.
      Sí, entiendo si no está familiarizado con esta fruta gandaria, porque está clasificada como una fruta rara y solo crece en el sudeste asiático. La fruta de Gandaria sigue siendo una familia de mangos.
      Gracias por enviar un beso amistoso tuyo.
      Ten un buen dia
      Saludos

      Hapus
  11. Saya belum pernah makan buah ini, tapi saya sangat suka mangga. Tetapi saya dapat melihat bahwa gandaria memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, jadi saya ingin mencobanya kapan-kapan.
    Terima kasih telah berbagi.
    Salam hangat untukmu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation.🙏🙂
      Saya surprise anda menulis komen dalam bahasa Indonesia dengan lancar. Terima kasih 🙏👌
      Senang ternyata anda juga menyukai buah mangga.
      Iya gandaria ini masih satu familia dengan mangga.
      Termasuk buah langka dan hanya tumbuh di kawasan Asia Tenggara.
      Benar meski unik dan langka buah gandaria memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
      Sama-sama.. semoga suatu saat anda bisa merasakan buah gandaria .
      Salam hangat juga untuk anda..
      Have awonderful day..

      Hapus
  12. Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation 🙏🙂
      Regards..

      Hapus
  13. Hola Justcherry, curioso fruto nos das a conocer. Además tiene muchos beneficios para la salud gracias a sus nutrientes. Espero te encuentres bien junto a tu familia. Cuídate mucho y sé feliz. Un abrazo desde mi país.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola Lady Blue..
      Muchas gracias por tu agradecimiento. 🙏🙂
      Es cierto que el fruto de Gandaria tiene un encanto que despierta la curiosidad de la gente. Desafortunadamente, la fruta de Gandaria es una fruta rara y solo crece en el sudeste asiático. Ojalá algún día puedas degustar la fruta de Gandaria y sus beneficios.
      Gracias por la oración.🙏
      Espero que usted y su familia estén bien. Mantente feliz y optimista.
      Ten un día maravilloso🌺🌺🌺
      Saludos y abrazos desde mi país

      Hapus
  14. I have never heard of this until now! I must try it, it looks tasty :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for the appreciation.🙏🙂
      Gandaria fruit is classified as a rare fruit that only grows in Southeast Asia.
      The taste of the fruit of Gandaria is sweet and sour and refreshing has many benefits and nutrients for health.
      Hopefully one day you can taste the fruit of Gandaria and its benefits.
      Have a nice day🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  15. Que maravillosa entrada informativa!! Siempre con comidas y frutas saludables y todo lo necesario para cuidarnos y llevar una dieta mas sana y nutritiva!!! Me ha gustado muchísimo!!!! saludos y muiy buena semana!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu opinión y agradecimiento que es extraordinario me halaga🙏🙂
      Muchas gracias. . 🙏
      Es cierto que durante esta pandemia, es muy necesario aumentar nuestro sistema inmunológico mediante el consumo de alimentos nutritivos.
      Me alegra compartir información con otros.
      Ojalá esta entrada pueda ser de utilidad para cualquiera.
      Ten una maravillosa semana🌺🌺🌺
      Saludos.

      Hapus
  16. Baru kali ini aku lihat buah Gandaria, bentuknya unik ya, biarpun masih satu keluarga dengan mangga tapi beda bentuknya malah mirip markisa.

    Buahnya tumbuh subur di Ambon ya, kalo disini yang tumbuh subur malah nangka, kalo di Jawa tengah mangga.

    Tinggi juga ya buah Gandaria sampai 30 meter, ngga terbayang gimana tingginya, naik pohon nangka yang tingginya 10 meter juga udah ngeri kalo pas naik banyak angin.😂

    Banyak banget manfaat buah Gandaria ya, sebagai anti oksidan, mencegah sel kanker, sebagai vitamin C biar kulit halus dan bisa menghilangkan lapar juga.🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh baru ini lihat ya mas Agus ? Inilah buah gandaria yang unik dan langka hehehe..🙂👌
      Iya buah gandaria masih satu keluarga dengan mangga , tapi ada yang bilang mirip buah markisa. Beda nya markisa bijinya kecil-kecil dan banyak. Sedangkan gandaria bijinya hanya satu. Tekstur daging buah gandaria mirip dengan buah mangga tapi lebih banyak mengandung air, Rasanya asam manis segar karena itu cocok sekali dibuat manisan, juice atau dimakan begitu saja sebagai buah segar.
      Buah gandaria cukup populer di Ambon sudah menjadi ciri khas buah dari pulau maluku.
      Aku saat masih di Ambon dulu waktu kecil ingat kalau mau nyeberang sama kapal Feri dan sementara nunggu kapal Feri nya datang aku mesti jajan dulu beli buah gandaria. Dimakan begitu aja. Jadi ingat masa kecilku yang indah di sana hehehe...
      Iya gandaria mengandung vitamin C bisa mengobati sariawan juga, selain itu serat tinggi nya bisa membuat rasa kenyang lebih lama😀

      Hapus
    2. Jadi ingat masa kecil ya mbak Fidy kalo lihat buah Gandaria, apalagi mbak kan pernah hidup di Ambon ya.

      Kalo aku buah masa kecil yang aku suka itu keduwet mbak, yang kalo udah masak itu warnanya hitam, kalo belum masak warnanya ungu

      Hapus
    3. Iya lihat gandaria jadi ingat masa kecilku di sana hehehe
      Oh mas Agus masa kecul dulu suka buah juwet? Namanya keduwet kalau di sana? Bukan nya buah juwet itu rasanya asam ya? Atau manis kalau matang? Warnanya ungu kehitaman ya. Aku belum pernah makan juwet.

      Hapus
  17. Balasan
    1. Thank you for the appreciation🙏🙂
      Oh I'm sorry this isn't pomegranate.
      This is a rare fruit called Gandaria fruit.
      Gandaria fruit only grows in areas of Southeast Asia.
      Gandaria has a lot of nutrients and vitamins.
      Hopefully one day you can taste the fruit of Gandaria and its benefits.
      Regards

      Hapus
  18. Yaampun, udah kepala 3 aku baru tau kalau Gandaria itu ternyata nama buah ya mbak, astaga, aku mainnya kurang jauh. Di jakarta ada tuh Gandaria City, tp itu mall ahhahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...iya nggak apa-apa mbak Ursula, banyak yang nggak tahu Gandaria.😀 Bisa jadi mungkin Gandaria jarang dapat ditemui di pasaran. Karena termasuk buah langka dan pohinnya hanya bisa tumbuh aubur di daerah-daerah tertentu.
      Iya benar di Jakarta ada mall Gandaria City. Aku penah berkunjung ke Gandaria City.
      Aku pikir, wah hebat juga lho gandaria dipakai sebagai nama mall hehehe..😅

      Hapus
  19. What a great story about Tiahahu! I have never known this kind of fruit. This is very interesting and the juice looks so good, I want to try some too :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for the appreciation
      Yes, this gandaria fruit is very interesting because it is a rare fruit but has many benefits.
      Gandari fruit is only grown in Southeast Asia. The herb gandaria juice mixed with other ingredients is very healthy.
      Hopefully one day you can taste the rare exotic fruit gandaria from the tropical country of Indonesia
      Have a great day
      Regards

      Hapus
  20. baru kali ini mbak gw denger buah gandaria, sepertinya buahnya enak dan menyegarkan, dan yang pasti banyak manfaatnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Khanif gandaria tergolong buah langka jadi jarang ada di pasaran.
      Teksturnya mirip dengan mangga hanya lebih banyak mengandung air rasanya asam manis segar .
      Benar buah unik eksotis ini banyak manfaatnya👌
      Kapan-kapan Khanif harus nyoba rasa Gandaria buah asli Indonesia🙂

      Hapus
    2. Ayo mas khanif borong buahnya, kalo disana ngga ada, coba pergi ke Ambon, pasti ada ya mbak.😀

      Hapus
    3. Wkwkwkwk...😅 iya di Ambon pasti ada buah gandaria kalau lagi musimnya..
      Lah Khanif apa mau juga ke Ambon?

      Hapus
  21. It's an excellent source of vitamin C

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much Giorgio for your appreciation🙏🙂
      Yes it's true.. Gandaria has excellent source of vitamin C and many benefits for health.👌
      Thanks a lot for your visit here.
      Have a great day ..
      Regards

      Hapus
  22. Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation🙏🙂
      Yes it's true Gandaria is rare fruit that yummy and have source of vitamin C and many benefits for health.👌
      Have a great day ..
      Regards

      Hapus
  23. Waah ternyata mbak Fidy dulu pernah tinggal diAmbon Maluku yaa...😊😊 Dan dekat dengan monumen pahlawan Nasional Christina Martha Tiahahu... Cristina ini kalau tidak salah suami dari pahlawan Nadional Patimura yaa.😊😊


    Naah bicara soal buah Gandaria tak asing bagi saya karena pernah dapat dari saudara khas dari pulau sumatra katanya.😊😊 Cuma Asaammmnya minta ampun...dan warnanya juga agak kehijauan.😊😊

    Berbeda dengaan Gandaria yang khas Maluku yang manis hampir setara dengan buah mangga..Mungkin karena tekstur tanah yang berbeda yang membuat buah Gandaria ada yang asam dan ada juga yang manis..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar aku waktu kecil pernah tinggal di kota Ambon.mas Satria.
      Tempat tinggalku jaraknya kira-kira kurang lebih 200 meter ke lokasi monumen patung Christina Martha Tiahahu. Pertanyaan nya mas Satria membuat aku bolak balik sejarah lagi hehehe.. nggk apa-
      apa. Dari penelusuranku pahlawan wanita tangguh ini bukan istri dari Pattimura tapi Christina Martha Tiahahu adalah anak dari kapten Paulus Tiahahu dimana Paulus Tiahahu ini adalah teman dari pahlawan Thomas Matulessy nama asli dari kapten Pattimura. Sedari remaja Christina Martha Tiahahu adalah seorang wanita pemberani yang terbiasa membantu ayahnya dalam pertempuran melawan penjajah Belanda. Ayahnya Paulus Tiahahu yang meminta kepada kapten Pattimura agar anaknya diikutsertakan dalam aksi perjuangan melawan penjajah. Banyak jasa pahlawan Christina Martha Tiahahu antara lain berhasil merebut benteng yang diduduki Belanda. Sayangnya pada akhir hidupnya Christina Martha Tiahahu ditawan oleh Belanda, beliau sakit dan meninggal. Jenazah Christina Martha Tiahahu dibuang ke dalam laut Banda oleh penjajah Belanda.
      Sosok wanita pemberani dan tangguh ini berkat semua jasa-jasanya beliau dinobatkan menjadi pahlawan nasional wanita yang terkenal asal Maluku Indonesia dan monumen patung Christina Martha Tiahahu ini dikenal sebagai ikon dari kota Ambon.🙂

      Ooh jadi mas Satria pernah dapat buah Gandari dari Sumatra tapi rasanya asam ya? Mungkin belum matang benar buahnya..😀
      Iya sependapat dengan opini mas Satria kalau kemungkinan besar tekstur tanah yang berbeda ikut juga mempengaruhi rasa buah gandaria. Mungkin di pulau Ambon tekstur tanahnya cocok ditanami pohon Gandaria jadi bisa berbuah subur dan lebat. Gandaria nya pun teksturnya mirip daging buah mangga dan rasa nya manis segar..👌🙂😀


      Hapus
  24. That fruits look delicious! And a very good source of vitamins, seen the period!

    XO
    S
    https://s-fashion-avenue.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation🙏🙂
      Yes it's true Gandaria fruit is yummy have nutritious and source of vitamin C which useful for health.
      Hopefully someday you can taste it.
      Have a nice week end..🌺🌺🌺
      Regards..

      Hapus
  25. Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation 🙏🙂
      Have a nice week end..
      Regards..

      Hapus
  26. Este es un testimonio que les diré a todos que escuchen. He estado casado durante 4 años y en el quinto año de mi matrimonio, otra mujer tuvo un hechizo para quitarme a mi amante y mi esposo me dejó a mí y a los niños y hemos sufrido durante 2 años hasta que me refería a una publicación donde esta hombre Dr. Wealthy he ayudado a alguien y decidí darle una oportunidad para que me ayude a llevar a mi amado esposo a casa y créanme, solo le envié mi foto a él y la de mi esposo y después de 48 horas, como me dijo, vi un automóvil entró en la casa y he aquí que era mi esposo y él ha venido a mí y a los niños y es por eso que estoy feliz de hacer que todos ustedes estén en problemas similares para reunirse con este hombre y hacer que su amante vuelva a ser su email: wealthylovespell@gmail.com o también puedes contactarlo o whatsapp en este +2348105150446 ..... muchas gracias Dr.Wealthy. ...

    BalasHapus
  27. Fix ini buah blm prnh aku makan sm skali 😄😄, karena di pasar jg jarang banget ngeliat buah ini 😣😣.. kalo kebetulan ada, pengen beli coz pengen tau rasanya spt apa 😁😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh jadi belum pernah ngerasain buah Gandaria ? Iya sich di pasaran jarang ditemui buah gandaria. Di Jakarta dulu sering dijual jadi campuran rujak bebeg atau rujak tumbuk.
      Wah penasaran ya sama buah unik ini?😅
      Tenang.. bisa kok, kalau mau dapetin buah gandaria.. ada tempatnya di Bogor katanya banyak gandaria di daerah Ciseeng Bogor. Buruan dech ke Bogor 😀
      Rasanya gandaria itu asam manis segar kayak mangga tapi lebih banyak mengandung air enak dibuat rujak, manisan , jus atau dikonsumsi begitu aja juga enak👌
      Selamat berburu gandaria di Bogor😀😅

      Hapus
  28. Great post . This fruit looks delicious
    Have a lovely week

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation🙏🙂
      Yes, it is true that Gandaria is a delicious and fresh fruit. Unfortunately it is classified as a rare fruit. and rarely found on the market.
      Hopefully one day you can taste the fruit of gandaria and its benefits.
      Have a lovely weekend🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  29. iya ya, teksturnya mirip mangga
    Saya kok jadi penasarn banget seperti apa rasanya ya
    Wah mabon memang hemat ,tidak hanya soal pemandangan alamnya tapi juga punya buah khas Gandaria

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Djangkaru, buah gandaria teksturnya agak mirip dengan buah mangga hanya gandaria lebih banyak mengandung air.
      Penasaran ya sama buah gandaria😀 Rasanya manis, asam segar cocok dibuat rujak, manisan,juice, sirup atau dimakan langsung.
      Sayangnya gandaria tergolong buah langka jarang ditemui di pasaran.
      Dulunya gandaria banyak di Jakarta dijual sebagai campuran rujak. Tapi kalau mau mas Djangkaru bisa dapetin buah gandaria di xaerah Bogor karena di Bogor masih terdapat buah gandaria di sana terutama di daerah Ciseeng katanya begitu.
      Makasih banyak apresiasinya mas Djangkaru atas apresiasinya terhadap kota Ambon yang menyimpan pesona cantik pemandangan alamnya.🙏🙂
      Benar buah gandaria sudah menjadi ciri khas dan populer di Ambon karena tumbuh subur di sana.😀

      Hapus
  30. Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation🙏🙂
      Gandaria is a delicious and fresh fruit and have many nutritious and benefits for health.
      Hopefully one day you can taste the fruit of gandaria and its benefits.
      Have a lovely weekend🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  31. Wow, aku sedikit iri kamu tinggal di tempat yang indah beautiful
    sedikit kurang dari pelajaran olahraga ini ...
    Ini pertama kalinya saya mendengar tentang buah gandaria - di negara saya saya tidak akan mendapatkannya
    salam Hormat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation Lili 🙏🙂
      Ouw why are you a little jealous of me? Is it because I used to live in a beautiful place? Oh, it has been a long time ago when I was a kid 😀
      I spent my childhood in the city of Ambon, an island surrounded by blue sea. Many beautiful bay beaches that can be visited.👌
      Apart from its beautiful natural wealth, Ambon's typical fruit is Gandaria which is popular there.
      Gandaria texture similar to mango, sweet and sour fresh. This has many health benefits.
      Yes I think so, you will not find this fruit in your country.
      Gandaria is a rare fruit and only grows in Southeast Asia.
      Hopefully one day you can taste the fruit of Gandaria and its properties.
      Have a wonderful weekend🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  32. Me gustan mucho la frutas y estas se ven muy apetitosas.

    Que tengas un feliz día.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por el agradecimiento 🙏🙂
      Agradable que te gusten las frutas porque son una fuente de vitaminas y nutrientes que son muy importantes para la salud.
      Ojalá algún día puedas probar la fruta Gandaria y sus beneficios
      Que tengas un buen día
      Saludos

      Hapus
  33. I'd not heard of this fruit, many thanks for the article.

    All the best Jan

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome ..
      Thank you very much for your appreciation🙏🙂
      It's fine if you haven't heard of this fruit.
      Hopefully someday you can taste Gandaria fruit and its benefits.

      All the best too ...
      Have a nice weekend
      Regards

      Hapus
  34. I've never heard of this fruit either, thanks for sharing the info.
    Have a nice weekend, stay safe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation🙏🙂
      It's fine if you haven't heard of this fruit.
      Hopefully someday you can taste Gandaria fruit and its benefits.

      Have a nice weekend
      Regards

      Hapus
  35. How I wish I could read more of your post. Gandarian fruit is new to me as well.
    I hope your weekend is lovely - and delicious.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for the appreciation🙏🙂
      Previously, I apologize if you encounter problems in reading my posts.
      Hopefully google translate in my next article can run effectively.
      Thank you very much
      Gandaria fruit is classified as a rare fruit so it is difficult to find in the market.
      Hopefully one day you can taste the fruit of Gandaria and its benefits.
      Have a wonderful weekend
      Regards

      Hapus
  36. Seriusan buah ini enak banget.. hahah
    Terakhir makan kayanya 2017, pas saya ngunjungin Semarang.. Tetiba baca artikel ini, jadi kangen pngen lagi.. Sayang banget dikota tempat saya tinggal nggak ada buah kaya beginian apa karena saya belum nyari ke semua tempat kali yah.. Nnti tak coba cari online..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah pernah ngerasain buah gandaria ya maa Bayu? Enak dan segar kan?👌
      Oh terakbir makan buah ini di Semarang tahun2017 ya? 😀
      Kalau aku terakhir makan buah gandaria tahun 2016 di Surabaya. Itu juga dapat buah ini oleh-oleh dari Ambon.😅
      Iyadi kota tempat tinggal mas Bayu sekarang nggak nemuin buah inj karena memang buah gandaria tergolong buah langka dan nggak di setiap daerah ada.. hehehe..
      Aku pernah nyoba cek di online adanya cuma bibit tanaman gandaria aja. Buahnya nggak teraedia hehehe..
      Kalau mau sich .., maa Bayu bisa kik berburu gandaria di Bogor di sana masuh ada buah gandaria terutama di daerah Ciseeng.
      Semoga saja buah Gandaria ini bisa terus dibudidayakan di berbagai daerah agar nggak sampai punah , mengingat buah gandaria ini adalah buah asli khas Indonesia.

      Hapus
  37. Di Palembang, buah ini disebut sebagai "gandorio". Sebab kami berbahasa melayu dengan mazhab -o. Kata yg dalam bahasa indonesia berakhiran -a, akan menjadi -o dalam bahasa kami 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, Gandorio juga jadi nama gang di deket rumahku loh mbak.. 😀

      Hapus
    2. Ooh kalau di Palembang namanya gandorio ya? Unik ya hehehe..
      Di pulau Sumatera memang rata-rata bahasa nya ciri khas nya menggunakan dialek bahasa Melayu ya? 😀
      Oh jadi ntar kalau ada teman yang nyari gampang aja tinggal nanya sana sini.. itu Dodo yang rumahnya dekat gang gondorio.. wkwkwk..😅
      Wah unik lho kalau namanya artisnya jadi Dodo Gondorio... 👌

      Hapus
    3. Wkwkwkwk... becanda kok mas Dodo..😀

      Hapus
  38. Duh, Mbaaaaaak. Jangankan masih SD, aku aja yang dulu SMA padahal fisik seharusnya lebih kuat daripada anak SD malah gak kuat lari, Mbak. Ingat banget aku ujian praktek SMA dulu nyaris semaput gara-gara lari. Padahal gak jauh-jauh amat larinya.😭😭😭

    Ngomong-ngomong sayang banget buah ini langka, mbak. Padahal kelihatannya enak manis seger kecut gitu ya. Dan manfaatnya juga banyak banget. Duh, jadi pengen cobain. Tapi haruskah aku ke Ambon buat nyobain ini..😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa .benar .mbak Roem..👌, mau anak SD atau SMA yang namanya olah raga lari itu ya berat... apalagi bagi kita cewek.. Ooh mbak juga ya saat ujian praktek olah raga lari hampir pingsan?😱
      Kalau lari nya itu dapat duit mah enak ya hilang lelahnya.
      Lah apalagi disuruh lari naik turun tangga beberapa kali putaran itu kok tega gitu nyuruh anak SD begitu? Heŕman... eh heran aku..🤔
      Kalau dipikir-pikir murid -murid sekolah sekarang enak ya mbak? Sekarang nggak ada lagi guru yang berani galak ke muridnya.
      Iya mbak sayangnya buah gandaria ini tergolong buah langka. Bener buah gandaria ini kalau matang benar enak teksturnya agak mirip mangga hanya lebih banyak mengandung air rasanya manis, asam dan segar. Cocok dibuat manisan, juice, asinan, rujak, sirup atau dimakan langsung.
      Aku juga jarang sekali nemu buah ini, terakhir makan buah gandaria tahun 2016 itu juga oleh-oleh dari Ambon.
      Wkwkwkwk...😅mbak Roem nggak perlu jauh-jauh ke Ambon kok untuk ngerasain buah Gandaria ini. Kalau misalnya punya teman atau saudara yang tinggal di Bogor bisa nitip beli minta dikirimin buah ini, karena katanya masih banyak buah gandaria yang tumbuh lebat di daerah Bogor. 😀

      Hapus
  39. Thank you so much for this very interesting post, Cherry!👍
    I had never heard of this fruit before, and it's sounds wonderful. I will have to try to find some here!

    Have a fabulous day...and stay safe, my friend.🙏🙏😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your opinion and appreciation Ygraine.
      Glad to know you liked my article. It's flatter me.🙏😊
      Yes, this fruit tastes good, the texture is like a mango, it tastes sweet, sour, fresh.👌
      Unfortunately this gandaria fruit is classified as a unique fruit that only grows in Southeast Asia.
      Hopefully someday you will be able to taste the fruit of Gandaria and its benefits.

      Have a wonderful day ....
      stay saffe there my kindly friend Ygraine.🌺🌺🌺
      Regards

      Hapus
  40. I wasn't familiar with this Asian fruit. Thank you for explaining it to us. I will try it if I get an opportunity.

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome.
      Thank you very much for your appreciation.🙏🙂
      I understand if you are not familiar with this fruit.
      Gandaria fruit is indeed classified as a rare fruit and only grows in Southeast Asia.
      Hopefully someday you will have the opportunity to taste the fruit of Gandaria and its benefits.
      Have a nice day
      Regards.

      Hapus
  41. oh...ternyata banyak manfaatnya dari segi kesehatan.
    enak minum juice, apalagi saat panas.....
    mantap dan bermanfaat artikelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mr.Tanza.. buah Gandaria buah langka yang banyak manfaatnya .
      Benar kalau panas enak minum jus gandaria atau ramuan gandaria yang menyehatkan.
      Makasih banyak apresiasinya dan kunjungannya mr. Tanza 🙏🙂

      Hapus
  42. This fruit looks so tasty ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation🙏🙂
      Have a nice day
      Regards..

      Hapus
  43. Balasan
    1. Muchas gracias tu opinión y aprecio aprecio.🙏🙂
      Que tengas un buen día
      Saludos

      Hapus
  44. Ya Allah.... baru kali ini mbak, saya tahu kalau ada buah bernama Gandaria, kalau di jawa istilahnya apa ya? sama kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh pak dokter baru tahu ini ya? Nggak apa-apa..hehehe 😀 kalau di pulau Jawa memang jarang ditemui di pasaran karena termasuk buah langka. Sebenarnya penyebaran tanaman gandaria ini ada di berbagai daerah di tanah air hanya saja nggak di semua tempat tanaman gandaria bisa tumbuh subur. Kebetulan di pulau Ambon tanaman pohon gandaria tumbuh subur dan populer di sana. Kalau kepingin di Bogor juga masih ada buah gandaria.
      Iya sama aja istilahnya di Jawa. Gandaria bahasa Indonesia nya pak dokter.
      Suatu hari pak dokter harus nyobain buah gandaria ini sensasi rasanya menyegarkan.👌🙂

      Hapus
  45. Me gusta la fruta y esta es desconocida por aquí. Recuerdos de infancia que quedan en nuestra memoria para siempre. El lugar de la estatua es precioso. Fantástica vista.
    Buen jueves. Deseo que estés bien. Cuídate.
    Un abrazo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento.🙏🙂
      Es bueno saber que te encantan las frutas.
      La fruta de Gandaria está clasificada como rara y rara vez se encuentra en el mercado.
      Entiendo que no hay frutos de gandaria.
      Ojalá algún día puedas degustar los beneficios de la Gandaria Beaerta.
      Estoy absolutamente de acuerdo en que los recuerdos de nuestra infancia nunca se perderán en nuestros recuerdos y durarán para siempre.
      Muchas gracias por su opinión sobre la ubicación de esta estatua de heroína. Los visitantes podrán ver la vista de la hermosa ciudad rodeada por el hermoso mar desde lo alto de la colina donde se encuentra el monumento a la estatua de este héroe.
      Viernes bendito. 🌺🌺🌺
      Espero que estés bien y ahí.
      Un abrazo.
      Saludos

      Hapus
  46. sepertinya buah ini ada loh teh di tempat kami, tapi apa ya namanya, lupa saya, pohonnya memang besar dan bisa di makan buahnya ketika sudah di rebus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sana juga ada ya buah gandaria? Okelah kalau begitu.
      Oh ya? buah nya direbus? setahu ku buah gandaria matang segar itu dimakan langsung. Atau dibuat manisan atau di juice.
      Mungkin beda-beda ya tiap daerah.. hehehe

      Hapus
  47. Un articulo muy interesante. No había oído hablar de esta fruta, que por lo que cuentas es fantástica.
    Saludos desde España.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por tu agradecimiento. 🙏
      Tu opinión me halaga. Gracias. 🙂
      Entiendo que nunca has oído hablar de esta fruta. La fruta de Gandaria se clasifica como una fruta rara y rara vez se encuentra en el mercado.
      Ojalá algún día puedas degustar la fruta de Gandaria y sus beneficios.
      Que tengas un buen día
      Saludos

      Hapus
  48. Que bonitos recuerdos de infancia. Y esa fruta se ve deliciosa. Un placer visitarte y conocer tu tierra. Saludos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muchas gracias por su atención y opinión. 🙏
      Sí, es cierto un hermoso recuerdo de la infancia que siempre está ahí para siempre.
      Me siento muy honrado de saber que estás feliz con mi tierra.
      Muchas gracias por tu agradecimiento.🙏🙂
      Con suerte, una visa garianda tendrá un sabor delicioso y fresco de la fruta gandaria y sus beneficios.
      Ten un buen fin de semana
      Saludos

      Hapus
  49. Mbaaa aku baru tau Gandaria dari Ambon. Dan baru liat ternyata kalo udh Mateng manis yaaa.

    Gandaria kadang2 dijual dipasar Deket rumahku. Memang ga tiap saat, Krn musiman. Dan agak mahal. Tp biasanya Ama almarhum asistenku yg lama dibikin sambel. Yg msh ijo kulitnya. Itu enaaaak bgt. Kecut2 pedeees, dan aroma Gandaria khas bgt kan yaaa. Aku paling seneng kalo dia udh bikin sambel Gandaria. Cocolan utk lalapan ato utk arem2 , manteeep banget :D.

    Ga prnh ada yg jual dalam kondisi Mateng kalo di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Fanny, buah gandaria populer dan banyak terdapat di Ambon kalau pas musimnya.
      Sebenarnya penyebaran tanaman gandaria ada di mana-mana di tanah air , tapi nggak semua tempat bisa tumbuh subur dan akhirnya populasinya sedikit sehingga langka. Kebetulan di Ambon pohon gandaria bisa berbuah lebat.
      Iya benar kalau benar-benar matang gandaria bisa manis rasanya. Teksturnya bila matang mirip mangga hanya gandaria mengandung lebih banyak air.

      Oh dulu alm asisten nya mbak Fanny sering buat sambal gandaria ya? Benar sambal gandaria muda aroma nya khas . Enak bamget makan lalapan sama sambal gandaria.👌
      Ooh jarang ditemui gandaria matang ya di sana?.
      Kabarnya sich di daerah Bogor masih banyak terdapat gandaria matang terutama di daerah Ciseeng. Biasanya gandaria matang dijual dalam olahan manisan, sirupa atau gandaria segar.
      Semoga mbak Fanny suatu hari bisa mencicipi buah gandaria matang beserta manfaatnya..




      Hapus
    2. kemarin pas ke Ambon sempat nyobain ini, arah ke Bandara banyak sekali mama mama yang jual di pinggir jalan. Awalnya tidak begitu tertarik tapi karena sepanjang jalan banyak yg jual akhirnya tertarik beli buat nyobain dan rasanya memang manis manis kecut tapi bikin nagih lho apalagi kalau udh dimasukin kulkas dulu tambah mantep deh rasanya.

      Hapus
    3. Wah mbak malah sempat ke Ambon ya kemarin?
      Wah pasti asyik ya jalan-jalan ke kota Ambon. Aku sudah nggak pernah ke Ambon lagi semua keluarga dan saudara sudah pindah ke Jawa.
      Iya ya kalau belum ngerasain buah gandaria mungkin nggak akan tahu ya? Setelah sekali ngerasain buah gandaria pasti rasanya bikin nagih. .. manis asam segar..
      Iya benar apalagi ditaruh di kulkas dulu setelah itu di santap... wah mantap banget 👌👍😀

      Hapus
  50. Very interesting article! Have a great weekend! 🍁🍂🍁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much for your appreciation🙏🙂
      Hopefully someday you can taste Gandaria fruit and its benefits.
      Have a nice weekend🍁🌺🍁
      Regards

      Hapus
  51. Sio saja e gandaria paling andalan, salam kenal kawan baru.

    Gandaria, baru teringat kembali melalui post ini. terima kasih telah mengingatkan kembali tentang masa kecil dulu dan nostalgia buah gandaria. Oh ya saya mampir karena ada kata timoer hehehe dalam judul tulisan ini. Buat bangga, saya senang buah gandaria diulas di blog yang sangat ramai ini... salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sio gandaria memang andalan. Salam kenal juga kak Martin.
      Ikut senang jika buah gandaria ini bisa membuat kak Martin jadi mengenang nostalgia masa kanak-kanak dulu.
      Pasti indah masa kecil dulu.
      Oh begitu jadi karena ada kata Timur pada judul artikel ini ya yang membuat kak Martin mampir ke sini. Makasih kak Martun atas kunjungannya ke blog saya ini. 🙏🙂
      Terima kasih atas apresiasinya , semoga blog kak Martin juga akan ramai pengunjung dari mancanegara.
      Salam

      Hapus
    2. Wah luar biasa, disambut dengan sangat ramah, senang sekali berkunjung ke sini. Hehehe saya lokal saja dulu mbak karena tidak paham Bahasa Inggris, walau ada google translete namun lebih nyaman dengan teman - teman yang bahasanya saya pahami.

      Sekali lagi terima kasih atas sambutannya yang ramah. salam.

      Hapus
    3. Wah kak Martin bisa aja... terima kasih atas penilaiannya..🙏
      Saya merasa biasa-biasa ssaja..hehehe
      Saya berusaha ramah kepada siapa saja yang berkunjung ke blog saya. Sebagai wujud rasa terima kasih saya kepada teman-teman yang sudi mampir ke blog saya.🙂
      Oh nggak apa-apa kalau kak Martin merasa lebih nyaman dengan blogger-blpgger lokal saja hehehe..
      Saya juga nggak bisa berbahasa asing selain bahasa Inggris yang saya pahami. Saya mencoba memperluas wawasan dan pergaulan dengan blogger-blogger mancanegara.
      Sekali lagi makasih banyak kak Martin atas apresiasi dan kunjungannya ke blog saya.
      Salam

      Hapus
  52. Muchas gracias por tan preciosa entrada, es un placer leerte. Desconocía esta fruta y se ve deliciosa. Una pena que aquí no hay. Besos.

    BalasHapus
  53. Dari tampilan mirip markisa yahh,,,
    Tp gak pernah nemu jg sih buah gardania

    BalasHapus
  54. Wah mba, saya senang sekali baca artikelnya. Ditunggi artikel selanjutnya ya mba.

    BalasHapus
  55. Di tempat saya gak ada buah gandaria, manfaatnya banyak ya. terima kasih mba artikelnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Phoenix Dactylifera (Kurma) Yang Kaya Manfaat

Assallamuallaikum guys..., good people..., Semoga sehat - sehat ya semuanya. Tak terasa puasa sudah sampai pada penghujung bulan Ramadhan.  Semoga puasa kita semua selama bulan Ramadhan diterima Allah SWT.  Semoga  kita masih diijinkan bertemu bulan Ramadhan kembali tahun depan.  Amin. Fresh Young  Dates Palm Kurma Muda Kali ini saya akan membahas tentang  Phoenix  Dactylifera.  Apa  itu Phoenix Dactylifera ?   Itu adalah nama latin dari Dates Palm atau yang dikenal dengan kurma. Young Dates Palm Kurma Muda Buah kurma memiliki tidak kurang dari 200 macam jenis kurma. Dari berbagai macam jenis kurma, ada salah satu jenis kurma yang paling populer yaitu kurma  Ajwa atau yang dikenal dengan nama kurma Nabi. Karena kurma Ajwa adalah kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma Ajwa source :shutterstock.com Bentuk dan kualitas kurma Ajwa lebih unggul dari  kurma-kurma lainnya. Tentu saja harga kurma Ajwa pun lebih mahal ditinjau dari kualitas dan khasia

Unik Ada 3 Rasa Dalam Pometia Pinnata

Assallamuallaikum  world... Assallamuallaikum  guys good people.. Sehat-sehat saja semuanya? Setelah lebaran begini adalah saat yang paling tepat untuk  mendetoks tubuh kita dari sisa-sisa makanan dengan mengkonsumsi  buah-buahan dan sayuran. Saya paling doyan yang namanya buah-buahan. Banyak sekali buah-buahan yang terdapat di bumi  Indonesia. Selain buah-buahan yang umum dan sering kita konsumsi, masih banyak sekali buah langka yang terdapat di daerah-daerah di aeluruh kepulauan nusantara yang mungkin belum pernah kita temui dan mengkonsumsinya. Pometia Pinnata Suatu hari  tante saya datang ke rumah saya sambil membawa sesuatu sebagai buah tangan Longan Papua Fruit Sambil menjinjing ke atas beliau bertanya, "Hayoo..., apa ini yang tante bawa?",  tanya tante kepada saya. Klengkeng Papua Saya mengernyitkan kedua kening sambil mengamati dengan teliti sesuatu tersebut. Oleh-oleh itu adalah  segerombolan beberapa rangkaian  buah  berwarna hijau bercak hi

Dahsyatnya Air Kelapa, Manfaatnya Semanis Rasanya

Assallamuallaikum  world.. Assallamuallaikum guys... Hallo guys.., apa kabar?   Semoga kalian semua  sehat terus ya?  Di masa pandemi ini selalu sempatkan berolah raga gunanya untuk menjaga metabolisme tubuh, agar  tetap terjaga sehingga tidak mudah sakit. Fresh Green Coconut Saat tubuh  kalian merasa lelah setelah beraktivitas seharian, minum saja air kelapa muda, dijamin tubuh akan segar kembali, khasiatnya pun semanis rasanya. Siapa yang tak suka minum air kelapa muda?  Selain  sebagai pelepas dahaga karena sensasinya yang segar, air kelapa muda juga memiliki cita rasa manis dan gurih. Maka tak heran  bila air kelapa muda memiliki banyak penggemar.  Fresh Coconut Water Seperti kata orang Hawaii :  Air  kelapa adalah "embun dari surga" Air kelapa muda banyak dipilih masyarakat, karena konon dapat meningkatkan stamina tubuh.   Green Coconut Tree Coconut On Tree Cocos Nucifera  adalah  nama ilmiah nya  atau yang lebih kita kenal dengan nama kelapa ini merupakan tanaman